KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiIkuti Program-Program Istimewa Selama Masa Pendaftaran PMOH oleh : Redaksi-kabarindonesia
21-Jan-2018, 03:19 WIB


 
 
KabarIndonesia - Selamat Tahun Baru! "Tahun Baru, Aktifitas Baru" adalah suatu pernyataan yang umum dan sering kita dengar. Di tahun baru 2018 ini, adakah aktifitas baru yang akan Anda lakukan? Bila Anda menyukai dunia tulis-menulis atau ingin belajar menulis, bergabunglah bersama
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sekeping hati 06 Jan 2018 16:05 WIB

 

 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
BUDAYA

Kerjasama di Balik Klenteng Eng An Kiong Kota Malang
Oleh : Nailil Tahta El Suluchiyah | 18-Des-2017, 11:01:32 WIB

KabarIndonesia - Klenteng Eng An Kiong yang terletak di wilayah perempatan antara jalan Martadinata dan jalan Zainal Zakse ini telah berdiri sejak tahun 1825, namun mayoritas penduduk sekitarnya beragama muslim.

Klenteng Eng An Kiong ini bukan hanya menjadi tempat ibadah penganut kepercayaan tradisional Tionghoa (agama Konghucu) dan objek wisata yang ada di kota Malang tetapi juga menjadi salah satu bukti tingginya toleransi umat beragama di kota tersebut. Terbukti dengan banyaknya umat muslim yang berkerja di klenteng tersebut.

"Saya butuh tenaganya, bukan butuh orangnya. Karena sejatinya kami datang kesini bukan untuk mencari umat," ujar Bonsu Anton Triono selaku Humas Klenteng Eng An Kiong, ketika ditanya terkait mengapa kebanyakan orang muslim yang bekerja di Klenteng tersebut.

Nama Eng An Kiong yang digunakan memiliki makna sebagai "istana keselamatan dalam keabadian Tuhan" dan dipersembahkan untuk menghormati Kongco (sebutan panggilan yang mulia) HO Tik Cing Sien (yang memiliki arti beroleh berkah dalam kebajikan). Klenteng ini merupakan klenteng Tri Dharma, yaitu diperuntukkan bagi penganut agama Buddha, Tao dan Khonghucu.

Ada beberapa hal menarik dalam ritual ibadah di Klenteng ini salah satunya adalah Ciam Si. Ciam si merupakan ramalan nasib baik dan buruknya menurut ramalan Tiongkok. Ramalan itu berupa kertas yang mana di dalam kertas itu tertuliskan peribahasa dan menggambarkan nasib seseorang.

"Ciam Si ini ada dua jenis, Ciam Si Obat dan Ciam Si Penerangan. Ciam Si obat biasanya untuk yang sedang sakit. Setelah berdoa, mengambil Ciam Si obat. Ciam Si dalam bentuk kertas ini berisi resep obat dengan bahasa Mandarin, dan kertas ini diberikan ke toko obat Tiongkok. Kalau Ciam Si penerangan, meramalkan kehidupan, jodoh, karir, pekerjaan. Untung mengatakan kalau ada yang mengambil tetapi isinya buruk, maka bisa dibakar dan mengambil lagi." jelas Bonsu Anton Triono.(*) 

 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
KTP-El Tetap Berlaku Seumur Hidup 20 Jan 2018 07:58 WIB


 
 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia