KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Pelatihan Menulis Online Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniUrgensi Mengemballikan Pelajaran PMP di Sekolah oleh : Adolf Roben Lanapu
17-Feb-2019, 21:19 WIB


 
  KabarIndonesia - Dalam satu dekade ini terjadi perubahan besar pada lingkungan budaya di masyarakat, yang dipengaruhi oleh perkembangan pesat teknologi informasi dan persaingan industri elektronik. Murah dan mudahnya memiliki gadget canggih seperti smartphone berperan merubah perilaku masyarakat yang awalnya lebih
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA




 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Diam Dalam Rasa 18 Feb 2019 13:56 WIB

Hujan Lakukan Padaku 16 Feb 2019 12:08 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

Pembelajaran Sastra Melalui Cerita Sejarah dan Budaya di Kabupaten Purworejo
Oleh : Nurul Setyorini | 15-Jan-2019, 11:44:11 WIB

KabarIndonesia - Purworejo sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, memiliki ragam cerita sejarah dan budaya. Cerita sejarah dan budaya tersebut menjadi salah satu kearifan lokal bagi masyarakat setempat dan berpotensi sebagai bahan pembelajaran sastra di sekolah.

Pembelajaran sastra di sekolah pada umumnya dapat memanfaatkan cerita sejarah dan budaya sebagai bahan pembelajaran. Cerita sejarah dan budaya merupakan salah satu bentuk karya sastra lama.

Cerita sejarah dan budaya di Kabupaten Purworejo sangat efektif sebagai bahan pembelajaran. Keefektifan tersebut dikarenakan adanya ragam manfaat dan keunikan.

Pertama, cerita sejarah dan budaya di Kabupaten Purworejo ada hubunganya dengan sejarah Nasional. Purworejo yang dahulu dikenal dengan Bagelen menjadi wilayah pertempuran sejarah Nasional, yaitu perang Diponegoro. Perang Diponegoro. Perang Diponegoro tersebut terjadi pada tahun 1825-1830. Setelah perang Diponegoro selesai, Bagelen dirubah menjadi Purworejo. Dengan bupati pertama, K.R T. Cokronegoro.

Kedua, cerita tersebut tidak ada di daerah lain. Sebagai wujud, cerita kearifan lokal tentusaja Purworejo mempunyai cerita sendiri. Cerita tersebut, tidak adi di daerah lain. Meskipun demikian, ada hubunganya dengan cerita sejarah lain seperti cerita Perang Diponegoro.


Ketiga, cerita tersebut memiliki nilai luhur dan kearifan lokal. Purworejo selain bercerita tentang sejarah dan budaya tentusaja ada nilai luhur dan budaya yang disampaikan seperti, gotong royong, kekerabatan, tolong menolong, kejujuran, dan keberanian.

Keempat, cerita tersebut dapat meningkatkan kecintaan siswa pada budaya lokal. memanfaatkan cerita asal Kab. Purworejo siswa jadi tahu dan penasaran dengan cerita tersebut. Dengan seringnya mendengar cerita sejarah dan budaya, siswa akan penasaran dan mencoba menggali cerita sejarah dan budaya di Kab Purworejo. Dengan demikian, siswa akan menjaga dan melestarikanya.



Nurul Setyorini, M.Pd.
Dosen PBSI, UM Purworejo

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Marc Marques Juara Dunia MotoGP 09 Feb 2019 02:01 WIB


 

 
 
 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia