KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Tepat 45 tahun lalu, Argopandoyo Tri Hanggono dilahirkan di Kota Jakarta, sebagai anak ketiga dari pasangan W. Sudaryo dan Martha Beetje.

Ayah dua anak ini memiliki ketertarikan pada dunia jurnalistik sejak mengikuti kegiatan penerbitan Warta Yohanes
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 

Kabupaten Serdang Bedagai Selenggarakan Jamu Laut

 
BUDAYA

Kabupaten Serdang Bedagai Selenggarakan Jamu Laut
Oleh : Agus Suriadi | 26-Jul-2017, 18:02:02 WIB

KabarIndonesia - Serdang Bedagai, Sebagai wujud rasa syukur atas rezeki yang dilimpahkan Tuhan Yang Maha Esa (YME) serta untuk melestarikan budaya warisan leluhur, masyarakat pesisir pantai kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar tradisi (men)jamu laut yang dilaksanakan di Theme Park Pantai Cermin, (21/7).

Rangkaian acara yang diawali dengan pemberangkatan kepala kerbau ke tengah laut dan dilanjutkan kenduri untuk memohon keberkahan kepada yang Maha Kuasa. Kemudian dilakukan tepung tawar perahu serta lomba menghias perahu.

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang didampingi Wabup Darma Wijaya mengemukakan bahwa budaya jamu laut merupakan tradisi melayu yang berada di daerah pesisir sebagai warisan leluhur yang ada di Indonesia perlu dilestarikan sebagai budaya yang mencerminkan suatu kearifan lokal. Budaya ini merupakan ungkapan rasa syukur pada Tuhan YME atas rezeki berupa hasil alam yang melimpah.

Mengenai sumber daya alam (SDA) seperti laut yang juga memberi hasil yang cukup banyak, menurut Bupati ada kearifan lokal khusus bidang kelautan. Bupati berharap agar kearifan lokal di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini ada museum yang memajang alat-alat tangkap tradisional sehingga mampu mengundang wisatawan untuk datang mengunjungi pesisir pantai di Sergai.

Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman yang juga diamini Wabup Darma Wijaya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling bahu membahu, bersatu padu membangun daerah dengan menjaga keberagaman yang kita miliki.

Sementara itu Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Tradisi Kemendikbud RI Dra. Sri Hartini, M.Si menyampaikan jamu laut mempunyai makna yaitu kekuatan terhadap para nelayan yang menggantungkan hidupnya pada sumber daya laut mendapat berkah dalam hidupnya. Selain itu, jamu laut merupakan ungkapan rasa syukur terhadap alam dengan harapan mendapatkan hasil tangkapan ikan yang melimpah. Pada kesempatan ini, Sri Hartini menyampaikan rasa bangga terhadap masyarakat jajaran Pemkab Sergai yang telah mendukung penuh terselenggaranya kegiatan ini sehingga terpeliharanya kebudayaan tradisi masyarakat pesisir saat ini dan juga masa yang akan datang.

Selain Bupati Ir. H. Soekirman, turut hadir  Kajari Sergai Jabal Nur, SH, MH, Wabup Darma Wijaya, Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Tradisi Kemendikbud RI Dra. Sri Hartini, M.Si, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provsu Eliza Marbun, M.Si, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Hj. drg. Khairani Hadi Winarno, Kepala OPD, perwakilan BNN Kabupaten Sergai, Camat se-Sergai, tokoh adat/pawang pesisir pantai, para keturunan Sultan Serdang serta ratusan masyarakat pesisir pantai. (*)

Teks Foto :
TEPUNG TAWAR PERAHU: Bupati Sergai Ir. H. Soekirman sedang menepung tawari perahu pada acara  jamu laut tradisi masyarakat pesisir yang dilaksanakan di Theme Park Pantai Cermin.
(Foto : HOKI/Agus)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017oleh : Rohmah Sugiarti
12-Okt-2017, 06:52 WIB


 
  Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017 Hong Kong Cyclothon kembali di tahun ketiga, tepatnya pada hari Minggu, 8 Oktober kemarin. Diikuti sekitar 5.000 pesepeda dari seluruh pelosok dunia. Tujuh belas tim balap profesional akan berlaga di UCI Asia Tour Class 1.1 Road Race pertama di Hong
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Danau Toba Bukan Danau Tuba 14 Okt 2017 05:14 WIB


 

 

 

 

 

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia