KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
IPTEK

Media Sosial Berdampak Ganda bagi Masyarakat
Oleh : Rachmad Yuliadi Nasir | 13-Des-2011, 21:05:42 WIB

KabarIndonesia - Seperti kita ketahui bersama bahwa negara Indonesia adalah salah satu pengguna terbesar media sosial seperti facebook dan twitter. Keberadaan media sosial sebagai hasil dari revolusi teknologi informasi dan komunikasi, memiliki dampak positif sekaligus negatif yang harus diwaspadai. Saat membuka acara Konferensi Media Islam Internasional ke-2, di Jakarta, Wapres Boediono mengatakan, sisi positif dari keberadaan media sosial ini di antaranya membantu memperkuat masyarakat sipil.

Media sosial juga memungkinkan semua orang untuk bebas berekspresi, berbicara, termasuk mengkritik langsung dan secara terbuka terhadap pemerintah.Media sosial dapat menghasilkan manfaat yang besar bagi masyarakat. Ini adalah pengalaman di negara ini (Indonesia). Praktik demokrasi di Indonesia telah diperkaya oleh perkembangan media jejaring social. Melalui media sosial ini, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam upaya pemberantasan korupsi, reformasi birokrasi, mendorong penegakan hukum, menjaga proses demokrasi dan pemilu, serta memastikan tata pemerintahan yang baik. Keberadaan media sosial ini membawa Indonesia pada pemerintahan yang terbuka.

Wapres menggarisbawahi bahwa media sosial juga membawa dampak buruk, terutama bagi kaum muda dan anak-anak. Ada tiga potensi buruk dari media sosial yang mengancam generasi muda. Pertama, yakni pandangan ekstremis dan radikalisme yang mengarah pada perilaku merusak seperti bom bunuh diri dan tindakan kekerasan yang mengatasnamakan agama. Ancaman kedua adalah penyalahgunaan obat-obatan dan ketiga adalah pornografi dan seks bebas.

Potensi ancaman ini dapat dengan mudah diakses melalui media jejaring sosial, dalam jumlah yang besar setiap jam, setiap hari, dan mempengaruhi anak-anak kita. konferensi ini diikuti 400 peserta dari 24 negara. Sangat penting bagi orang tua dan guru, serta para pemuka agama untuk selalu mendampingi generasi muda dalam penggunaan media sosial.

Sementara itu, Menteri Agama Suryadharma Ali dalam acara Konferensi Media Islam Internasional (KMII) ke-2 menyampaikan salah satu manfaat dari media sosial adalah mempercepat akses masyarakat terhadap informasi. Melalui KMII ke-2 ini diharapkan dapat melahirkan paradigma baru dalam menyikapi perkembangan informasi yang mampu memberikan manfaat pada umat Islam.

Konferensi ini semoga mampu menguatkan kerjasama dan hubungan antar kita umat Islam, selain itu, juga terjadi penguatan-penguatan peran Media Islam, terutama di negara-negara mayoritas Islam.

Saat ini Liga Arab juga konsen pada bidang media,Penguasaan media sangatlah penting, karena dapat memberitakan kejadian-kejadian yang sebenarnya, terutama hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Saat ini, media-media di dunia, didominasi suatu kelompok yang mempunyai tujuan-tujuan tertentu dan sangat subyektif, dampaknya, berita yang dipublikasikan jauh dari kenyataan yang sebenarnya. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan dunia Muslim. (*)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia