KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

Peran Serta Siswa dalam Mengelola Perpustakaan
Oleh : Sesmon Toberius Butarbutar | 30-Sep-2017, 10:34:38 WIB

KabarIndonesia - Balige, Secara umum kondisi perpustakaan sekolah di negeri ini masih sangat memprihatinkan, baik dari sisi ruangan maupun koleksi judul buku sekolah belum menjadi perhatian utama dalam pembangunan gedung sekolah. Banyaknya gedung sekolah yang bocor dan kemudian roboh serta banyak sekolah yang kekurangan kelas untuk menampung siswanya, semakin memperburuk kondisi dan keberadaan perpustakaan sekolah sebagai salah satu pusat sumber belajar (Learning Resource Centre),

Pengertian perpustakaan sekolah adalah any place in a school building, designated to both hold instructional materials, other than textbooks, wich are use by teachaers and students (international association of school librarianship, 1968). Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah dan dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan utama membantu sekolah mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan umum pendidikan (Suliystio Basuki, 1993)

Fungsi utama perpustakaan sekolah adalah untuk mendukung usaha-usaha sekolah dalam mengembangkan kemampuan membaca. Walaupun sekarang perpustakaan sekolah lebih difungsikan sebagai information literacy tetapi perpustakaan sekolah tetap memegang peranan penting dalam reading promotion.

Perpustakaan sekolah mempunyai misi membantu guru dalam mengajar dan murid dalam belajar (proses pembelajaran). Dengan kata lain, perpustakaan sekolah diharapkan mampu mengantarkan siswa dari tahap belajar membaca (learn to read) ke tahapan membaca untuk belajar (read to learn). Idealnya perpustakan sekolah mengemban misi educational (dalam proses pembelajaran siswa: bacaan siswa dan life long learning), informational (information skill: finding, accessing, an using information, information literacy, active learning, problem solving), kultural (kultur nasional dan lokal), dan recreational (reading for fun, hobby, literate environment)

Perpustakaan memiliki peran yang sangat strategis dalam merangsang dan meningkatkan minat baca. Peningkatan minat baca siswa berbanding lurus dengan kondisi perpustakaan sekolah. Dapat dipastikan, sekolah dengan perpustakaan yang baik maka minat baca siswanya lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah yang pengelolaan perpustakaannya buruk.

Perpustakaan sekolah berperan dalam menjadikan siswa menjadi pembelajaran mandiri. Kita dapat memastikan hal ini dengan memantau para siswa yang sering berkunjung ke perpustakaan biasanya adalah mereka yang memiliki rasa ingin tahu dan mandiri dalam belajar. Tentunya dengan adanya perpustakaan sekolah yang dikelola dengan baik maka, anak-anak yang sudah memiliki kemandirian dalam belajar dapat difasilitasi rasa ingin tahunya dan dapat memotivasi siswa lainnya untuk menjadi pembelajar mandiri.

Kita juga sering mendengar dan menyaksikan para siswa yang berprestasi dalam hal akademik adalah mereka yang mempunyai minat baca yang tinggi dan biasanya adalah anggota perpustakaan sekolah yang aktif. Bisa dilacak pula bahwa para pahlawan, dan tokoh kita seperti, Haji Agus Salim, Buya Hamka, Presiden Soekarno, Mohmammad Hatta, Habibie, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), bahkan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono adalah orang-orang yang memiliki minat baca tinggi dan memiliki koleksi buku yang luar biasa banyaknya.

Kita dapat membayangkan betapa hidupnya suasana sekolah jika perpustakaan sekolah dikelola dengan baik. Saat bel istirahat berdering kita akan menyaksikan anak-anak yang bergegas menuju ruang perpustakaan sekolah, meminjam dan mengembalikan buku, dan berbagi cerita dengan teman-temannya tentang buku yang baru saja ia baca. Sementara itu, guru atau teman mereka yang menjadi pengelola perpustakan sekolah menyambut mereka dengan senyum dan menunjukkan koleksi buku terbaru yang dimiliki sekolah bulan ini.

Berdasarkan PP 18 Tahun 2016 Pemerintah RI menghimbau kepada seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota agar memberntuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola perpustakaan dan kearsipan yang akan mulai berlaku pada awal Tahun 2017. Hal ini disambut baik oleh masing-masing pemerintah bersama-sama dengan DPRD Kabupaten/Kota. Salah satu daerah yang menindaklanjuti peraturan tersebut adalah Kabupaten Toba Samosir telah dibentuk DInas Perpustakaan dan Kearsipan sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Toba Samosir Nomor 5 Tahun 2016.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Toba Samosir Drs. Rudi Hasiholan, bahwa tahun 2017 lembaga ini akan mengadakan koleksi buku yang dikhususkan kepada para pelajar, sehingga mereka akan lebih rajin dan bersemangat untuk meminjam dan mengunjungi perpustakaan. "Ada 5000an koleksi buku diperustakaan kita sekarang dan proses peminjamannya kita pakai aplikasi online sehingga memudahkan para pengunjung untuk meminjam buku-buku kita." kata Rudi Hasiholan.  
Ditambahkannya, "Sejak pertengahan September ini kita sudah online, sudah ada aplikasinya, yaitu www.perpus.tobasamosirkab,go,id atau www.111344100914.ip-dynamic.com. Sehingga seluruh pengunjung atau peminjam dan masyarakat dapat menghemat waktu untuk melihat-lihat koleksi judul buku yang tersedia baru mereka datang ke kantor kita," tegas Kepala Dinas Rudi.

Selain itu juga pemerintah daerah akan membangun gedung baru Dinas Perpustakaan berlantai dua (2) yang dekat dengan akses ke masyarakat dan para pelajar kita. Mudah-mudahan Januari 2018 dapat ditempati, sehingga suasana saat membaca lebih nyaman, tenang dan jauh dari kebisingan kota.

Semoga pemerintah daerah dan pusat pada tahun-tahun mendatang dapat menambah permintaan koleksi judul buku yang dikelola di dinas ini. Hal ini sudah menjadi tanggung jawab bersama agar angka melek huruf kita khususnya di daerah kita Toba. (*) Penulis: Dumaria Eniwaty Lbn.Raja, S.Pd., Guru SMA N 2 Balige, Sumut.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia