KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahPemprov Jateng Keliru Tafsirkan UU Kebudayaan oleh : Gunoto Saparie
16-Jan-2018, 22:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dinilai keliru dalam menafsirkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-undang tersebut mengamanatkan pembentukan Lembaga Wali Amanat (LWA), namun pemprov justru memfasilitasi pendirian Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).  
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA









 
BERITA LAINNYA
 

 
 
Sekeping hati 06 Jan 2018 16:05 WIB

 

 
BERITA LAINNYA
 
 

 
 
PENDIDIKAN

Hal Yang Perlu Dimiliki Jika Menjadi Pelatih
Oleh : Lusia Gayatri Yosef | 13-Jan-2018, 09:04:43 WIB

KabarIndonesia - Beberapa dari kita mungkin ada yang tertarik untuk menjadi seorang pelatih (coach). Saat ini berbagai bidang pekerjaan memerlukan pengetahuan dan keterampilan hingga menjadi seorang pelaku dan pelatih yang profesional.

Menurut Vandaveer (2007) terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat seseorang menjadi pelatih, yaitu:

1. Pengetahuan. Khususnya penting dalam hal meningkatkan pengetahuan psikologi dari perilaku dalam organisasi-organisasi, pengetahuan teori organisasional, pengetahuan bisnis, pengetahuan organisasi dari industri, pengetahuan kode etik untuk psikolog, dan pengetahuan diri. Penulis memberikan contoh sebagai berikut: Pelatih memiliki pengetahuan psikologi mengenai rasa percaya diri berasal dari hal apa saja, kemudian bagaimana cara mengembangkannya.

2. Keterampilan. Khususnya keterampilan-keterampilan penting yang meliputi keterampilan kognitif; mendengarkan; sistem berpikir dan praktik; komunikasi; (keinginan); pengukuran psikologis; proses fasilitas; menghubungkan dengan individu dan menciptakan dan mengelola kepercayaan. Penulis memberikan contoh: Pelatih memiliki keterampilan mendengarkan apa yang ditanyakan dan dinyatakan oleh peserta pelatihan.

3. Karakteristik-karakteristik personal/pribadi. Karakteristik personal yang penting termasuk menjadi pembelajaran yang mudah menguasai suatu hal; kemampuan menerima; flexible; tidak judgement atau tidak mengadili, dapat menerima orang dan nilai-nilai mereka; toleran dalam ambiguitas; keamanan politik; dapat dipercaya; menghormati orang-orang sebagai manusia; dan mampu mengapresiasi talen-talen atau kelebihan-kelebihan sumber daya yang dilatih. 

Penulis memberikan contoh sebagai berikut: Pelatih mampu menciptakan perasaan aman dalam mempersilahkan peserta memberikan pendapatnya. Sebagai contoh dengan berkata "Apa yang ada katakan di dalam pelatihan ini menjadi rahasia bersama dalam peserta latihan di sini dan tidak akan disebarluaskan selain di ruang ini."


Berdasarkan pernyataan di atas apabila individu tertarik untuk menjadi coach dapat mulai melatih diri. Dalam hal ini melatih diri untuk memenuhi jenis keterampilan yang dimiliki. Serta keterampilan-keterampilan yang telah disebutkan di atas. Sebagai contoh melatih diri adalah : dengan latihan menjadi coach atau pelatih suatu pelatihan; mengadakan pelatihan sendiri kemudian latihan menjadi pelatih. Serta banyak lainnya latihan-latihan keterampilan yang dapat dilakukan seseorang yang menginginkan dirinya menjadi pelatih.

Keinginan menjadi pelatih ini tidak bisa tanpa latihan, keinginan menjadi pelatih sehingga sampai berwujud nyata seseorang menjadi pelatih adalah dibutuhkan latihan. Latihan tersebut bisa jadi latihan personal seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Namun juga seseorang bisa mengikuti pelatihan mengenai menjadi pelatih yang baik dan benar.

 
Daftar Pustaka : Vandaveer, V, V. (2007). Executive coaching. In Rogelberg, S.G, Encyclopedia of industrial and organizational, (pp 223-226). California: SAGE Publications, Inc.    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Belajar Menjadi Orang Kaya 16 Jan 2018 08:56 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
Kereta Kehidupan 03 Jan 2018 03:08 WIB

Kemarin Hari Ini dan Esok 03 Jan 2018 02:04 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia