KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Pelatihan Menulis Online Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniIslamophobia di Amerika, “Christianophobia” di Indonesia oleh : Kabarindonesia
21-Mar-2019, 16:44 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jika sebagian penduduk di AS dan barat mengidap Islamophobia, maka sebagian penduduk Indonesia dan kawasan mayoritas Muslim di berbagai belahan dunia mengalami gangguan penyakit "Christianophobia". Opini Sumanto al Qurtuby.

Islamophobia atau Islamfobia mengacu pada pengertian ketakutan atau
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepenggal Kisah dari Menoreh (2) 24 Mar 2019 06:12 WIB

Kucinta Danau Toba 23 Mar 2019 08:01 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Generasi

 
PENDIDIKAN

Generasi "Keong Racun"
Oleh : Kukuh Widyatmoko | 04-Aug-2010, 03:17:30 WIB

KabarIndonesia - Tanpa disengaja dua remaja menjadi terkenal lewat dunia maya lewat tayangan. Remaja tersebut mengalami booming lewat lagu Keong Racun dan siap-siap menjadi artis terkenal. Fenomena tersebut menarik untuk dikupas menggunakan sudut pandang sosiologi.

Masyarakat seolah terbius oleh tindakan kedua individu. Padahal kedua individu tersebut tampaknya termotivasi untuk “sekedar” menyanyi lalu di upload di dunia maya. Namun ternyata memberi pengaruh bagi masyarakat dan dirinya sendiri. Pengaruh bagi masyarakat bahwa orang beramai-ramai ingin melihat bahkan men-download. Individu tersebut secara langsung menjadi bahan pembicaraan dalam teritorial lebih luas dari tempat pembuat tayangan tersebut. Baik media cetak maupun elektronik memberitakan fenomena tersebut. Dua individu yang dulunya hanya remaja biasa namun saat ini menjadi terkenal. Bahkan statusnya mengalami peningkatan. Secara sosiologis individu tersebut mengalami mobilitas sosial climbing. Bisa disebut remaja tersebut “jadi artis.”

Menurut Soerjono Soekanto, sumber status ada yang disebabkan kelahiran dan usaha sengaja seseorang, ada juga karena balas jasa. Jika mengupas sumber status yang ada, maka yang terjadi pada kedua remaja tersebut tidak memenuhi kriteria. Karena mereka melakukan hanya meng-up load, tanpa dilandasi kesengajaan ingin terkenal.

Hal baru yang didapatkan adalah dunai maya mampu membuat seseorang mengalami mobilitas sosial climbing. Memang tidak semuanya tetapi lewat dunia maya, jangkauan beraktualisasi diri jauh lebih luas dibandingkan cara konvensial. Yang perlu diperhatikan adalah kesiapan individu karena nanti bisa mengalami shock culture karena akan mengalami perubahan pekerjaan, aktivitas dan rutinitas. Maka setiap individu lewat dunia maya bisa menjadi generasi Keong Racun. (*)


Penulis: Dosen Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!!
Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/



 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Berkah TMMDoleh : Agus Rizal
10-Mar-2019, 16:26 WIB


 
  Berkah TMMD TMMD ke-104 Kodim 0601/Pandeglang membawa berkah bagi para pemilik warung di lokasi tersebut. Anggota Satgas TMMD pada saat istirahat meluangkan waktu untuk melaksanakan kegiatan komsos dengan warga masyarakat di salah satu warung milik warga sambil menikmati jajanan di kampung Saluyu,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
AGAMA Vs ATHEIS 22 Mar 2019 16:46 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia