KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia – Serang, Guna memaksimalkan peran Balai Latihan Kerja(BLK) yang sudah ada selama ini, Kementerian Ketenagakerjaan terus matangkan penerapan konsep Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK). Pasalnya konsep ini diyakini mampu menjawab kebutuhan tenaga kerja terampil di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 
Bubar Riyaya 22 Jul 2017 01:58 WIB

Anak Beranak Kanak 22 Jul 2017 01:56 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
HUKUM

Syariat Islam untuk Aceh Bermartabat
Oleh : Bang Rachmad | 02-Apr-2017, 23:50:59 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh merupakan salah satu wadah tempat berkumpulnya para ulama yang ada di daerah Aceh.

Beberapa waktu yang lalu tepatnya dari tanggal 20-23 Maret 2017 di aula MPU Aceh diadakan Mubes (Musyawarah Besar) MPU Aceh, sesuai amanat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dan dijabarkan dalam Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2009 tentang Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU).

Masa bakti kepengurusan MPU Aceh adalah selama 5 (lima) tahun, dan dapat dipilih kembali untuk masa bakti berikutnya. Oleh karena itu masa bakti kepengurusan MPU Aceh 2012-2017 yang terpilih melalui Musyawarah Besar Ulama pada pada tanggal 26 sampai dengan 29 Maret 2012 bertempat di Asrama Haji Banda Aceh telah berakhir.

Menjelang berakhirnya masa kepengurusan tersebut, maka MPU Aceh kembali akan melaksanakan Musyawarah Besar Ulama Aceh sebagaimana yang digariskan dalam Keputusan MPU Aceh Nomor 06 Tahun 2012 tentang Peraturan Tata Tertib Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh. Tugas Pimpinan MPU salah satunya melaksanakan Musyawarah Besar Ulama Aceh selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sebelum berakhirnya masa jabatan untuk pemilihan Anggota MPU Aceh yang baru.

Melalui musyawarah ini, Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh diharapkan mampu melahirkan program-program kegiatan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta terpilihnya Kepengurusan MPU yang solid dibawah Pimpinan Ulama yang penuh pertimbangan, arif dan bijaksana dalam naungan keridhaan Allah SWT.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Aceh, Drs. H. Saiba Ibrahim sebagai perwakilan Gubernur Aceh. Adapun tema Musyawarah Besar Ulama Tahun 2017 ini adalah “ Melalui Musyawarah Besar Ulama Kita Perkuat Pelaksanaan Syariat Islam Menuju Aceh Bermartabat “

Musyawarah Besar Ulama MPU Aceh kali ini diikuti oleh 155 orang peserta, terdiri dari 1. Ulama / Cendikiawan Utusan Provinsi ; Pimpinan dan anggota MPU Aceh utusan Provinsi Periode 2012-2017 (41 Orang ), Ulama dan Cendikiawan Muslim dengan Keterwakilan perempuan (31 Orang ) 2. Ulama / Cendikiawan Utusan Kabupaten/kota ; Ketua MPU Kab/kota se-Aceh (23 Orang), Calon Anggota MPU terpilih utusan Kab/kota (23 Orang), Ulama / Cendikiawan Muslim utusan Kab/kota (23 Orang) 3. Tenaga Ahli MPU (1 Orang) 4. Majelis Syuyukh (6 Orang) 5. Badan Kajian Hukum dan Perundang Undangan (3 Orang) 6. LP-POM (2 Orang ) 7. Muslimat ( 2 Orang).

Dalam Mubes MPU Aceh dipilih sebanyak 47 orang anggota MPU Aceh yang mewakili seluruh daerah di Aceh. Setelah 47 orang anggota MPU itu terpilih, baru ditetapkan satu orang sebagai ketua dan tiga orang sebagai wakil ketua yang akan menjalankan tugas dan fungsi MPU kedepan.

Ulama punya peran memperkokoh moral dan spritual berbangsa dan bernegara. Ulama juga berperan mencerahkan dan mencerdaskan umat dengan nilai-nilai Islam, semoga kerjasama antara pemerintah dan MPU bisa terjalin lebih baik. Berbagai persoalan sosial akibat pengaruh globalisasi juga menjadikan ulama sebagai tonggak utama dalam menjaga moral manusia.

Tentu ulama sangat diharapkan berada di barisan terdepan untuk mencegah merupakan nilai Islam di masyarakat. Aceh sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam haruslah bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat.Ulama sebagai pihak utama penyokong tonggak syariat harus senantiasa menebarkan syiar Islam kepada seluruh masyarakat.

Acara pembukaan Mubes MPU Aceh juga diringi turunnya hujan lebat pada Senin malam, 20 Maret 2017. Hadir mengikuti acara ini  Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, anggota DPD RI Ghazali Abbas Adan, Pimpinan Ormas Islam , perwakilan partai Islam, para jurnalis serta ulama lainnya.*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mensos Khofifah: Kampung Berseri Astra Jadi Role Modeloleh : Rohmah Sugiarti
24-Jul-2017, 06:03 WIB


 
  Mensos Khofifah: Kampung Berseri Astra Jadi Role Model Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (kedua kanan) menandatangani prasasti Desa Sejahtera Mandiri untuk Kampung Berseri Astra Keputih didampingi oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Hartono Laras (kanan), Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Ramadhan 15 Jun 2017 05:55 WIB

 
Awas Anemia! 17 Jul 2017 13:12 WIB

 

 
Hari Media Social 2017 11 Jun 2017 04:40 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia