KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

Pentas Teater Rakyat Museum Benteng Vredeburg Angkat Tema Sumpah Pemuda

 
BUDAYA

Pentas Teater Rakyat Museum Benteng Vredeburg Angkat Tema Sumpah Pemuda
Oleh : Dewi Nur Indahsari | 04-Nov-2017, 12:48:32 WIB

KabarIndonesia - Sumpah pemuda adalah momentum bagi para pemuda Indonesia yang beragam suku melebur menjadi satu dalam janji yang mereka tuangkan dan kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Bertitik pada peristiwa pada tahun 1928 tersebut, dan perkembangan para pemuda bangsa saat sekarang, kriminalitas telah menyentuh anak - anak di bangku pendidikan dasar, maka digagaslah satu gerakan yang diharapkan bisa menularkan semangat kesatuan dan semangat agar para pemuda tumbuh menjadi pemuda - pemudi yang bertanggung jawab.
Jika bersumpah, bersumpahlah untuk kepentingan bangsa. Aksi yang dilakukan adalah ucap serentak sumpah pemuda dan pentas teater singkat yang diselenggarakan di halaman museum benteng Vredeburg dengan bertemakan Sumpah Pemuda. 
Para relawan yang tergabung dalam komunitas Teater Rakyat Volkschool,  yang dikoordinir Isye Dewi, runner up Duta Museum DIY 2017 sekaligus Duta Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, melakonkan karakter masyarakat di masa lampau yang minim fasilitas kesehatan, makan pun seadanya. Kondisi masyarakat yang mengutamakan daerahnya masing-masing, pertikaian antar daerah dan diakhiri dengan duduk sepakat pada satu hal yaitu mereka satu bangsa.
Beberapa duta museum ikut terlibat dalam pementasan, yaitu duta museum Puro Pakualaman, museum dr Yap Prawirohusodo, Museum Pendidikan Indonesia, Museum Bahari, Museum Gumuk Pasir, Museum Dewantara Kirti Griya, Museum Perjuangan dan Museum Wayang Kekayon. Acara yang diikuti total 62 orang peserta ini dibuka oleh Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Dra Zaimul Azzah, M.Hum. Dalam sambutannya Dra.Zaimul menyampaikan bahwa aksi semacam ini harus diapresiasi.
Aksi yang dilakukan dalam rintik gerimis ini tidak menyurutkan semangat para relawan dalam berkegiatan. Relawan yang ikut dalam aksi ini beragam, mulai dari siswa - siswi SMA seperti Bosa dan SMK N 5 Yogyakarta, mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta, bahkan juga yang sudah bekerja. Ke depan, komunitas teater rakyat Volkschool akan tetap mementaskan lakon-lakon bertemakan sejarah dan budaya terutama terkait dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia.(*) 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Bakul Kejujuran 17 Okt 2018 13:02 WIB

 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia