KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalWUPID INDONESIA 2017: Pemilihan Dua Tim Debat Bahasa Inggris untuk Mewakili Indonesia di WUPID Global oleh : Redaksi-kabarindonesia
18-Okt-2017, 01:37 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, 18 Oktober 2017 – Ruang kuliah 7-6 dan 7-7 Sampoerna University Jakarta seketika berubah hening dan suasana menegang sebab Muqriz Mustafa Kamal selaku Chair Adjudicator Final round akan mengumumkan
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 

Jangan Takut Hasilkan Karya Cipta

 
HUKUM

Jangan Takut Hasilkan Karya Cipta
Oleh : Argopandoyo Tri Hanggono | 27-Sep-2017, 03:01:03 WIB

KabarIndonesia - Dalam memenuhi kebutuhan mahasiswanya, Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta menggelar Seminar Perlindungan Hukum terhadap Pencipta Karya Cipta Musik dan Lagu, pada hari Rabu (20/9). Dengan memanfaatkan ruang aula di gedung Grha William Suryadijaya di lingkungan Kampus UKI Cawang, jalan Mayjen Sutoyo No. 2 Jakarta, acara tersebut diikuti oleh mahasiswa berjaket almamater berwarna biru.
Pada acara tersebut, Direktur Paten dari Kemenhukam, Timbul Sinaga sebagai salah satu panelis menyatakan agar setiap orang tidak perlu takut untuk mencipta atau berkarya. Ia menjanjikan bahwa negara akan hadir untuk memberikan perlindungan. "Jangan takut menghasilkan karya, baik dalam cipta musik dan cipta lagu, atau lainnya," ujarnya menjanjikan.  

Timbul menegaskan bahwa negara memberi perlindungan hak cipta bagi seorang yang berkarya. "Negara akan memberikan perlindungan!” tandasnya meyakinkan peserta.Menyinggung soal hak paten yang masih bergantung pada perkembangan luar negeri, Timbul Sinaga menegaskan bahwa Hak Cipta adalah hak yang bersifat eksklusif, yang berarti hak yang semata-mata hanya diperuntukkan bagi pencipta dan atau pemegang hak ciptanya. Karenanya tidak ada pihak lain yang dapat mengambil manfaat ekonomi tanpa izin dari pencipta dan atau dari pemegang hak ciptanya.


Dalam UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta ditetapkan bahwa setiap orang yang melaksanakan hak ekonomi wajib mendapatkan izin pencipta atau pemegang hak cipta. Setiap orang yang tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta dilarang melakukan penggandaan dan/atau penggunaan secara komersial ciptaan.  
UU Hak Cipta menetapkan bahwa untuk mendapatkan hak ekonomi setiap Pencipta, Pemegang hak cipta menjadi anggota LMK agar dapat menarik imbalan yang wajar dari pengguna yang memanfaatkan Hak Cipta dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial.  Permasalahan muncul adalah, apakah seorang pencipta atau pemegang hak cipta lagu atau musik yang belum menjadi anggota dari suatu LMK dapat menuntut pihak lain (user) yang mempergunakan karya ciptanya tanpa izin?
 

Secara khusus, pengaturan tindak pidana pelanggaran hak cipta musik atau lagu terdapat dalam Pasal 113 UU No. 28 tahun 2014. Menurut Dekan FH UKI, Hulman Panjaitan, SH., MH., pengaturan tindak pidana yang ada dalam pasal 113 tersebut justru merupakan suatu langkah mundur dalam memberikan perlindungan hukum kepada pencipta lagu atau musik. Acara tersebut juga menampilkan panelis ternama lainnya, seperti James F Sundah dari Lembaga Manajemen Komite Nasional atau LMKN.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017oleh : Rohmah Sugiarti
12-Okt-2017, 06:52 WIB


 
  Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017 Hong Kong Cyclothon kembali di tahun ketiga, tepatnya pada hari Minggu, 8 Oktober kemarin. Diikuti sekitar 5.000 pesepeda dari seluruh pelosok dunia. Tujuh belas tim balap profesional akan berlaga di UCI Asia Tour Class 1.1 Road Race pertama di Hong
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Danau Toba Bukan Danau Tuba 14 Okt 2017 05:14 WIB


 

 

 

 

 

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia