KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
PolitikLolos Kemenkumham RI, Partai Rakyat Segera Tampung Aspirasi Masyarakat oleh : Rohmah Sugiarti
24-Sep-2017, 17:58 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Partai Rakyat yang pertama kali deklarasi pada 15 Agustus 2015 di Ancol berhasil lolos Kemenkumham RI dan resmi berbadan Hukum dari Kemenkumham (Kementerian Hukum & Ham) RI.

Partai Rakyat yang dilahirkan dengan slogan "rakyat berkuasa
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
KOMUNIS 23 Sep 2017 03:41 WIB

Kisah Negeri Antah Berantah 22 Sep 2017 09:23 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Museum Mpu Purwa Malang Simpan Koleksi 5 Kerajaan

 
BUDAYA

Museum Mpu Purwa Malang Simpan Koleksi 5 Kerajaan
Oleh : Dewi Nur Indahsari | 02-Sep-2017, 12:50:41 WIB

KabarIndonesia - Malang, Usai perhelatan Duta Museum DIY 2017, para duta (ambassador) berkiprah mempromosikan museum serta melakukan studi banding ke museum di luar DIY. Seperti yang dilakukan Putra, salah satu duta museum DIY yang mengunjungi Museum Mpu Purwa yang terletak di jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Samta Blk. B No. 210 Malang.
Musuem Mpu Purwa ini belum dibuka untuk umum. Awalnya gedung ini bernama Balai Penyelamatan Mpu Purwa. Museum ini diresmikan pada tanggal 2 Mei 2004 namun prosesnya masih berlanjut sampai saat ini. Menurut rencana, Balai Penyelamatan Mpu Purwa ini akan selesai direnovasi akhir tahun 2017.
 

Museum ini memiliki sekitar 134 koleksi peninggalan lima kerajaan. Ikon museum ini yaitu patung Ganesha Tikus, yang hanya terdapat satu di Indonesia. Bahkan Mimin, edukator mengatakan ikon Ganesha Tikus satu-satunya di Asia Tenggara. Koleksi lainnya ada prasasti diniyo 2 yang merupakan lanjutan dari prasasti diniyo 1 di museum Nasional. Ada juga Diorama-diorama yang menceritakan penculikan putri Ken Dedes. Putri Ken Dedes itu sendiri merupakan Putri dari Mpu Purwa.


Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh museum Mpu Purwa dibandingkan dengan museum-museum di tempat lain di Indonesia. Kelebihannya adalah setiap koleksi sudah memiliki barcode. Hal inilah yang membuat para pengunjung memanfaatkan gadgetnya untuk memahami lebih jelas mengenai koleksi tersebut. Terdapat pencahayaan yang sesuai dengan koleksi-koleksinya sehingga lebih sedap dipandang mata.
Selain itu, Putra juga bertemu dengan perwakilan duta museum dan budaya malang yang bernama Ragil Anggara. Menurutnya, permuseuman di Malang semakin berkembang apalagi dengan adanya pertumbuhan museum-museum baru seperti museum Topeng Panji.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Menhub Budi Karya Ajak Terus Gemakan Keselamatan Berlalu Lintasoleh : Rohmah Sugiarti
24-Sep-2017, 17:56 WIB


 
  Menhub Budi Karya Ajak Terus Gemakan Keselamatan Berlalu Lintas Siswa-siswa SDN 028067 Kota Binjai selesai mewarnai gambar dengan tema keselamatan lalu-lintas (24/9). Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi membuka kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra sekaligus mencanangkan Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi, Binjai, Sumatera Utara sebagai Kampung Ramah Anak
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia