KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPolri dan Bawaslu Siap Optimalkan Kelancaran Pelaksanaan Pemilu 2019 oleh : Rohmah S
13-Sep-2018, 16:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Terkait dengan pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjamin  semua akan berjalan aman dan lancar.  Guna memaksimalkan melaksanakaan pengamanan pemilu, Polri sudah bersiap diri lebih dini dengan mematangkan strategi pengamanan. Adapun dalam pelaksanaan pengamanan
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

Rektor Universitas Mpu Tantular Tandatangani MOU Dengan Pemda Kabupaten Indragiri Hilir

 
PENDIDIKAN

Rektor Universitas Mpu Tantular Tandatangani MOU Dengan Pemda Kabupaten Indragiri Hilir
Oleh : Dantas | 08-Aug-2018, 13:57:51 WIB

KabarIndonesia - Bandung, Rektor Universitas Mpu Tantular (UMT) Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, ME, tandatangani Memorandum Of Understanding (MOU) dengan pihak Pemda Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.Dari Pemda Indragiri Hilir, diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hilir, H. Yulizal, S.Sos., MM. Dalam penandatanganan MOU, Rektor UMT didampingi Wakil Rektor Akademik (Warek), Drs. Bambang Rismadi, M.Si., Ak., CA, dan Kepala Dinas PMD Indragiri didampingi Camat Pulau Burung, M. Yusuf, S.Sos., MM.

Acara penandatanganan MOU berlangsung di Hotel Yehezkiel, Jl. Surapati, Bandung, Jawa Barat, pada hari Minggu, 22 Juli 2018, diawal Pembukaan Acara Pelatihan perangkat desa dari kecamatan Pulau Burung. Dikatakan Warek UMT, Bambang Rismadi, MOU tersebut dijalin dalam rangka kerjasama penyelenggaraan Pelatihan-pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Perangkat Desa dari berbagai kecamatan, Kab. Indragiri Hilir. Pelatihan seputar Manajemen Pengelolaan Informasi & Komunikasi Pemerintahan Desa.

Menurut Bambang, penyelenggaraan pelatihan SDM perangkat desa Indragiri nantinya bisa saja diselenggarakan di Jakarta, sesuai jadwal yang akan diatur kemudian. Pelatihan-pelatihan ini nantinya akan ditangani Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMT, yang didukung domain belitungsource.com dan pembuat website hibah, Robby, ST.

Dalam sambutannya, Rektor UMT, Mangasi Panjaitan mengatakan, seiring perkembangan zaman, SDM perangkat desa mau tidak mau harus mengikuti kecepatan perkembangan teknologi informasi. Karena sangat penting dalam megefektifkan tugas-tugas dalam melakukan sosialisasi dan pelayanan masyarakat. "Dan dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, maka antara di desa dengan di kota, hampir tidak ada lagi perbedaan soal mendapatkan informasi. Sebab itu, perangkat desa harus memanfaatkan penggunaan teknologinya untuk melayani masyarakat," ujar Mangasi Panjaitan, di Hotel Yehezkiel, Bandung, Minggu (22/07/2018).

Selain itu, Mangasi juga mengusulkan, agar nantinya dapat dibangun kerjasama dalam bidang peningkatan pengelolaan ekonomi yang mengandalkan per-kelapaan dari Pulau Burung. Karena kecamatan tersebut dikenal dengan sejuta pohon kelapa, yang menjadi andalan perekonomiannya. Hal lainnya dikatakan doktor lulusan IPB ini, perlu juga dilakukan pelatihan-pelatihan dibidang manajemen keuangan Dana Desa, agar dapat disajikan secara baik dan benar. Karena sistem pelaporan keuangan Dana Desa tersebut umumnya membutuhkan transparansi dan akuntabilitas.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Indragiri mengatakan, dengan dilaksanakannya Undang-undang Desa, maka perangkat desa harus mampu meningkatkan pelayanannya. Sebab itu, penguasaan dalam manajemen informasi dan teknologi yang serba digital, semakin dibutuhkan para SDM pemerintahan desa. Adapun rangkaian Acara Pelatihan berlangsung dari tanggal 22-25 Juli 2018 yang diikuti 42 peserta, terdiri dari 2 (dua) orang yang dilatih untuk mengetahui pengelolaan website pemerintahan desa, dan satu lagi sebagai personil yang bertugas menyuplai atau pencari berita. Pelatihan kali ini merupakan pelatihan yang ke-6 kalinya (bersama institusi di Bandung-red), diikuti 12 desa yang sebagian besar pesertanya dari kecamatan Pulau Burung, Indragiri Hilir.

Sementara dari penelusuran diketahui, sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Perkominfo No. 5 Tahun 2015 Tentang Registrar Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara, maka pelatihan-pelatihan manajemen informasi dan teknologi belakangan semakin dibutuhkan. Di Semarang, UNDIP melibatkan mahasiswa KKN di wilayah Kecamatan Taman, yang diikuti 21 desa pada Januari 2017 lalu untuk pelatihan serupa.

Demikian juga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melibatkan mahasiswa KKN-nya untuk kegiatan Pelatihan IT terhadap perangkat desa Srigading, Agustus 2017 lalu, bertempat di ruangan aula Balai Desa Srigading dengan menggunakan fasilitas laptop dan jaringan internet yang memadai. Adapun tujuan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melatih perangkat desa, tepatnya pada bagian IT, agar mampu secara cepat dan tepat memposting beragam kegiatan desa, tempat wisata alam/ rekreasi, budaya, pertanian, produk khas unggulan desa, dll (dalam bentuk postingan teks, video, foto. Supaya masyarakat luas dapat mengetahui apa saja yang ada di dalam desa tersebut melalui media internet. Hal tersebut sekaligus juga dapat menjadi ajang mempromosikan desa, apalagi ada objek wisata yang dapat dikunjungi wisatawan domestik maupun asing.(*)

Teks foto: Rektor UMT, Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, ME (kedua kanan) dan Kadinas PMD Indragiri Hilir, H. Yulizal, S.Sos., MM  (kedua kiri), serah terima dokumen MOU

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia