KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
BUDAYA

8500 Orang Lebih Warga Samosir Bersukacita Sambut Obor Paskah
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 27-Apr-2018, 02:12:39 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Kirab Obor Paskah Nasional disingkat KOPAS, yang berlangsung selama 40 hari sejak tanggal 18 Maret 2018 telah tiba di lokasi acara pembukaan Perayaan Paskah Nasional 2018 tepatnya di Sigulatti desa Sarimarrihit Sianjurmulamula kabupaten Samosir, kawasan Danau Toba.

Dikabarkan bahwa Obor Paskah dikirab dari Tondano Sulawesi Utara melintasi 26 kota di pulau Sulawesi, Jawa hingga pulau Sumatera dan setelah mengelilingi 6 kabupaten kawasan Danau Toba, pada tanggal 25 April 2018 tiba di kota Parapat, kabupaten Simalungun.

Pada hari Kamis, (26/4) sekitar pukul 10.00 WIB, rombongan Kirab Obor Paskah dengan tema "Dari Tondano ke Danau Toba", dengan ferry mengarungi Danau Toba dari Parapat-Ajibata tiba di pulau Samosir.

Setibanya di dermaga pelabuhan ferry Tomok, kec. Simanindo rombongan pembawa obor disambut Bupati Samosir dan isteri, Camat Simanindo, Kapolsek Simanindo, Tokoh Masyarakat, Pastor dan tokoh agama. Disini, Pendeta A Shepard Supit yang juga merupakan Ketua Lembaga Paskah Raya Nasional menyerahkan Obor Paskah kepada Bupati Samosir.

Kemudian dengan iringan gondang dan tortor di atas mobil berornamen Batak, Obor Paskah diarak melintas desa dan menempuh jalan sepanjang sekitar 40 km ke kota Pangururan. Pantauan media, sepanjang jalan yang dilintasi terlihat antusiasme masyarakat menyambut rombongan Bupati yang membawa obor paskah.

Memasuki kota Pangururan ibukota kabupaten Samosir, rombongan KOPAS kemudian langsung diarahkan melintas jembatan tano ponggol (penghubung pulau Samosir dengan pulau Sumatera) menuju titik awal penyambutan resmi obor paskah di simpang tiga Limbong.

Pantauan kabarindonesia.com, sejak pagi hari (pukul 08.00 wib) di sepanjang jalan mulai simpang tiga Limbong menuju Sigulatti ribuan warga telah menunggu dan siap menyambut. Di beram kiri kanan jalan tersebut, warga masyarakat dengan memakai 'ulos Batak' berdiri berjejer di bahu jalan. Sambil menunggu tibanya obor paskah, warga bersuka cita dan manortor (menari) di iringi musik tradisional 'gondang batak'.

Setibanya di simpang tiga Limbong, gemuruh suasana massa menyambut rombongan kirab didampingi Bupati Samosir. Sambil manortor dan melambaikan tangan sebagai luapan kegembiraan, arak-arakan Obor Paskah diiringi berjalan melintas arisan warga menuju Sigulatti.

Menurut Kitman Malau, Kadis Kominfo Samosir yang dihubungi via telepon mengaku bahwa warga sangat antusias dan sukacita menyambut Obor Paskah. "Diperkirakan ada 8500 orang yang berbaris di sepanjang 4,5 km jalan. Mereka berpakaian seragam hitam dengan selendang ulos khas daerah, manortor dengan ceria dan setia menunggu," sebutnya.

Pantauan wartawan di kawasan lokasi acara, penyambutan Obo Paskah ini didominasi dengan nuansa budaya Batak (putih, merah, hitam).
Menurut Kitman Malau, penyambutan Obor Paskah ini adalah pertama kalinya yang termegah dilaksanakan pemkab Samosir dengan harapan dapat memecahkan Rekor MURI.

"Melalui upaya menghimpun segenap elemen masyarakat kabupaten Samosir untuk manortor sepanjang 4 km, dengan jumlah penari Batak sebanyak 8.000 lebih peserta yang berbaris di sepanjang jalan simpang Limbong Sianjur Mulamula sampai ke lokasi Paskah Raya. Warga masyarakat juga Siswa/i SMA, SMP, SD dan ASN dilibatkan untuk ikut menari.

Antusias masyarakat sangat besar melihat arak arakan obor, walau dengan guyuran hujan gerimis, sekitar pukul 14.30 Wib, Kamis (26/04/2018) Obor Paskah tiba di Sigulatti lokasi Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba. Disaksikan warga yang sudah menunggu di lokasi, Bupati Samosir menyerahkan Obor Paskah kepada Wakil Bupati Juang Sinaga.

Selanjutnya, seorang Pendeta membacakan doa, sebagai ucapan syukur dan memohon kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati Tanah Batak serta terciptanya kedamaian seluruh umat manusia lintas agama di Indonesia.
"Berkatilah khususnya Tanah Samosir yang sudah mencetak sejarah baru dalam Obor Paskah Raya Nasional, Amin", sebut Pendeta.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia