KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiTiga Rahasia Harmonis SBY dan Ani Yudhoyono oleh : Rohmah S
24-Apr-2018, 05:03 WIB


 
 
KabarIndonesia - Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengungkapkan rahasia keharmonisan rumah tangga bersama Ani Yudhoyono, kala berdialog dengan warga Kota Tangerang dalam lawatan Tour de Banten, Senin (23/4/2018) malam.

Rahasia tersebut diungkapkan SBY menjawab pertanyaan seorang warga
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Pemimpin 01 Mar 2018 12:42 WIB

Penghianat 22 Feb 2018 12:07 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Kepala BNN Menghadiri Sidang Komisi Narkoba Dunia PBB di Wina

 
HUKUM

Kepala BNN Menghadiri Sidang Komisi Narkoba Dunia PBB di Wina
Oleh : Bang Rachmad | 20-Mar-2018, 08:39:26 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Kepala BNN Irjen Pol Heru Winarko bersama Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs Faisal Abdul Naser dan delegasi Indonesia lainnya menghadiri sidang Komisi Narkoba Dunia atau Commision on Narcotic Drugs (CND) yang berlangsung di Wina, Austria, 12-16 Maret 2018.
 
Dalam sidang Komisi Narkotika Dunia ini ternyata narkoba menjadi salah satu masalah dan isu yang kompleks di dunia. Kepala BNN RI Irjen Pol. Heru Winarko mengatakan, "Permasalahan narkoba perlu ditangani secara terpadu dan komprehensif oleh seluruh negara-negara di dunia."  Indonesia terus berupaya memerangi narkoba. 
Perang narkoba tidak hanya penegakan hukum, tetapi juga mencegah dengan pemberdayaan masyarakat. Aktivitas perdagangan narkoba melibatkan individu dan kelompok kriminal terorganisir di Indonesia ternyata semakin mengkhawatirkan.

Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs Faisal Abdul Naser dalam sidang tersebut menyatakan bahwa program pengalihan tanaman narkotika atau alternatif development menjadi perhatian dunia. "Program alternatif development sekarang ini sudah menjadi perhatian seluruh negara di dunia. Sejumlah negara yang ikut sidang Komisi Narkotika Dunia sedang membahas rancangan resolusi PBB menyangkut program alternative development. Jika nantinya disetujui negara-negara anggota, maka rancangan menjadi resolusi PBB. Jika sudah menjadi resolusi PBB, maka program ini akan mendapat dukungan penuh setiap negara anggota PBB." jelasnya.
  
Sementara itu, Deputi Bidang Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) dr. Diah Setia Utami memaparkan keberhasilan pilot project dalam melakukan standarisasi program rehabilitasi oleh masyarakat berbasis tradisional dan agama. BNN telah melakukan pembinaan terhadap delapan tempat rehabilitasi berbasis tradisional dan keagamaan di Indonesia sebagai pilot project. Selain itu BNN Indonesia telah menetapkan standar layanan minimal rehabilitasi nasional Indonesia yang berbasis bukti dan ilmiah yang sudah sejalan dengan standar Internasional yang dikeluarkan oleh WHO, Badan Dunia yang membidangi masalah kesehatan. Dari Badan Dunia WHO, Indonesia menjadi anggota dalam studi kolaborasi 'in field testing of internasional standardization' dengan peserta terbanyak yaitu 156 responden.

Selain Diah Setia Utami sebagai pembicara utama pada presentasi ini, juga Alan Pirocha, dari Biro Internasional Narkotika Amerika Serikat dan Vladimir Poznyah, koordinator manajemen penyalahguna Narkoba WHO. Penyalahguna Narkoba adalah orang yang perlu pertolongan baik dari segi kesehatan maupun sosial. Mereka perlu dirawat secara manusiawi, bermartabat, sebagaimana hak asasi manusia lainnya.
  
Diberitakan, kegiatan ini dihadiri kurang lebih 200 orang perwakilan dari berbagai negara termasuk delegasi Indonesia Deputi Huker dan Direktur Kerma, Deputi Pencegahan BNN RI, Irjen Pol. Ali Juardi, Deputi Dayanmas Irjen Pol. Dunan, Direktur P2 Berantas BNN RI, Brigjend Pol. Drs. Anjan Pramuka, Kapuslitdatin Brigjend Pol. Aan iskandar, Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Faisal Abdul Naser, perwakilan Kemenkes dan perwakilan Mahkamah Agung RI.

Data World Drug Report 2017, diperkirakan ada sekitar 250 juta orang di seluruh dunia menggunakan narkoba, dan hampir 30 juta di antaranya menderita. Sekjen PBB, Antonio Guterres mengungkapkan bahwa dalam penanggulangan narkoba, masyarakat dunia memiliki sebuah kesempatan untuk menciptakan langkah yang seimbang dan lebih baik selama beberapa dekade.
  
BNN juga sudah mengirimkan MoU ke Uni Eropa akan tetapi terjadi missunderstanding tidak melalui MoU tetapi kunjungan ke kantor EDMCC di Lisbon. Uni Eropa mempunyai banyak masalah dengan narkoba dan ada sistem pendataan yang canggih dan sistem yang mendata setiap NPS.

Uni Eropa juga menawarkan best practices dan pertukaran data dimana mereka menpunyai penduduk sebanyak 500 juta jiwa. Narkoba merupakan ancaman serius di negara-negara Uni Eropa dan siap mengimbangi kepintaran para mafia narkoba.  
Indonesia menyambut baik tawaran Uni Eropa untuk datang ke kantor EDMCC pada musim panas dan BNN mengundang Uni Eropa untuk datang ke Balai Lab di Lido dan mengunjungi Aceh. Kebijakan penanganan masalah narkoba di Indonesia dilakukan secara komprehensif, berimbang, dan terintegrasi mulai dari pencegahan hingga rehabilitasi.

Kepala BNN dan Kepala BPOM juga telah bertemu dengan Direktur Eksekutif UNODC di sela-sela sidang komisi Obat-obatan Narkotika (CND) PBB ke-61. Kedua pihak sepakat meningkatkan kerjasama penanganan narkoba khususnya kerjasama teknis terkait supply and demand reduction.Demikian laporan kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Faisal Abdul Naser,dari Wina.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Pelari Indonesia Pertama di FWD North Pole Marathon 2018 Wakil Direktur Utama FWD Life, Rudi Kamdani (kiri) sedang memberikan jaket FWD Life kepada Pelari Maraton Indonesia, Fedi Fianto (kanan) sebagai simbol FWD Life resmi melepas Fedi sebelum keberangkatannya ke Kutub Utara.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Pengabdian Tentara di Pojok Desa 10 Apr 2018 14:27 WIB

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia