KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilMelani Butarbutar: Tekad Putra Samosir, Melayani Aspirasi Rakyat Sepenuh Hati oleh : Wahyu Ari Wicaksono
05-Nov-2018, 09:11 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mengawali karir sebagai CPNS tahun 1976 di kantor Camat Simanindo Ambarita (Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara) dengan pangkat/golongan Juru Muda Tingkat I (I/b), pada Februari tahun 2017 lalu, Danny Melani Michler Hotpantolo Butarbutar atau biasa disebut Melani Butarbutar
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Menjadi Wartawan Pilihan Hidupku 09 Nov 2018 15:39 WIB


 

PS Beksi Mandor Minggu, Upaya Melestarikan dan Mengembangkan Silat Beksi

 
BUDAYA

PS Beksi Mandor Minggu, Upaya Melestarikan dan Mengembangkan Silat Beksi
Oleh : Jamiel Loellail Rora | 07-Okt-2017, 06:15:15 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Melihat anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) berlatih silat tradisi dari akar budaya Betawi beraliran Beksi sungguh melahirkan rasa bangga sekaligus haru. Bangga, betapa generasi muda begitu semangat mempelajari warisan leluhur sebagai alat olahraga dan beladiri. Haru, karena kecintaan mereka sehingga mereka lebih memilih belajar silat daripada belajar seni beladiri dari luar (import).

"Di perguruan Beksi Mandor Minggu Petukangan Utara ini memang untuk malam Sabtu dan malam Minggu kita khususkan untuk anak-anak.  Tujuannya agar tidak mengganggu waktu belajar mereka. Karena Sabtu dan Minggu mereka libur sekolah," terang Eddy Mandor Minggu selaku Guru Besar PS Beksi Mandor Minggu.

Menurut Eddy, PS Beksi Mandor Minggu memang banyak memiliki murid dari kalangan anak-anak usia SD dan SMP. Hal ini amat menggembirakan karena bisa mengenalkan Beksi, sebagai aliran silat Betawi, kepada mereka sejak mereka berusia dini. Ke depan, insya Allah, salah satu dari mereka juga akan ada yang meneruskan melatih Beksi, sehingga ilmu silat Beksi akan terhindar dari kepunahan. Khususnya ilmu silat Beksi yang diwriskan oleh Mandor Minggu yang belajar Beksi dari Kong Haji Gojalih.

"Saya sendiri adalah cucu dari Mandor Minggu. Dari sekian banyak anak dan cucu kakek saya tidak ada yang meneruskan untuk melatih Beksi.  Jadi saya melanjutkan tradisi melatih Beksi tersebut." sebut Eddy

Dinamakan Perguruan Beksi Mandor Minggu, tambah Eddy, dalam rangka menjaga warisan leluhur. Sekalgus menghormati warisan tersebut agar generasi kita tetap bisa mengenal Beksi dan silsilahnya yang kian hari kian berkembang pesat sesuai dengan jamannya. PS Beksi Mandor Minggu didirikan pada tahun 2008 lalu. Sekretariat Jalan Palem V RT.004 RW. 08 No. 1, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Harapan ke depan dengan mendirikan PS Beksi Mandor Minggu bisa  terus maju dan berkembang. Ini warisan orang tua, wartisan kakek, jangan sampai punah. Saya sebagai cuucunya merasa punya tanggung jawab moral untuk melanjutkan apa yang telah diperbuat oleh kakek saya," terang Eddy.

Saat ini, tambah Eddy, PS Beksi Mandor Minggu memiliki kolat atau cabang di daerah Kembangan dan Duri Kosambi di daerah Jakarta Barat. Selaku guru besar dari PS Beksi Mandor Minggu Eddy memang selektif dalam membuka kolat atau cabang.

"Apabila ada anak didik saya yang telah lulus dan ingin membuka kolat atau cabang dari PS Beksi Mandor Minggu, saya selalu bertanya apakah didaerah itu sudah ada yang latihan Beksi apa belum. Kalau sudah ada, ya jangan. Biar yang sudah ada saja dimajukan. Atau silaturrahmi dulu kepada para sosok yang ditokohkan di wilayah tersebut. Bila mereka mengizinkan dan mendorong agar dirikan kolatatau cabang  Beksi Mandor Minggu, maka saya akan mengizinkan si murid untuk membuka kolat di daerah tersebut," beber Eddy yang biasa disapa ‘ayah' oleh murid-muridnya.

Banyak prestasi yang telah dicapai oleh PS Beksi Mandor Minggu Petukangan pimpinan Eddy Mandor Minggu. Prestasi terakhir yang diraih perguruan ini adalah  Juara Harapan I dalam ajang Festival Silat Betawi 2007 yang digelar oleh DISORDA Prov. DKI Jakarta di RPTRA Nusantara, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawaoleh : Rohmah S
12-Nov-2018, 10:18 WIB


 
  Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini Soemarno (kedua kiri) didampingi Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kedua kanan) saat flag off Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa di Surabaya (12/11).
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Rocky Gerung dan Jokowi 05 Nov 2018 15:56 WIB

Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia