KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKapolri Terbitkan Maklumat Cegah Klaster Baru Covid-19 Terutama di Pilkada 2020 oleh : Danny Melani Butarbutar
21-Sep-2020, 15:35 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Maklumat untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Maklumat Kapolri bernomor Mak/3/IX/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

"Jadi
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
HUKUM

Partai Papua Bersatu Ajukan Gugatan ke Mahkamah Konstitusi
Oleh : Zohiri Kadir | 22-Jan-2020, 17:04:29 WIB

KabarIndonesia- Partai Papua Bersatu (PPB) dikabarkan sedang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) perihal izin eksistensi partai politik lokal di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Salah satu permohonan PPB adalah meminta Mahkamah Konstitusi (MK) mengizinkan partai politik lokal eksis di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Demikian yang disampaikan oleh Ketua Umum Partai Papua Bersatu ( PPB), Krisman Dedi Awi Janui Fonataba yang didampingi Sekjend PPB Darius Nawipa saat jumpa pers di kawasan Mentengolo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa ( 14/1/2020)

Selain itu, Krisman berharap partai lokal di bumi Cendrawasih ini bisa mengikuti Pilkada susulan pada tahun 2020 ini sesuai dengan konstitusi. "Kalau Pemerintah Pusat mengakomodasi partai politik lokal di Aceh lewat instrumen UU No. 11/2006 tentang Pemerintahan Aceh. Kenapa kami di Papua tidak bisa? Padahal kami juga daerah otonomi khusus," tegas Krisman.

Menurutnya, frasa ‘partai politik’ seyogyanya ditafsirkan menjadi 'partai politik lokal' sesuai dengan yang tertera pada Pasal 28 UU Otsus Papua. Pada pasal yang sama, dikemukakan bahwa ‘partai politik’ dibentuk oleh penduduk Papua dan Majelis Rakyat Papua (MRP) memiliki otoritas dalam memberikan pertimbangan.

"Partai Papua Bersatu (PPB) meminta agar MK menafsirkan frasa ‘partai politik’ dalam Pasal 28 UU Otsus Papua menjadi ‘partai politik lokal’. Pasal tersebut mencantumkan hak penduduk Papua untuk membentuk ‘partai politik’ beserta tata cara dan rekruitmennya," tambah Krisman. 

Namun, sampai saat ini kebijakan tersebut tidak dapat melahirkan satu pun partai politik lokal di Papua. "Hal ini dikarenakan penggunaan frasa ‘partai politik’. Merujuk pada payung hukum partai politik, terakhir dengan UU No. 2/2011 tentang Partai Politik (UU Parpol), ‘partai politik’ dimaknai sebagai organisasi yang bersifat nasional." tambahnya. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Investasi Reksa Dana Kian Mudah 26 Sep 2020 19:02 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia