KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 

Diklat Pengelola Perpustakaan Sekolah Se-Aceh

 
PENDIDIKAN

Diklat Pengelola Perpustakaan Sekolah Se-Aceh
Oleh : Bang Rachmad | 10-Mar-2018, 00:06:05 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Aceh melalui kelompok Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Aceh menggelar diklat pengelolaan perpustakaan sekolah se Aceh bagi tenaga perpustakaan tingkat SMA/SMK/MA di SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh. 

Pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Muslem Yacob, S.Ag., M.Pd. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 2-5 Maret 2018.
 
Pelatihan yang diprakarsai oleh SMA Negeri 10 Fajar Harapan bersama Aceh Library Consultant (ALC) turut menghadirkan pemateri dari dosen dan alumni Prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, masing-masing, Nurhayati Ali Hasan, M.LIS, Drs. Khatib A. Latief, M.LIS, Drs. Ruslan, M.LIS, Mukhtaruddin, M.LIS, Zubaidah, M.Ed, Abdul Manar, M.Hum, Suherman, M.Ec, Arkin, S.IP dan sejumlah instruktur dari Aceh Library Consultant (ALC). 

Ketua MKKS SMA Aceh, Muhibbul Khibri,S.Pd, M.Pd selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan selama 4 hari peserta akan dibekali keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan yang meliputi manajemen perpustakaan sekolah, pelayanan dan pengembangan koleksi perpustakaan, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), pengolahan bahan pustaka (Inventaris, klasifikasi, katalogisasi), dan implementasi teknologi informasi di perpustakaan. 

“Sebanyak 60peserta yang berasal dari pengelola dan guru pustakawan SMA/SMK se Aceh dibekali dengan berbagai keterampilan teknis, nantinya dihari terakhir mereka akan dibekali dengan pelatihan otomasi perpustakaan berbasis software SLiMS dan Inlislite oleh para relawan Aceh Library Consultant”,kata Muhibbul Khibri saat memberi laporan kepanitiaan, Jum’at (2/3) di perpustakaan SMAN 1 Fajar Harapan.

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry menandatangani naskah kerjasama dalam hal pelatihan dan pendampingan perpustakaan dengan Dinas Pendidikan Aceh melalui kelompok Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Aceh dan SMA Negeri 1 Fajar Harapan Banda Aceh di perpustakaan sekolah setempat, Jum’at (2/3).
 
Penandatanganan ini dilakukan Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Syarifuddin MA Ph.D, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M.Si, Kepala Sekolah SMAN 1 Fajar Harapan, Muhibbul Khibri,S.Pd, M.Pd disaksikan oleh Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan kerjasama FAH, Dr. Bustami, M.Hum, Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Zubaidah, M.Ed dan KTU SMAN 1 Fajar Harapan, Novi Yanti. 

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Syarifuddin, MA., Ph.D dalam sambutannya mengatakan sebagai satu-satunya Prodi Ilmu Perpustakaan yang ada di Aceh, tentunya menjadi sebuah kewajiban dan tanggungjawab untuk pengembangan pendidikan di Aceh khususnya dunia perpustakaan, sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi dan pencerahan serta solusi jangka pendek untuk pembinaan pengelola perpustakaan sekolah dalam mengembangkan perpustakaan.
 
Sementara itu, Kadis Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Muslem Yacob, S.Ag., M.Pd berharap semoga setelah pelatihan ini selesai para peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk mengelola perpustakaan sesuai dengan standar.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia