KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahUsulan Pembentukan Wartawan Unit DPRD Tidak Dijawab Pemkab Serdang Bedagai oleh : Agus Suriadi
21-Nov-2017, 20:36 WIB


 
 
Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sergai terkait pembahasan R-APBD Sergai TA 2018, Kamis (16/11)  di gedung DPRD Sergai, Dusun II Desa Firdaus, Sei Rampah.Sambil menyampaikan pandangan umum Fraksi, tiga fraksi antara lain
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

Kontemplasi (تفكر) 23 Nov 2017 09:41 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
HUKUM

Perpu No 12 Tahun 2017 Tentang Ormas Demi Merawat Kebhinekaan
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 22-Okt-2017, 14:10:36 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Dosen Hukum Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Liona Nanang Supriatna mendorong keberadaan Perpu No. 12 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas UU No. 17 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan menjadi Undang Undang (UU).Hal ini penting mengingat adanya kegentingan nasional terhadap berkembangnya paham radikalisme yang disebarluaskan oleh sejumlah Ormas.
Menurutnya, Perpu tersebut bertujuan untuk mempertahankan dasar negara Indonesia, Pancasila dan UUD 1945 yang melindungi keberagaman rakyat Indonesia yang selama ini dipertahankan. “Negara dalam keadaan genting tidak berarti negara dalam keadaan bahaya secara fhisik. Namun lebih berbahaya lagi ideologi negara hendak diganti dan atau dirubah oleh ideologi lain,” tegasnya.
Dia menjelaskan pentingnya Perpu No. 12 tahun 2017 menjadi Undang Undang karena jangka waktu Perpu terbatas. Oleh karena itu harus secepat mungkin disetujui DPR untuk dijadikan UU. “Mengingat akhir akhir ini terdapat Ormas yang melakukan tindakan permusuhan terhadap agama dan kepercayaan orang lain, hingga tumbuh subur paham intoleransi yang meluas, bahkan melakukan kegiatan yang menjadi tugas dan wewenang penegak hukum seperti melakukan razia,” ujarnya.
Liona yang juga Presidium Bidang Hukum Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) ini mengatakan, Undang Undang ini bertujuan untuk merawat kebhinekaan dan kebangsaan serta menjaga toleransi dan hak hak sipil dari kelompok yang merasa memiliki kebenaran absolut radikal dan intoleran. Apalagi, kebebasan dan demokrasi dimanapun di dunia ini, dibatasi oleh kebebasan dan demokrasi itu sendiri serta dibatasi oleh hukum. “Tidak boleh atas nama kebebasan dan demokrasi melanggar dan merusak semangat kebebasan dan nilai nilai demokrasi itu sendiri,” terangnya.
“Perpu juga mengajarkan pada masyarakat Indonesia agar berkarya dan bekerja bagi Indonesia untuk meningkatkan silidaritas tanpa sekat serta memegang teguh prinsip persatuan dalam perbedaan, perbedaan dalam persatuan,” pungkasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia