KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRudiantara: 4,6 Juta UMKM Sudah Online oleh : Sesmon Toberius Butarbutar
15-Nov-2017, 21:01 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan berdasarkan data terdapat 4,6 juta UMKM dari target delapan juta UKM hingga 2019 telah masuk akses online.

"Kami punya target mengonlinekan delapan juta UMKM hingga tahun 2019, namun sekarang baru
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

PKBM UNITY: Menjadikan SDM Samosir yang Berdaya Saing
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 02-Nov-2017, 07:25:21 WIB

KabarIndonesia - Ambarita Samosir, Pada tahun 2012 yang lalu secara swadaya berdiri sebuah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang berpusat di kawasan wisata Tuktuksiadong kecamatan Simanindo, kabupaten Samosir. Inisiasi dan ide pendirian lembaga ini sebagai PKBM datang dari seorang pemuda warga kawasan wisata tersebut, ketika itu si pemuda ini tidak punya pekerjaan tetap. Dialah yang membuat nama lembaga ini PKBM UNITY.

Pewarta kabarindonesia.com sengaja menemui Kiki Adrea, sang inisiator PKBM Unity, berbincang sambil menyaksikan sebuah kegiatan yang sedang berlangsung yakni pelatihan sepakbola anak-anak. Dalam perbincangan dgn awak media, didapatkan informasi seputar PKBM dan berbagai kegiatan yang sudah mereka lakukan.

"Kami memilih nama lembaga ini 'unity'. Unity artinya persatuan, dimaksudkan bersatu membangun Samosir" ujarnya mengawali cerita. Menurut Kiki Andrew, pada awal pembentukannya PKBM Unity melayani anak-anak dengan kursus bahasa Inggeris dan sanggar musik-tari serta kegiatan Rabu gembira bagi anak sekolah minggu.

Tuktuk siadong sebagai kawasan wisata memang banyak dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara yang lazimnya menggunakan bahasa Inggeris sebagai bahasa pengantar. Karena itulah Kiki Andrea merasa tertantang untuk menyiapkan anak-anak, anak sekolah dan pemuda yang mampu berkomunikasi dalam pelayanan. "Misi PKBM Unity adalah menjadikan SDM Samosir berdaya saing, dasarnya adalah tanggungjawab kepada Tuhan untuk mensejahterakan masyarakat," jelasnya dengan mantap.

Lebih lanjut Kiki Andrea mengatakan bahwa Pkbm Unity memilih dan membuat program pemberdayaan masyarakat berbasis potensi daerah Samosir. "Jika tahun awal pendirian Pkbm Unity tahunn2012 dgn kegiatan kursus bahasa Inggris dan pelatihan tari-musik, tahun 2015 programnya bertambah yakni pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan andaliman, pendidikan kesetaraan paket A,B,C, dan kursus komputer." sebutnya bersemangat.

Dijelaskannya, strategi yang dipakai Pkbm Unity untuk meningkatkan SDM di Samosir adalah melibatkan masyarakat dalam melaksanakan semua program/kegiatan berbasis potensi lokal. Masyarakat Samosir dikenal memiliki potensi seni budaya, tari, musik, olahraga, wisata. "Masyarakat harus memiliki kapabilitas dan kompetensi di bidangnya apalagi dengan perkembangan sektor pariwisata dan teknologi. Karenanya warga di Samosir ini perlu mendapatkan kursus, pelatihan keterampilan" sebut Kiki.

Semuanya dengan berbasis potensi daerah samosir, rencana lembaga pkbm unity ke depan adalah mengoptimalkan semua program di kec. Simanindo. "Kami pada awal ini lebih mengutamakan warga kecamatan Simanindo, dan secara bertahap akan ditargetkan membuka program yg sama di semua kecamatan dengan melibatkan masyarakat setempat." sebutnya penuh optimis.

PKBM Unity pada tahun 2015 melaksanakan program pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pengolahan andaliman (jenis rempah khas Tapanuli), dan pelatihan musik. Waktu itu Pemkab Samosir membantu PKBM satu unit mesin penggiling andaliman dari koperindag samosir, satu set alat musik batak melalui dinas pariwisata, satu unit mesin penggiling andaliman dari koperindag samosir. "Kami berterimakasih atas perhatian Pemkab, dan memang masih itu saja dukungan yang kami terima hingga saat ini" kata Andrea mantap.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Inspirasi 60 Tahun Astra Makassar Semarak, Target Revitalisasi 600 Halte Tercapai Senior Journalist Rappler Indonesia Uni Lubis (kanan) berinteraksi dengan 400 peserta dalam bedah buku Astra on Becoming Pride of the Nation bersama Chief of Corporate Human Capital Development PT Astra International Tbk Aloysius Budi Santoso (tengah), dipandu oleh Zilvia Iskandar
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia