KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
PolitikLolos Kemenkumham RI, Partai Rakyat Segera Tampung Aspirasi Masyarakat oleh : Rohmah Sugiarti
24-Sep-2017, 17:58 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Partai Rakyat yang pertama kali deklarasi pada 15 Agustus 2015 di Ancol berhasil lolos Kemenkumham RI dan resmi berbadan Hukum dari Kemenkumham (Kementerian Hukum & Ham) RI.

Partai Rakyat yang dilahirkan dengan slogan "rakyat berkuasa
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
KOMUNIS 23 Sep 2017 03:41 WIB

Kisah Negeri Antah Berantah 22 Sep 2017 09:23 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Wakil Bupati Bangka Barat Buka Acara Sembahyang Rebut di Dusun Anyai Kundi

 
BUDAYA

Wakil Bupati Bangka Barat Buka Acara Sembahyang Rebut di Dusun Anyai Kundi
Oleh : Bambang Prayudi | 05-Sep-2017, 19:14:49 WIB

KabarIndonesia - Bangka Barat, Segenap masyarakat Tionghoa di dusun Anyai desa Air Menduyung kecamatan Simpang Teritip kabupaten Bangka Barat, Senin malam (4/9/17) mengadakan acara tradisi leluhur Tionghoa yaitu Sembahyang Rebut atau Chit nget phan di klenteng Amal Bhakti dusun Anyai.
Saat kabarindonesia.com menemui tokoh adat dusun Anyai Akhie (65) menjelaskan bahwa tradisi leluhur sembahyang rebut ini adalah warisan dari nenek moyang kami yang berasal dari negeri cina yang diaksanakan setiap tahun dengan maksud mengundang arwah arwah yang terlantar. "Saat sembahyang rebut bulan tujuh imlek ini pintu neraka terbuka dan kami mengundang para arwah untuk dikasih makan serta di urus, dan di bulan delapan imlek para arwah diantar pulang memakai miniatur kapal yang dibuat panitia acara" lanjut Akhie.
Acara sembahyang rebut di hadiri Wakil Bupati Bangka Barat Markus.SH, anggota DPRD Bangka Barat Herwanto, tokoh masyarakat Bangka Barat Bruri Rusyadi, tokoh pemuda Bangka Barat Prayudi Kato, tokoh pemuda kecamatan Simpang teritip Mathius Irwan serta tokoh agama Islam Darmawi. Kedatangan mereka disambut oleh kepala dusun Anyai Ajung beserta segenap tokoh adat Tionghoa desa Air Menduyung Bangka Barat.
Tampak di halaman klenteng Amal Bhakti patung Dewa panglima Tionghoa Tai She Ja dan Miniatur kapal laut serta rak-rak yang berisi bermacam makanan untuk di rebut saat pukul 00.00 wib sedangkan patung dewa dan miniatur kapal laut akan dibakar.
Kepala Dusun Anyai Ajung mengatakan kegiatan sembahyang rebut ini juga dibantu dana dari Pemerintah kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat.
Saat kabarindonesia.com menemui wakil Bupati Bangka Barat Markus.SH mengatakan "saya menilai masyarakat Tionghoa di sini sangat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan sembahyang rebut ini dan saya juga berharap agar kegiatan sembahyang rebut tetap dijaga serta dilestarikan, agar kedepannya acara ini dapat lebih ramai serta meriah" ujar Markus. "Sembahyang Rebut ini sudah masuk ke dalam agenda tetap dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat dan menjadi kekayaan budaya untuk Bangka Barat" tambah Markus.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Menhub Budi Karya Ajak Terus Gemakan Keselamatan Berlalu Lintasoleh : Rohmah Sugiarti
24-Sep-2017, 17:56 WIB


 
  Menhub Budi Karya Ajak Terus Gemakan Keselamatan Berlalu Lintas Siswa-siswa SDN 028067 Kota Binjai selesai mewarnai gambar dengan tema keselamatan lalu-lintas (24/9). Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi membuka kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra sekaligus mencanangkan Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi, Binjai, Sumatera Utara sebagai Kampung Ramah Anak
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia