KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPolri dan Bawaslu Siap Optimalkan Kelancaran Pelaksanaan Pemilu 2019 oleh : Rohmah S
13-Sep-2018, 16:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Terkait dengan pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjamin  semua akan berjalan aman dan lancar.  Guna memaksimalkan melaksanakaan pengamanan pemilu, Polri sudah bersiap diri lebih dini dengan mematangkan strategi pengamanan. Adapun dalam pelaksanaan pengamanan
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 
 
PENDIDIKAN

KETUA STT HKBP Pdt Dr. Victor Tinambunan: Perubahan Menuju Kehidupan yang Lebih Baik Sudah di Depan Mata
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 02-Mar-2018, 12:46:06 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan, pada hari Sabtu (24/2-18), Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, resmi berdiri dan operasional, terpisah serta mandiri secara managemen dari Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan.

Peresmiannya sebagai Universitas yg baru kedua di HKBP ditandai dengan penyerahan izin oleh Menteri Ristekdikti diwakili Dr. Ir. Ridwan, M.Sc (Direktur Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi) kpd Ketua Pengurus Yayasan Univ. HKBP Nommensen Ir Nurdin Tampubolon di kampus Jl.Sang Naualuh, kota Pematangsiantar.

Diinformasikan Pdt Dr. Victor Tinambunan, Ketua STT HKBP yang turut hadir pada acara peresmian tersebut, didaulat panitia untuk menyampaikan kata sambutan mewakili Perguruan Tinggi dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia (APTISI).

Sambutan Ketua STT HKBP tersebut selengkapnya diturunkan sebagai berikut:
"Kami menyambut kehadiran Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar ini dengan sukacita dan ucapan syukur kepada Tuhan. Dalam pembukaan UUD 1945 salah satu amanat yang wajib diwujudnyatakan oleh negara ini adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan kami yakin dalam pijaran semangat itulah Gereja, Pemerintah dan masyarakat hadir saat ini untuk menjadi saksi sejarah akan lahirnya suatu peradaban baru melalui Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Pendidikan yang dalam bahasa Inggris disebut dengan 'education' berasal dari kata Latin 'educatum' dapat diartikan sebagai upaya untuk berkembang dari dalam ke luar. Ini menunjukkan bahwa gerak perubahan di tengah-tengah masyarakat dimulai dari perkembangan dan perubahan dari 'inner abilities" (dari dalam diri sendiri). Itulah yang kita syukuri saat ini. Dengan diresmikannya Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar,  perubahan menuju kehidupan yang lebih baik sudah di depan mata.
 Dalam kesempatan yang berbahagia ini pula perkenankanlah kami kembali menyambut kehadiran Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar ini dengan sukacita dan ucapan syukur kepada Tuhan dengan sedikitnya tiga alasan:

1. Kami bersukacita menyambut kehadiran Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar karena universitas ini akan dapat menjadi garam dan terang dunia.

Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dikeluarkan United Nations Development Programme (UNDP) 2016, Indonesia berada di peringkat 113 dari 188 negara tentang pembangunan manusia. Ini merupakan tantangan bagi kita untuk mencapai agenda pembangunan berkelanjutan dunia tahun 2030 yang sudah ditetapkan oleh PBB. Belakangan ini kita juga harus berhadapan dengan para bandar narkoba yang menjadikan Indonesia sebagai pasar internasional, apapun jenis narkobanya, laku di negeri kita. Kita berhadapan dengan praktik candu agama yang mencekoki orang dengan paham radikal dan intoleransi. Isu hoax apa pun yang dijual, laku di masyarakat. Kita juga berhadapan dengan wajah pendidikan yang transaksional, dimana gelar dan ijazah bodong masih diminati banyak orang. Dibutuhkan komitmen untuk melakukan reformasi dari atas dan bagaimana melaksanakannya hingga ke lapisan terbawah. Persoalan mendesak yang harus kita perbaiki adalah akses dan juga menjamin kualitas pendidikannya. Oleh sebab itu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar hendaknya mampu berkembang, baik secara kualitas dan kuantitas, menjadi garam dan terang dunia.

2. Kami bersukacita menyambut kehadiran Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar karenaa universitas ini menjadi rumah pembentukan karakter.

Beberapa waktu ini kita dihebohkan soal rencana berdirinya kampus asing di Indonesia. Walau menimbulkan pro dan kontra, namun keberadaan kampus-kampus asing itu menjadi pertanda bahwa globalisasi pendidikan itu sudah ada dan sedang berlangsung di negeri ini.

Menjadi tantangan dan kesempatan bagi kita untuk menanamkan pendidikan karakter di kampus kita. Inilah yang digemakan oleh Presiden RI Bapak Jokowidodo di dalam Perpres N0. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter menekankan bahwa dalam mencapai generasi emas Indoneisa tahun 2045 maka setiap lembaga pendidikan harus terlibat aktif dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab.

Hal ini sudah lama disebutkan oleh Aristoteles dengan mengatakan: “Educating the mind without educating the heart is no education at all”. Oleh sebab itu diperlukan model pendidikan yang holistik dan simultan antara mendidik akal dan budi, antara rasio dan spiritulitas manusia, karena kekayaan, kekuatan dan keberlangsungan suatu bangsa terletak pada karakter manusianya.

3. Kami bersukacita menyambut kehadiran Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar karena universitas ini dan STT HKBP adalah anak kandung HKBP.

Sebagai anak yang lahir dari rahim yang sama, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dan STT HKBP adalah saudara kandung. Layaknya sebagai saudara yang telah dewasa, kita tidak lagi disibukkan oleh perdebatan-perdebatan lahiriah, tetapi kian disibukkan dalam mengaktualisasikan panggilan dan amanat agung dari Kristus untuk senantiasa bergerak dalam mendidik segala bangsa. Sebagai saudara kandung, STT HKBP terbuka untuk saling bergandengan tangan, menciptakan kampus kita menjadi kampus hijau, asri dan sejuk, menjadi paru-paru kota dan menjadi rumah kehidupan bagi semua golongan masyarakat serta ikut berperan mempertahankan kota Siantar sebagai kota paling toleran di Indonesia.

Tuhan memberkati UHN Pematangsiantar dan semua yang dipakai Tuhan melayani, mendidik dan kuliah di sini. Terima kasih."(Pewarta kabarindonesia: sumber akun fb Victor Tinambunan).

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Khasiat Buat Bit Untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia