KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalWUPID - 2017 Ajang Debat Menantang! oleh : Johanes Krisnomo
20-Okt-2017, 16:38 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, 20 Oktober 2017 - Gaduhnya para mahasiswa saat istirahat makan siang, mengikuti ajang debat WUPID - 2017, tak sejalan dengan keseriusannya berkompetisi. Mereka berdebat mempertahankan argumentasinya, baik pro dan kontra, berdasarkan data akurat dan pola pikir kritis.
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 

Situs Warungboto Umbulharjo Jogjakarta Nyaris Terlupakan

 
BUDAYA

Situs Warungboto Umbulharjo Jogjakarta Nyaris Terlupakan
Oleh : Dewi Nur Indahsari | 05-Okt-2017, 13:35:20 WIB

KabarIndonesia - Yogyakarta. Situs Warungboto merupakan sebuah destinasi wisata sejarah yang kini mulai dilirik masyarakat. Situs ini berada di Jalan Veteran, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta, merupakan pesanggrahan yang sempat terbiarkan dalam bentuk puing dan reruntuhan.  

Dahulunya, situs ini adalah petilasan yang mulai dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I. Selanjutnya, pembangunan diteruskan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II. Berdasarkan informasi KRT Jatiningrat pada sebuah kesempatan, situs ini aslinya bernama Pesanggrahan Rejowinangun. Di tempat ini, dulu terdapat pemandian dari sumber mata air atau umbul.

Pada tahun 80-an, masyarakat sekitar lokasi menyebut situs ini dengan nama tok umbul. Tok umbul ini dalam bahasa Indonesia berarti sumber mata air. Pada tahun tersebut, air di tok umbul masih keluar dengan deras. Warga sekitar pun memanfaatkan air tok umbul untuk padusan terutama saat menyambut bulan Ramadhan datang. Warga dari berbagai daerah saat itu khusus datang untuk padusan atau mandi di tok umbul. Konon karena ada tok umbul ini juga, maka daerah tersebut dinamakan Umbulharjo hingga sekarang.
Pada tahun 2016, situs ini mulai dipugar sehingga kini tampak megah dan cantik. Namun sayang, kecantikan dan kemegahan situs ini tak nampak dari badan jalan Veteran dimana situs tersebut berada. Dari badan jalan Veteran, kecantikan dan kemegahan situs ini tidak tampak sama sekali. Hanya papan nama situs warungboto dan juga beberapa atribut jalan yang nampak. Untuk sebuah tempat yang indah yang dulunya merupakan peristirahatan keluarga keraton, sunguh sangat disayangkan jika renovasi yang dilakukan tidak menyentuh bagian ‘wajah' situs yang menghadap jalan.


Proses renovasi situs Warungboto memang belum sepenuhnya selesai. Namun struktur bangunan yang unik dengan lorong-lorong, pintu dan jendela yang sebagian memiliki aksen lengkung pada bagian atasnya menarik minat para pengunjung untuk datang dan berfoto di situs warungboto. Ada 1 kolam utama berbentuk lingkaran yang merupakan tempat sumber mata air dan 1 kolam segi empat yang terhubung dengan kolam utama.   Anda yang menyukai fotografi atau ingin menambah koleksi instapicture Anda, tentu tak akan melewatkan kesempatan untuk datang berfoto di situs warungboto. Akses jalannya pun mudah, dan tempat ini hingga sekarang masih free entry. (*)     

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
WUPID - 2017 Berfoto Bersamaoleh : Johanes Krisnomo
20-Okt-2017, 00:06 WIB


 
  WUPID - 2017 Berfoto Bersama Para peserta, juri dan panitia WUPID Indonesia 2017, Jakarta (14-15/10/17), berfoto bersama di akhir acara. Dua dari 30 tim (berhak mewakili Indonesia di QUIP WUPID (World Universities Peace Invitational Debate) Global 2017, Malaysia (8-12/12/17). Aldwin & Ibrahim - Universitas
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Ekspedisi NKRI Gelar Nikah Massal 20 Okt 2017 05:37 WIB

Skenario Menjatuhkan TNI 19 Okt 2017 00:54 WIB

 
Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi JK 20 Okt 2017 15:13 WIB


 

 

 

 

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia