KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRektor Universitas Pendidikan Indonesia Tutup Usia oleh : Barnabas Subagio
23-Apr-2017, 20:52 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bandung, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Furqon, MA. Ph.D., menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (22/4/2017) pukul 10:25 WIB di Rumah Sakit Advent, Jl. Cihampelas No.161, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung.
Menurut informasi yang dihimpun pewarta KabarIndonesia, awalnya beliau sedang
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Dalam Diam... 12 Apr 2017 17:58 WIB

Jiwa-jiwa Penantang Zaman 04 Apr 2017 23:08 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
Ajak Warga Jakarta Bersatu 10 Apr 2017 22:11 WIB


 

 

Batik Karya Siswa Sekolah Gedangsari Gunung Kidul Hadir di Festival Seni Internasional

 
BUDAYA

Batik Karya Siswa Sekolah Gedangsari Gunung Kidul Hadir di Festival Seni Internasional
Oleh : Wahyu Ari Wicaksono | 24-Nov-2016, 14:09:05 WIB

KabarIndonesia - Yogyakarta, Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) kembali memperkenalkan batik hasil karya siswa binaan di Kec. Gedangsari, Kab. Gunungkidul, di kancah internasional. Kali ini, YPA-MDR hadir di Festival Seni International (FSI) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (P4TKSB) Yogyakarta, dengan tema "Today's Art, Future's Culture", yang artinya seni yang diciptakan di FSI ini diharapkan menjadi budaya di masa depan. Pameran batik hasil karya siswa SD, SMP, dan SMK binaan YPA-MDR di Gedangsari dan Pandak dapat dilihat di booth YPA-MDR sejak tanggal 21 hingga 25 November 2016. Tidak hanya batik, pengunjung juga bisa melihat kelihaian siswa binaan YPA-MDR dalam membatik, bahkan belajar membatik dengan menggunakan canting. Sejak tahun 2007, Astra melalui YPA-MDR telah membina 6 SDN, 1 SMPN, dan 1 SMKN di Kec. Gedangsari, Kab. Gunungkidul, serta 3 SDN, 1 SMPN, dan 1 SMKN di Kec. Pandak, Kab. Bantul.

Pembinaan dilakukan berdasarkan konsep “Sekolah Eskalator” dimana 4 pilar pembinaan yaitu Akademis, Karakter, Seni Budaya dan Kecakapan Hidup diberikan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Dimulai tahun 2010, YPA-MDR bersama dengan P4TK Seni dan Budaya melakukan survey potensi Kecakapan hidup di Kec. Gedangsari yang Pada saat itu Gedangsari menyimpan potensi yang besar khususnya dalam seni membatik. Namun, seni membatik di Gedangsari kebanyakan dilakukan oleh orang-orang tua atau berusia lanjut.

YPA-MDR dan P4TK Seni dan Budaya pun menganggap regenerasi warisan batik dipandang perlu dilakukan sejak dini. Maka sejak itu YPA-MDR bekerja sama dengan P4TK Seni dan Budaya untuk melakukan pembinaan dan pelatihan di Sekolah Binaan YPA-MDR dengan tujuan untuk menjadikan guru dan siswa terampil dalam membatik, pembinaan tersebut pun berjalan terus hingga P4TK pun mulai membina Sekolah binaan YPA-MDR di Kec. Pandak, Kab. Bantul.

“Strategi dan proses pembinaan YPA-MDR sendiri adalah untuk membina guru di bidang batik supaya bisa meneruskannya kepada siswa dengan mendampingi pembinaan dan menguatkan siswa dalam prakteknya,” tutur Sekretaris Pengurus YPA-MDR Kristanto saat Press Conference di Pembukaan FSI 2016.(*) 

Ket. Foto: Siswi SDN Jigudan, Kec. Pandak, Kab. Gunungkidul, binaan YPA-MDR yang sedang membatik dengan canting di Booth YPA-MDR dalam Festival Seni International (FSI) 2016 yang bertempat di Kantor P4TK Seni dan Budaya D.I. Yogyakarta (22/11)

 Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini. Kunjungi segera: http://www.kabarindonesia.com//
  

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Koreografi Tari Kontemporeroleh : Zulkarnaen Syri Lokesywara
04-Apr-2017, 01:32 WIB


 
  Koreografi Tari Kontemporer Mahasiswa jurusan Seni Tari Semester IV ISI Surakarta melaksanakan ujian koreografi tari kontemporer menggunakan media benda keras di Teater Kecil ISI Surakarta, Senin, 3 April 2017. Berbagai benda keras digunakan sebagai media para mahasiswa mengeksplorasi gerak, mulai dari payung, kurungan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
MAKASSAR: Kota Plural dan Nyaman 19 Apr 2017 22:12 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia