KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPolri dan Bawaslu Siap Optimalkan Kelancaran Pelaksanaan Pemilu 2019 oleh : Rohmah S
13-Sep-2018, 16:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Terkait dengan pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjamin  semua akan berjalan aman dan lancar.  Guna memaksimalkan melaksanakaan pengamanan pemilu, Polri sudah bersiap diri lebih dini dengan mematangkan strategi pengamanan. Adapun dalam pelaksanaan pengamanan
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 
 
PENDIDIKAN

Peresmian Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar oleh Menristek Dikti
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 02-Mar-2018, 08:20:56 WIB

KabarIndonesia - Siantar, Sumut. Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang berkantor pusat di Pearaja Tarutung, kini resmi memiliki tambahan satu lembaga pendidikan tinggi sesudah Universitas HKBP Nomensen Medan, yakni Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar.

Diberitakan, bahwa penyerahan ijin diawali dengan acara ibadah singkat, dilanjutkan penyambutan rombongan Menristekdikti dan Kopertis Wilayah l dan pengalungan bunga serta upacara Nasional.

Usai upacara Nasional, kemudian dilakukan acara pokok penyerahan ijin oleh Menteri Ristekdikti melalui Dr. Ir. Ridwan, M.Sc (Direktur Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi) kepada Ketua Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen Ir Nurdin Tampubolon, di kampus UHN Pematangsiantar, Jalan Sang Naualuh No. 4 Kota Pematangsiantar, Sabtu (24/2-2018).

Berdasarkan izin No 715/KPT/I/2017 tersebut maka HKBP memiliki 2 (dua) Universitas, yakni Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan dan Universitas HKBP Nommensen (UHN) Pematangsiantar. Dan pendirian UHN yang baru ini disambut suka cita dan syukur oleh seluruh jemaat HKBP dan khususnya masyarakat di kawasan kota Pematang Siantar.

Ke depan UHN Pematang Siantar akan menyelenggarakan 16 program studi, diantaranya Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Prodi Matematika, Prodi Fisika, Prodi Kimia, Prodi Biologi, Teknik Mesin, dan Manajemen Pengelolaan Sumber Daya Perairan.

Penyerahan izin ini disaksikan oleh Koordinator Kopertis Wilayah I, Prof Dr Dian Armanto. Dari jajaran HKBP turut hadir dan menyaksikan Pimpinan HKBP yakni Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kadep Koinonia, Kadep Marturia, Kadep Diakonia; juga Pengurus Yayasan Nommensen, Badan Pengawas Yayasan , Perwakilan Gereja-gereja, Kopertis, perkawilan Pemerintahan beserta Rektor dan civitas akademika UHN, Ketua STT HKBP Pematang Siantar dan para undangan lainnya.

Saat acara ucapan selamat dan kata-kata sambutan, mewakili Perguruan Tinggi dan APTISI, Pdt Dr Victor Tinambunan, Ketua STT HKBP Pematangsiantar, menyampaikan kata sambutan dan ucapan terimakasih kepada Menrirstekdikti RI yang telah menyerahkan ijin operasional UHN Pematang Siantar secara mandiri.

"Kami menyambut kehadiran Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar ini dengan sukacita dan ucapan syukur kepada Tuhan. Dalam pembukaan UUD 1945 salah satu amanat yang wajib diwujudnyatakan oleh negara ini adalah 'mencerdaskan kehidupan bangsa' dan kami yakin dalam pijaran semangat itulah Gereja, Pemerintah dan masyarakat hadir saat ini untuk menjadi saksi sejarah lahirnya suatu peradaban baru melalui Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar." sambutnya.

"Pendidikan yang dalam bahasa Inggris disebut dengan “education” berasal dari kata Latin “educatum” dapat diartikan sebagai upaya untuk berkembang dari dalam ke luar. Ini menunjukkan bahwa gerak perubahan di tengah-tengah masyarakat dimulai dari perkembangan dan perubahan dari inner abilities (dari dalam diri sendiri). Itulah yang kita syukuri saat ini, dengan diresmikannya Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, perubahan menuju kehidupan yang lebih baik sudah di depan mata," jelas pdt.Victor.

Lebih lanjut Ketua STT HKBP ini menyampaikan, ada tiga alasan menyambut kehadiran Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar ini dengan sukacita dan ucapan syukur kepada Tuhan.

"Pertama, kami bersukacita menyambut kehadiran Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar karena universitas ini akan dapat menjadi garam dan terang dunia. Kedua, kami bersukacita menyambut kehadiran Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar karena universitas ini menjadi rumah pembentukan karakter, dan ketiga, kami bersukacita menyambut kehadiran Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar karena universitas ini dan STT HKBP adalah anak kandung HKBP," sebutnya.
Mengakhiri pidatonya, Ketua STT HKBP ini menguraikan, "Sebagai anak yang lahir dari rahim yang sama, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dan STT HKBP adalah saudara kandung. Layaknya sebagai saudara yang telah dewasa, kita tidak lagi disibukkan oleh perdebatan-perdebatan lahiriah, tetapi kian disibukkan dalam mengaktualisasikan panggilan dan amanat agung dari Kristus untuk senantiasa bergerak dalam mendidik segala bangsa. Sebagai saudara kandung, STT HKBP terbuka untuk saling bergandengan tangan, menciptakan kampus kita menjadi kampus hijau, asri dan sejuk, menjadi paru-paru kota dan menjadi rumah kehidupan bagi semua golongan masyarakat serta ikut berperan mempertahankan kota Siantar sebagai kota paling toleran di Indonesia. Tuhan memberkati UHN Pematangsiantar dan semua yang dipakai Tuhan melayani, mendidik dan kuliah di sini. Terima kasih." pungkasnya.

Sebelumnya Pdt Darman H Samosir MTh selaku seksi publikasi menginformasikan kepada media, bahwa sebagai ungkapan syukur atas pembukaan atau peresmian UHN Siantar nantinya, pada Minggu (25/2) dilaksanakan Ibadah Raya HKBP (Pesta Parolopolopon HKBP).

Untuk ibadah, nantinya akan dilayani oleh Ompui Ephorus HKBP, Pdt Dr Darwin Lumbantobing sebagai pengkhotbah dan Sekjen HKBP, Pdt David F Sibuea MTh DMin sebagai liturgis yang akan dihadiri 4.000 jemaat dari Distrik V Sumatera Timur, Distrik XXIV Tanah Jawa, Distrik IV Toba, Distrik XIII Asahan Labuhan Batu dan Distrik XV Tebing Tinggi.

“Ibadah akan diawali dengan prosesi, pembukaan plank nama dan penandatanganan prasasti peresmian Universitas HKBP Nommensen Siantar. Dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dan bimbingan pengarahan dan diakhiri dengan makan siang bersama, manortor dan hiburan,” ungkap Pdt Darman.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Khasiat Buat Bit Untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia