KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

Pertemuan Wina Narkoba Bahas Resolusi PBB Atas Program Alternative Development Narkoba

 
HUKUM

Pertemuan Wina Narkoba Bahas Resolusi PBB Atas Program Alternative Development Narkoba
Oleh : Bang Rachmad | 20-Mar-2018, 16:10:26 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Selama beberapa hari telah berlangsung sidang komisi PBB tentang narkoba. Sidang Komisi Narkoba Dunia atau Commision on Narcotic Drugs (CND) ini berlangsung di Wina, Austria, 12-16 Maret 2018.  Turut menghadiri sidang delegasi Indonesia, Kepala BNN pusat Irjen Pol Heru Winarko beserta rombongan termasuk didalamnya kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Drs Faisal Abdul Naser.

UNODC (Organisasi Internasional yang menangani masalah Kejahatan dan Narkoba ) mengeluarkan dukumen evaluasi lima tahunan yang memuat perkembangan global penanganan masalah narkoba sejak tahun 2009 . Dokumen tersebut berisi kemajuan dan kemunduran serta situasi yang tidak berubah sebagai evaluasi selama lima tahunan. Narkoba menjadi salah satu masalah dan isu yang kompleks di dunia.
Kepala BNN RI Irjen Pol. Heru Winarko mengatakan, "Permasalahan narkoba perlu ditangani secara terpadu dan komprehensif oleh seluruh negara-negara di dunia." Indonesia terus berupaya memerangi narkoba. Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs Faisal Abdul Naser bahwa program pengalihan tanaman narkotika atau alternatif development menjadi perhatian dunia.

Program alternatif development sekarang ini sudah menjadi perhatian seluruh negara di dunia. Sejumlah negara yang ikut sidang Komisi Narkotika Dunia sedang membahas rancangan resolusi PBB menyangkut program alternative development. Jika nantinya disetujui negara-negara anggota, maka rancangan menjadi resolusi PBB. Jika sudah menjadi resolusi PBB, maka program ini akan mendapat dukungan penuh setiap negara anggota PBB. Saat ini sejumlah kawasan hijau yang menjadi ladang ganja di Aceh, seperti di Kabupaten Bireun, Gayo Lues, Aceh Besar telah masuk program BNN dalam Grand Design Alternative Development (GDAD).

Ternyata hasil survey BNN dan Puslitkes Universitas Indonesia yang menyatakan bahwa dalam kurun waktu 12 tahun terakhir, yaitu 2004 hingga 2016, penyalahgunaan narkotika di Indonesia didominasi oleh jenis ganja, dengan persentase menyentuh angka 44,5 persen. 

GDAD merupakan langkah BNN yang dicetuskan Kepala BNN Budi Waseso pada Oktober 2017. Tujuan langkah tersebut ialah menyadarkan masyarakat bahwa ladang ganja bisa dialihfungsikan sebagai ladang sayuran, buah, sampai objek wisata alam, sehingga menjauhkan masyarakat dari konsep menanam tanaman narkotika.  Bila Grand Design Alternative Development (GDAD) Aceh berhasil maka nantinya akan ditiru oleh negara-negara lain yang tergabung dalam United Nations Office on Drugs and Crime.(*) (WA:0888.7211.300)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Bakul Kejujuran 17 Okt 2018 13:02 WIB

 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia