KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HukumRUU Omnibus Law Inskonstitusional Buruh Minta Stop Pembahasan Sidang Paripurna DPR RI oleh :
05-Okt-2020, 04:26 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berbagai serikat pekerja yang merupakan afiliasi global unions federations menyatakan kekecewaannya terhadap hasil pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja tingkat pertama pada Sabtu malam (3/10). Mayoritas fraksi di DPR RI dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan ke tingkat
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
HUKUM

Jautir Abang Kandung Petahana Rapidin Simbolon Aksi Orasi Tuntut KPUD Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 28-Sep-2020, 12:47:23 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Melansir Kliktodaynews.com (23/9), sejumlah elemen massa menduduki Kantor KPUD Samosir di jalan Rianiate, Selasa (22/9/2020). Mereka yang menamai diri Amarah Pedas (Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Samosir ) ini datang dengan berbagai tuntutan.

Dalam Orasinya, Jautir Simbolon menanyakan jawaban atas kedatangan mereka sebelumnya pasca pendaftaran bapaslon bupati/wakil bupati Samosir. “Apakah Anggota KPU sudah mempersiapkan jawaban kepada kami atas kedatangan kami minggu lalu,” ujarnya. Jautir yang merupakan abang kandung dari Rapidin Simbolon bupati Samosir itu meminta bertemu dengan anggota KPUD Samosir.

Saat aksi demo berlangsung, Polisi dan massa pun mulai nyaris saling dorong karena massa menggoyang pagar kantor KPUD Samosir. Sementara para Komisioner KPUD Samosir masih sedang dalam perjalanan menuju Samosir. Massa mulai mencoba memaksa masuk, namun dihalangi aparat kepolisian yang berjaga. Lalu massa pun membakar ban didepan pintu gerbang.

Sebelumya, pada Kamis (17/9/2020) minggu lalu massa dipimpin Carter Sitanggang, dalam orasinya berseru bahwa KPUD Samosir tidak netral terhadap Pilkada Samosir. Mereka menyoroti salah satu dari tiga Bapaslon yang ada di Samosir.

Saat Orasi, Carter Sitanggang meneriakkan dugaannya tentang Ijazah Palsu.
“Berkas yang diberikan oleh Pasangan Vandiko Gultom-Martua Sitanggang, diduga ijazah SMA Martua Sitanggang dipalsukan,” teriak Carter.

Waktu itu, Ketua KPUD Samosir Ika Roulina mempersilahkan perwakilan massa masuk ke dalam aula rapat KPUD Samosir. Carter Sitanggang menyampaikan poin-poin tuntutan mereka yang menuding KPUD Samosir tidak netral. Menurut Carter, KPUD Samosir menyatakan ijazah Martua Sitanggang sudah valid.

“Yang kami klarifikasi kepada Ketua KPUD Samosir adalah, atas dasar apa KPUD Samosir mengatakan valid. Kenapa ibu berani mengatakan valid ijazah ini, apakah sudah pleno,” ujar Carter.

Lalu, Ika Rolina Samosir menjawab dan memberi penjelasan. Adapun maksud dari validasi yang disampaikan KPUD Samosir seperti yang beredar pada beberapa media massa adalah soal validnya klarifikasi mereka ke sekolah asal yakni SMA N I Jambi.

“KPUD Samosir telah melakukan klarifikasi ke SMA N I Jambi. Benar, bagaimana hasilnya, Valid. Hasil apa yang valid, ya hasil klarifikasi kami valid. Kami valid melakukan klarifikasi, titik,” tegas Ika Rolina Samosir.

Sama dengan demo sebelumya (17/9), Jautir dan Carter menuding ijazah palsu Martua Sitanggang calon wakil Bupati Samosr berpasangan dengan Vandiko Gultom.

Dilaporkan, hingga petang (22/9), massa yang dihadiri abang/adik Rapidin Simbolon itu masih berada di Kantor KPUD Samosir.

Sementara itu dikabarkan bahwa Ketua Bawaslu Samosir Anggiat Sinaga menyampaikan, hasil pleno bersama Gakumdu dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Samosir telah rampung dan diputuskan bahwa tuntutan tersebut tidak memenuhi unsur pidana.

Anggiat Sinaga juga mengakui bahwa pihaknya telah mengeluarkan surat pemberitahuan kepada warga. “Terkait laporan saudara Tunggul Sitanggang sudah kita umumkan, dan hasil setelah kita teliti dan verifikasi semua, ternyata tidak bisa ditindaklanjuti karena tidak memenuhi unsur-unsur pidana pemilihan,” sebut Anggiat seraya menambahkan, pihak Tunggul Sitanggang juga tidak dapat banding.

Bawaslu Samosir mengeluarkan pengumuman pada Sabtu 19 September lalu yang menyatakan bahwa laporan Tunggul Sitanggang 01/LP/PB/Kab/02.21/IX/2020 terkait keabsahan ijazah Martua Sitanggang sebagai Balon wabup Samosir dinyatakan tidak memenuhi unsur-unsur pelanggaran pidana pemilihan sehingga tidak bisa dilanjutkan.

Informasi yang berhasil dikumpulkan bahwa Jautir Simbolon merupakan pemilik usaha pemecah batu (stone cruiser) di desa Silimalombu, yang hingga saat ini dikabarkan belum punya ijin dan dipersoalkan pegiat lingkungan karena berada di zona putih.

Masalah yang memicu peristiwa penganiayaan yang dilakukan Jautir ini terhadap korban Sebastian Hutabarat dan Jhohannes Marbun ini, sempat menjadi perhatian pihak wakil rakyat (DPRD) Samosir dengan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP), namun kemudian tertunda karena diganggu oleh Jautir Simbolon dan kelompoknya.

Sementara itu dikabarkan bahwa pelaku penganiayaan dan korban saling mengadu hingga kasus tersebut dibawa ke ranah hukum (pengadilan).(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
MENJAGA INTEGRITAS INTELEKTUAL. 19 Okt 2020 01:59 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia