KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 
 
BUDAYA

Semarak Festival Bulan Bahasa MAN 2 Cirebon
Oleh : Tahmid Pratamadi | 29-Okt-2017, 01:55:04 WIB

KabarIndonesia - Dalam rangka memperingati hari “Sumpah Pemuda” dan “Bulan Bahasa” MAN 2 Kabupaten Cirebon mengadakan acara Festival Bulan Bahasa yang dilaksanakan sejak hari Jum’at 27 Oktober 2017 sampai dengan hari Sabtu 28 Oktober 2017.  

Acara ini bertujuan untuk mengingatkan bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 telah menjadi hari yang sakral bagi para pemuda Indonesia. Selain itu, acara ini digelar karena sudah menjadi tradisi setiap tahunnya selalu diadakan dan menjadi salah satu acara bergengsi di sekolah itu.


Acara ini diselenggarakan panitia dari para siswa dan siswi Jurusan Bahasa atau mereka sering menamakannya The Unity Of Language Programme (TUOLP) dan dibantu oleh guru-guru pengajar di Jurusan Bahasa atau pun guru lainnya yang tidak mengajar di Jurusan Bahasa. 
Acara Festival Bulan Bahasa di hari Jum’at 27 Oktober 2017 menggelar lomba yang diikuti oleh seluruh siswa MAN 2 Cirebon dari semua jurusan IPA, IPS, Keagamaan, dan Bahasa, siswa kelas X sampai kelas XII. Adapun yang diperlombakan yaitu : Fashion show yang bertemakan adat Indonesia, Cipta karya dan baca puisi kandungan Al-Qur’an,  Stand up comedy, Cerita rakyat berbahasa ibu,  Pidato bahasa Indonesia,  Pidato bahasa Arab,- Pidato bahasa Inggris,  Musikalisasi puisi,  Miniatur dari bahan bekas, - Master of Ceremony (MC), dan Story telling. 
Para peserta lomba sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti lomba-lomba tersebut. Mereka berusaha menampilkan yang terbaik dari diri mereka untuk merebutkan juara 1, 2, dan 3. Sembari menumbuhkan semangat Literasi di bulan bahasa kali ini mencoba berkolaborasi dengan aktivis literasi Mas Robiato. Ia merupakan pemilik Pedati Pustaka Bayalangu Cirebon. Kehadirannya dalam acara ini memberikan baca buku gratis oleh para siswa serta sedikit-sedikit berorasi mengenai literasi.
Puncak Acara Festival Bulan Bahasa pada hari Sabtu 28 Oktober 2017. Panggung acara bertempat di Lapangan utama MAN 2 Cirebon. Acara dimulai pukul 08:00 WIB dibuka dengan tarian adat diiringi musik tradisional Indonesia yang dimainkan oleh para siswa jurusan Bahasa sendiri.  Selanjutnya sambutan-sambutan yang disampaikan oleh ketua pelaksana, ketua jurusan Bahasa Drs. Himmatul Hidayatullah, dan sambutan dari kepala Sekolah Drs.H. Muhaemin, M.Ag. 
Kemudian ke inti acara yaitu dialog sastra dengan bintang tamu Sudiyanto/Boim Lebon, seorang penulis di salah satu televisi swasta. Boim berpesan “Jangan ragu dan jangan takut untuk mencoba menulis suatu karya meski hanya nekad modalnya”.
Dipenghujung acara setelah pembagian hadiah para pemenang lomba Festival Bulan Bahasa, siswa Jurusan Bahasa dan para alumni yang hadir bersama-sama menyanyikan lagu Mars Bahasa sebagai suatu simbol atau suatu kebanggaan karena acara telah selesai berjalan dengan lancar dan sukses dilaksanakan.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Bakul Kejujuran 17 Okt 2018 13:02 WIB

 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia