KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPresiden Jokowi: Awasi Penyaluran Bansos, Libatkan KPK, BPKP Dan Kejaksaan oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Mei-2020, 13:27 WIB


 
  KabarIndonesia Mengutip infoKABINET.id, dikabarkan bahwa terkait penyaluran bansos terkait pandemi covid-19 yang ditengarai salah sasaran dan diduga disalahgunakan, Presiden Jokowi secara tegas meminta untuk diawasi.

“Untuk sistem pencegahan, minta saja didampingi dari KPK, BPKP, atau dari Kejaksaan. Kita
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
KAMI MASIH PUNYA RASA MALU 31 Mei 2020 11:30 WIB

Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
DESAINER SANG PEMUJA SETAN! 29 Mei 2020 13:08 WIB


 
 
HUKUM

AJI JAKARTA KECAM KONFERENSI PERS TATAP MUKA GUBERNUR DKI
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 10-Apr-2020, 13:58:30 WIB

KabarIndonesia - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mengecam kegiatan Tatap Muka yang di gelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat Konferensi Pers mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota. Acara tersebut berlangsung di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Selasa (7/4/2020) malam. Demikian rekan Dharma M Hutauruk, menyampaikan kabar di laman Whatsappnya hari ini Jumat (10/4) di grup yang diikutinya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa berdasarkan pantauan AJI Jakarta, sejumlah Jurnalis yang hadir membentuk kerumunan. Begitu pula dengan Narasumber yang hadir di acara tersebut. Para Narasumber yang hadir di antaranya : - Jajaran Pemprov DKI, - Polda Metro Jaya, - Kodam Jaya,  dan Instansi terkait lainnya. Sebelumnya dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar Rapat Tatap Muka di Gedung yang sama.
Menurut pihak AJI, kegiatan Pengumpulan Massa seperti ini kontraproduktif dengan imbauan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 serta kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Covid-19 yang di antaranya menggarisbawahi pentingnya menjaga Jarak Fisik.

Pelanggaran atas hal ini bisa diancam Pidana Satu Tahun Penjara karena dianggap menghalangi pelaksanaan penanggulangan Wabah, sesuai Pasal 14 Ayat 1 Undang-undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular.

Atas situasi tersebut, AJI Jakarta menyampaikan pernyataan berikut:

1. Memprotes keras Pemprov DKI Jakarta yang masih mengadakan Konferensi Pers secara Tatap Muka, tidak menggunakan Metode Daring.
2. Menyerukan kepada Jurnalis untuk tidak menghadiri segala bentuk Konferensi Pers Tatap Muka.
3. Mengimbau Perusahaan Media agar tidak mengirimkan Jurnalis ke tempat yang berpotensi terjadi kerumunan Orang. Perusahaan Media juga di imbau memantau Jurnalisnya yang ikut dalam Konferensi Pers Tatap Muka di Balai Kota dengan melakukan Tes Covid-19 serta melakukan Karantina Mandiri selama 14 Hari.
4. Meminta Perusahaan Media untuk berpegang teguh pada prinsip "Tidak Ada Berita Seharga Nyawa". Redaksi harus sigap jika ada sesuatu hal yang membahayakan keselamatan Jurnalisnya.
5. Menyerukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Ombudsman RI untuk menegur dan memproses potensi pelanggaran yang di lakukan oleh Pemprov DKI dalam Konferensi Pers Tatap Muka di Balai Kota.

Aliansi Jurnalis Independen bersama Komite Keselamatan Jurnalis serta Jurnalis Krisis dan Bencana telah mengeluarkan Buku Protokol Keamanan Liputan dan Pemberitaan Covid-19. Buku dapat di unduh di bit.ly/PanduanCovid19Jurnalis. Jakarta, Rabu 8 April 2020.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
Agama Nano Nato 30 Mei 2020 00:58 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia