KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
IPTEK

Sejuta Serangan terhadap Keamanan Internet Indonesia
Oleh : Rachmad Yuliadi Nasir | 21-Des-2011, 09:18:22 WIB

KabarIndonesia - Dalam rangka meningkatkan keamanan di infrastruktur strategis Indonesia yang menggunakan infrastruktur internet, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama ID-SIRTII melaksanakan "Diskusi Nasional Keamanan Infrastruktur Internet Strategis Indonesia".

Perkembangan dan kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi yang sedemikian pesat telah menyebabkan perubahan kegiatan kehidupan manusia dalam berbagai bidang secara langsung. Teknologi Internet saat ini telah dimanfaatkan oleh berbagai pihak baik pemerintah, akademisi, industri, institusi dan personal dalam mencari, mendapatkan, mengelola dan mengirimkan informasi. Nilai politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan dari informasi yang berjalan pada infrastruktur internet saat ini sangat tinggi sehingga meningkatkan potensi ancaman dan gangguan pada pemanfaatan dari teknologi internet itu sendiri.

Pada saat ini di Indonesia terjadi lebih dari satu juta serangan setiap harinya terhadap keamanan internet seperti tindakan menyadap transmisi yang terjadi antara satu pihak dengan pihak yang lain, tindakan yang mengakibatkan terjadinya pemutusan komunikasi antara dua  pihak yang seharusnya berinteraksi, dan tindakan lain yang berpotensi untuk menghancurkan informasi yang berjalan di atas infrastruktur internet. Kasus-kasus terkait insiden terhadap keamanan internet telah marak terjadi di Indonesia dan mengancam langsung pada infrastruktur strategis di Indonesia.

Kasus-kasus besar yang terjadi seperti Deface Situs Pemilu 2004, pencurian identitas dan data (sumber daya informasi) serta pembajakan akun (email, IM, social network) yang kebanyakan dilakukan untuk tujuan penipuan, kejahatan carding (credit card fraud), ATM/EDC skimming, hacking, cracking, phising (internet banking fraud), malware (virus/worm/trojan/bots), cybersquatting, pornografi, perjudian online, transnasional crime (perdagangan narkoba, mafia, terorisme, money laundering, human trafficking, underground economy) yang saat ini marak terjadi khususnya di Asia Pasifik. Kasus pencurian data pada CityBank dan Sony Corporation membuka mata kita bahwa serangan semakin terorganisir dan terfokus menyerang sarana ekonomi.

"Setiap penyelenggara telekomunikasi wajib memiliki sarana dan prasarana pengamanan dan melaksanakan kewajiban dalam rangka pengamanan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet nasional," kata Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring. Tercatat ada sepuluh infrastruktur strategis, yakni pemerintah; layanan publik pemerintah dan swasta; pertahanan, keamanan dan ketertiban; sumber daya alam, pertambangan dan energi; perhubungan darat, laut dan udara; keuangan, permodalan, dan perbankan; pelayanan pendidikan dan kesehatan; perdagangan, perindustrian, dan BUMN; telekomunikasi, media, dan penyiaran; serta karya seni, budaya, dan pariwisata.

Pola penyerangan bermacam-macam, seperti menyadap transmisi yang terjadi antara satu pihak dan pihak lain. Atau adanya tindakan yang mengakibatkan terjadinya pemutusan komunikasi antara dua pihak dan tindakan lain yang berpotensi menghancurkan informasi yang berjalan di atas infrastruktur internet. Salah satu kasus besar kejahatan internet ini adalah peretasan terhadap situs Pemilu 2004. Bahkan, situs Kemkominfo pun pernah diretas yang mengakibatkan situs tersebut tak beroperasi selama dua minggu.

Agar setiap institusi, lembaga, dan komunitas memberikan kewaspadaan terhadap pemanfaatan teknologi internet secara menyeluruh dan berkelanjutan terhadap pengelola dan pengguna internet. Penting melakukan koordinasi untuk mencegah dan menangani insiden ancaman dan gangguan terhadap jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet nasional. Kemenkominfo berencana membentuk Forum Koordinasi Penanganan Insiden Nasional terhadap infrastruktur internet untuk secara bersama-sama merumuskan, mendiskusikan, dan membagi informasi tentang pengamanan infrastruktur internet.

Keamanan terhadap infrastruktur Internet bukan hanya menjadi tugas dari Kementerian Komunikasi dan Informatika saja, akan tetapi menjadi tugas dari setiap pihak yang memanfaatkan teknologi tersebut. Keamanan infrastruktur internet di satu pihak tergantung dari keamanan infrastruktur internet di pihak lain. Kerjasama dan koordinasi mutlak diperlukan baik antara penyelenggara telekomunikasi, pengelola dan pengguna dari teknologi itu sendiri untuk bersama-sama meningkatkan keamanan pada infrastruktur internetnya. Pola komunikasi yang baik mutlak diperlukan dalam rangka baik pencegahan terhadap ancaman dan gangguan dan juga penanggulangan terhadap insiden yang terjadi dengan tujuan agar informasi yang berjalan di atas infrastruktur internet dapat terlindungi dengan baik. (*)




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/



 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia