KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRudiantara: 4,6 Juta UMKM Sudah Online oleh : Sesmon Toberius Butarbutar
15-Nov-2017, 21:01 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan berdasarkan data terdapat 4,6 juta UMKM dari target delapan juta UKM hingga 2019 telah masuk akses online.

"Kami punya target mengonlinekan delapan juta UMKM hingga tahun 2019, namun sekarang baru
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Kiat Astra, Perkuat Gotong Royong dan Kebersamaan Melalui Permainan Tradisional Nusantara

 
BUDAYA

Kiat Astra, Perkuat Gotong Royong dan Kebersamaan Melalui Permainan Tradisional Nusantara
Oleh : Wahyu Ari Wicaksono | 28-Aug-2017, 00:38:01 WIB

KabarIndonesia - Memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (17/8) sekaligus memperingati kembali Hari Anak Nasional yang belum lama terlewat, 23 Juli 2017 kemarin,  PT Astra International Tbk menggelar Festival Permainan Tradisional Berseri di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ciganjur Berseri yang menjadi bagian dari Kampung Berseri Astra (KBA) Ciganjur yang puncaknya jatuh pada hari ini (27/8).   Berharap dapat mendorong dan memperkuat kebersamaan dan menanamkan sikap gotong royong sejak dini pada anak maka pergelaran ini pun mengusung tema dengan tajuk “Permainan Untuk Anak Negeri”. Menanggapi tema tersebut, Wakil Walikota Jakarta Selatan Arifin dalam sambutannya menyatakan dukungan dan harapannya yang tinggi. “Saya ingat betul main tapak dan main karet waktu kecil. Permainan tradisional semacam ini harus kita kenalkan kepada anak-anak kita untuk membudayakan gotong royong sejak dini,” kenangnya penuh harap.

Berbagai macam perlombaan permainan tradisional anak seperti Egrang, Hadang/Gerobak Sodor, Terompah Panjang, Dagongan dan Jalan Balok, yang digelar pantia ramai diikuti oleh anak-anak dari 13 KBA di area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek).

KBA tersebut adalah KBA Kebon Jeruk (Jakarta Barat), KBA Cengkareng Timur (Jakarta Barat), KBA Kebon Pala (Jakarta Timur), KBA Warakas (Jakarta Utara), KBA Sunter Jaya (Jakarta Utara), KBA Rawajati (Jakarta Selatan), KBA Rawasari (Jakarta Pusat), KBA Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu), KBA Pinang (Tangerang), KBA Lengkong Kulon (Tangerang), KBA Bhakti Jaya (Depok), KBA Pekayon (Bekasi) dan KBA Ciganjur (Jakarta Selatan).   Turut hadir pada acara ini, Asisten Deputi Permainan Tradisional dan Layanan Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Bayu Rahadian, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Rohika Kurniadi, CEO Happy Heart Foundation Sylvia Beiwinkler, Tokoh Permainan Anak Tradisional Endi Aras dan Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah.   Pergelaran Festival Permainan Tradisional Berseri ini merupakan salah satu rangkaian dari Festival KBA se-nusantara yang dilaksanakan sebagai bentuk program aktivasi kegiatan di berbagai lokasi KBA. Secara khusus, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Astra untuk sekaligus membudayakan permainan tradisional anak agar dikenal oleh generasi milenial, terutama warga KBA.  

Sebagai pelengkap rangkaian acara, pada kesempatan ini juga disajikan kesenian adat Betawi berupa tarian tradisional, yang para penarinya adalah siswa-siswi di KBA Ciganjur yang merupakan  pemenang lomba tari dalam Gebyar RPTRA 2017 lalu.  

Dari berbagai macam lomba yang digelar, akhirnya dihasilkan beberapa KBA para pemenang lomba permainan tradisional anak tersebut:
1. Permainan Hadang: Juara 1 KBA Sunter Jaya, Juara 2 KBA Cengkareng Timur, Juara 3 KBA Warakas 2. Permainan Terompah Panjang: Juara 1 KBA Bhakti Jaya, Juara 2 KBA Kebon Jeruk, Juara 3 KBA Pulau Pramuka 3. Permainan Egrang: Juara 1 KBA Lengkong Kulon, Juara 2 KBA Pekayon, Juara 3 KBA Sunter Jaya 4. Permainan Dagongan: Juara 1 KBA Cengkareng Timur, Juara 2 KBA Ciganjur, Juara 3 KBA Lengkong Kulon 5. Permainan Jalan Balok: Juara 1 Warakas, Juara 2 Lengkong Kulon, Juara 3 Pekayon Juara umum Festival Permainan Tradisinoal Berseri ini diperoleh KBA Lengkong Kulon dan KBA Cengkareng Timur.   Melengkapi kiprah sosial Astra, pada kesempatan itu Astra juga memberikan apresiasi kepada para peserta lomba mural Astra se-Jadetabek yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswi universitas dan perguruan tinggi.

Adapun para pemenang lomba mural Astra se-Jadetabek tersebut adalah: 1. Juara 1: Big Box dari Binus University 2. Juara 2: Mikey dari Binus University 3. Juara 3: RC One dari Raffles College. (*)
 Keterangan Foto:Anak-anak dari KBA Lengkong Kulon Tangerang bermain Dagongan dalam laga final Festival Permainan Tradisional Berseri di RPTRA Ciganjur Berseri, KBA Ciganjur, Jakarta Selatan pada Minggu (27/8). Permainan ini merupakan kebalikan dari permainan tarik tambang. Dalam permainan ini kedua regu saling dorong untuk mencari kemenangan.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia