KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPresiden Jokowi: Awasi Penyaluran Bansos, Libatkan KPK, BPKP Dan Kejaksaan oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Mei-2020, 13:27 WIB


 
  KabarIndonesia Mengutip infoKABINET.id, dikabarkan bahwa terkait penyaluran bansos terkait pandemi covid-19 yang ditengarai salah sasaran dan diduga disalahgunakan, Presiden Jokowi secara tegas meminta untuk diawasi.

“Untuk sistem pencegahan, minta saja didampingi dari KPK, BPKP, atau dari Kejaksaan. Kita
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

Selamat Malam Kehidupan 25 Apr 2020 14:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
HUKUM

Merancang Kontrak Leasing Tanpa Fiducia Pasca Putusan MK
Oleh : Zohiri Kadir | 13-Feb-2020, 16:21:38 WIB

KabarIndonesia - Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 18/PUU-XVII/2019 yang menafsirkan Pasal 15 ayat 2 dan 3 Undang-Undang 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia menimbulkan sejumlah masalah hukum. Tidak hanya bagi lembaga pembiayaan yang tidak dapat lagi melakukan eksekusi serta merta terhadap kebendaan bergerak berdasarkan akta fidusia jika suatu saat debitur melakukan wanprestasi.

Dalam Seminar Nasional yang diadakan Perkumpulan Ahli Hukum Kontrak (PAHKI) di Jakarta (11/2/2020) yang mengambil tema: Merangcang Kontrak Leasing Tanpa Fiducia, pasca Putusan Mahkamah Konstitusi No.18/PUU-XVII/2019. Prof Hikmahanto Juwana, SH mengatakan: "Putusan MK ini berpotensi menimbulkan perkara baru bagi pengadilan negeri. Salah satu dampak yang akan terjadi adalah terganggunya iklim bisnis di sektor keuangan yang menggunakan jaminan kebendaan bergerak seperti fidusia,” ujar Hikmahanto yang juga sebagai Ketua Umum Perkumpulan Perancang dan Ahli Hukum Kontrak Indonesia.

Ia pun menjelaskan bahwa Seminar Nasional yang diselenggarakan DPP PAHKI, dalam rangka memberikan pemahaman mengenai kiat penyusunan perjanjian leasing yang tepat. Oleh karena itu Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Perancang dan Ahli Hukum Kontrak. Indonesia mengundang kalayak dari berbagai kalangan agar putusan Mahkamah Konstitusi terkait Fiducia dapat diketahui masyarakat luas.

“Esensi Putusan MK adalah menyatakan frasa kekuatan eksekutorial dan frasa sama dengan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap dalam Pasal 15 ayat (2) dibatalkan. Frasa tersebut ada dalam Sertifikat Jaminan Fidusia. Atas dasar ini Sertifikat Jaminan Fidusia tidak langsung dapat dieksekusi meski debitur sudah cidera janji mengingat cidera janji tidak bisa ditentukan secara sepihak oleh kreditur,” imbuhnya.

Oleh sebab itu katanya, DPP PAHKI merancang kontrak leasing tanpa fidusia pasca putusan MK. Jadi perusahaan Leasing menurut keterangan Guru Besar FH UI ini, tidak perlu khawatir, karena dalam eksisting perjanjian perusahaan leasing tidak boleh memberikan pinjaman dalam waktu yang panjang.

“Pasca putusan MK, sebaiknya perusahaan leasing tidak membuat perjanjian pinjam meminjam untuk jangka waktu panjang sehingga tidak perlu barang bergerak yang jadi jaminan. Perusahaan leasing akan meminta pengembalian uang kepada nasabahnya dengan menjual barang yang dibeli oleh nasabahnya,” jelasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
BACA ALKITAB ITU MENYEHATKAN 23 Mei 2020 12:40 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia