KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiKapal dan Ratusan Penumpang Tenggelam di Perairan Simanindo-Tigaras, Danau Toba oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jun-2018, 04:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas tenggelamnya kapal penumpang bernama KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba tepatnya 500 meter menuju dermaga Tiga Ras, Simalungun, Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.30 wib.
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

Beberapa Tipe Pekerjaan Dengan Berbagai Keterampilan
Oleh : Lusia Gayatri Yosef | 13-Jan-2018, 09:20:05 WIB

KabarIndonesia - Dalam bekerja kita melakukan banyak hal yang merupakan hasil pengetahuan, pemahaman dan keterampilan. Sesungguhnya, kemampuan kita untuk mengerjakan sesuatu itu adalah keterampilan-keterampilan yang dimiliki. Sebagai contoh: saat bekerja sebagai tenaga administrasi, maka kita menggunakan keterampilan membaca dan menulis; pada lain peristiwa seorang seniman dia bekerja menggunakan keterampilan menyanyi dan keterampilan baca puisi, dan lain sebagainya.

Menurut Mueller (2007) ada beberapa jenis tipe pekerjaan dan keterampilan, yaitu:

1. Realistik: mengikat aktivitas fisik, termasuk bekerja dengan mesin, obyek-obyek atau berhubungan dengan peralatan-peralatan. Penulis memberikan contoh pekerjaan realistik ini seperti pekerja yang bekerja di pabrik bahwa terdapat beberapa orang yang bekerja dengan mesin seperti di pabrik otomotif serta beberapa contoh pabrik lainnya.

2. Pemeriksaan: memecahkan permasalahan-permasalahan, menggabungkan informasi, menganalisis data, dan pengetahuan atau aktivitas-aktivitas yang berhubungan. Penulis memberikan contoh pekerjaan pemeriksaan ini seperti individu yang bekerja dibagian administrasi.

3. Artistik: menciptakan gagasan-gagasan baru, menggunakan kreativitas dan menciptakan solusi-solusi inovatif. Penulis memberikan contoh pekerjaan artistik ini seperti pekerjaan menjadi pelaku usaha atau bussiness man/woman.

 4. Sosial: bekerja dengan dekat kepada sesama dalam mengembangkan dan memperoleh informasi, kolaborasi, secara langsung mengembangkan asisten untuk pengguna jasa, klien-klien atau pasien-pasien.  Penulis memberikan contoh pekerjaan sosial ini seperti pekerjaan menjadi dokter, perawat, ahli gizi.

5. Mengembangkan dunia dalam hal bisnis: mempengaruhi orang-orang lain, memimpin kelompok-kelompok, dan mengelola sumber-sumber organisasional.  Penulis memberikan contoh pekerjaan mengembankan dunia dalam hal bisnis ini seperti supervisor atau kepala pembimbing atau kepala bagian.

6. Konvensional: melengkapi detil-berorientasi pada tugas-tugas dengan sistem yang jelas untuk hasil pemberdayaan sumber daya manusia, dan dengan pengarahan yang dikembangkan oleh orang-orang lain.  Penulis memberikan contoh pekerjaan konvensional ini seperti kepala bagian administrasi.

Beberapa keterangan di atas merupakan jenis tipe pekerjaan. Sehingga keterangan keterampilan-keterampilan tersebut dapat digunakan sebagai pemberi keterangan kepada subyek mengenai tipe pekerjaan yang ia kuasai dan tidak ia kuasai. Selain hal tersebut, dari keterangan tipe pekerjaan dapat memberikan informasi kepada individu untuk melakukan refleksi diri dari kegiatan-kegiatan yang telah, sedang, dan akan dilakukan.(*)
 
Daftar Pustaka: Mueller, J, D, K. (2007). Job choice. In Rogelberg, S.G, Encyclopedia of industrial and organizational, (pp 386-390). California: SAGE Publications, Inc.    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Indonesia Idol Guncang Tarutungoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
02-Jun-2018, 13:11 WIB


 
  Indonesia Idol Guncang Tarutung Maria Simorangkir juara Indonesia Idol 2018 mengguncang ribuan massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan cabup/cawabup Tapanuli Utara JTP Hutabarat/Frengky Simanjuntak Kamis (31/5). Dua pasangan lainnya Nikson Nababan/Sarlandy Hutabarat dan Chrismanto Tobing/Hotman Hutasoit sudah melaksanakan kampanye akbar sesuai urutan yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB

 

 

 

 

 
Jadwal Piala Dunia 2018 13 Jun 2018 04:50 WIB

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia