KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HiburanToko Boekoe Tempo Doeloe oleh : Kabarindonesia
04-Apr-2020, 09:39 WIB


 
 
KabarIndonesia - Hampir setiap anak Tempo Doeloe senang baca komik, termasuk saya. Sebelum ada komik dalam bentuk buku, kami selalu membaca komik strip yang terdapat di koran ataupun majalah.

Misalnya, Put On yang terbit rutin di surat
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA






 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemunafik 05 Apr 2020 16:00 WIB

Rembulan di Celah Matamu 07 Mar 2020 15:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
UDAH BOSAN BINGIT EUUY! 06 Apr 2020 15:03 WIB

 
 
BUDAYA

IMLEK AGAR KITA MELEK
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 23-Jan-2020, 05:21:14 WIB

KabarIndonesia - Tidak berapa lama lagi tanggal 25 Januari akan tiba, dalam kalender umum disebut Hari raya-tahun baru Imlek 2571 Kongzili. Di Indonesia yang pluralisma, tercatat salah satu suku, Tionghoa yang sejak pra kemerdekaan sudah bermukim.
Terkait dengan hari raya Imlek, kata "Imlek" berasal dari dialek bahasa Hokkian yang berarti "penanggalan bulan" atau "yinli" dalam bahasa Mandarin. Tahun Baru Imlek di Tiongkok lebih dikenal dengan sebutan "ChunJie" (perayaan musim semi). Kegiatan perayaan itu disebut "Guo nian" (memasuki tahun baru), sedangkan di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan "konyan".

Apabila orang ingat Imlek otomatis ingat angpau (Hokkian) atau Hong Bao (Mandarin) yang artinya amplop merah berisi uang. Angpau ini bukan hanya digemari oleh anak-anak saja bahkan para pejabat jaman sekarang ini juga senang sekali mendapatkan angpau.

Konon angpau ini bukan hanya sekedar dapat membawa keberuntungan saja, bahkan dapat melindungi anak-anak dari roh jahat, sebab uang (qian) secara harfiah berarti dapat "menekan kekuatan jahat" atau "ya sui qian". 

Masalahnya ada roh jahat yang bernama Sui yang selalu hadir setahun sekali untuk mengganggu anak-anak kecil, maka dari itu diusulkan sebagai penangkal roh tersebut, sebaiknya ditaruh koin yang dibungkus dengan kertas merah sebagai tumbal di bawah bantalnya mereka. Maklum unsur api yang membakar pada warna merah dapat melindungi dari pengaruh jahat, sama seperti kalau Dracula lihat salib begitchu.

Menurut adat kuno, yang boleh pergi keluar bersilaturahmi di hari pertama Tahun Baru Imlek, hanya kaum pria saja, tetapi sekarang adat ini sudah tidak berlaku lagi.
Dan yang kudu dikunjungi secara berturut-turut adalah orang tua suami, setelah itu barulah orang tua istri. Lalu ke sanak keluarga lainnya. Perlu diketahui bukan hanya orang Jawa saja yang melakukan adat sungkem, orang Tionghoa juga demikian yang disebut tee-pai.

Budaya Cap Ji Shio/ Chinese Horoscopes adalah kebiasaan bangsa Cina yang menetapkan Tahun Baru Imlek dengan 12 jenis binatang.  Untuk semua bayi yang dilahirkan pada tanggal 25 Januari 2020 hingga tahun berikutnya akan memiliki shio Tikus - logam. Kebiasaan bangsa China ini sudah bersejarah lebih dari 2000 tahun.
Alkisah Sang Buddha memanggil binatang-binatang yang ada di hutan untuk menghadap.Dikisahkan secara berurutan ada 12 binatang yang datang menghadap Sang Buddha, yakni: tikus, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi. Walaupun itu mungkin hanya sekedar dongengan belaka. Tetapi anehnya banyak sekali orang yang percaya bahwa nasib seseorang berhubungan erat dengan tahun kelahirannya.

Oleh sebab itulah dalam soal mengambil keputusan untuk menikah, 'tahun kelahiran' ini mempunyai pengaruh yang berat. Sebagai contoh sebaiknya lelaki yang lahir pada tahun ayam tidak cocok dengan perempuan yang lahir pada tahun anjing, begitu juga dengan lelaki yang lahir pada tahun naga tidak cocok dengan perempuan yang lahir pada tahun harimau. Imlek boeat loe melek, sebut Mang Ucup, penulis artikel ini. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Cara Mudah Mulai Investasi Saham 27 Mar 2020 16:14 WIB


 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia