KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
IptekEfek Jera dalam Pesan Moral Pemenang Astra Road Safety Challenge 2017 oleh : Wahyu Ari Wicaksono
23-Sep-2017, 22:46 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Efek jera! Itulah kira-kira pesan moral yang tertuang dengan jelas dalam alat modifikasi yang dapat memberikan peringatan dini kepada pelanggar rambu dilarang parkir dan berhenti racikan Melati Dyah Kumalasari dan kelompoknya.

Alat modifikasi yang diberi nama
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
KOMUNIS 23 Sep 2017 03:41 WIB

Kisah Negeri Antah Berantah 22 Sep 2017 09:23 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

AIPI Serahkan Rekomendasi Pengembangan Sains, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

 
IPTEK

AIPI Serahkan Rekomendasi Pengembangan Sains, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Oleh : Rohmah Sugiarti | 16-Mei-2017, 11:15:37 WIB

KabarIndonesia - Di abad ke-21, Indonesia menghadapi tantangan besar dalam bidang ekonomi, sosio-demografi, dan tata-pemerintahan, tapi sekaligus punya peluang besar untuk menjadi salah satu ekonomi besar dunia jika mampu mengatasiberbagaihambatan yang dihadapi.

Mampukah Indonesia mentransformasi dirinya dari negara berpendapatan menengah papan bawah menjadi negara maju berpendapatan tinggimenuju 100 tahun kemerdekaannya?

Mampukah Indonesia keluar dari ancaman jebakan negara berpendapatan menengah melalui pembangunan inklusif yangdapat mengatasi kesenjangan ekonomi?

Dapatkah Indonesia memanfaatkan bonus demografi dengan menyediakan pendidikan yang tepat serta lapangan kerja yang mampu menghasilkan kesejahteraan bagi seluruh bangsa?

Apakah Indonesia sudah berada di jalan yang tepat dalam menciptakan kemampuan sains, teknologi, dan pendidikan tinggi guna membangun ekonomi nasional berbasis peningkatan total factor productivity? Apakah pendidikan tinggi Indonesia siap menghadapi dampak perkembangan sains dan teknologi yang berdampak pada berbagai aspek sistem pendidikan tinggi?

Untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) --didirikan pada tahun 1990 di bawah Undang-undang Republik Indonesia No. 8/1990 tentang Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, menyambut permintaan Menteri Ristek, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, untuk mengkaji kebijakan tentang pengembangan sains, teknologi, dan pendidikan tinggi di Indonesia menuju 2045 dalam dua buku berjudul: "Buku Putih Sains, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Menuju Indonesia 2045" serta  "Era Disrupsi: Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia"

Kedua buku tersebut diluncurkan pada Jumat, 12 Mei 2017 dan diserahkan kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). “Kami berharap rekomendasi yang kami berikan dapat membantu pemerintah menyusun kebijakan bagi pengembangan sains, teknologi, dan pendidikan Indonesia agar Indonesia semakin maju,” ujar Ketua AIPI, Sangkot Marzuki.

Buku Putih Sains, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Menuju Indonesia 2045 adalah masukan kepada pemerintah untuk mendukung penyusunan Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) 2015-2019 dan periode selanjutnya sampai 2045 yang sedang difinalisasi oleh Kementerian Ristekdikti. Buku ini diharapkan dapat memberikan arahan jangka panjang bagi penyusunan RIRN selama 3 dekade ke depan, yang selalu akan dievaluasi dan disempurnakan, sesuai dengan tuntutan perubahan zaman serta tantangan yang dihadapi Indonesia.
 
Buku putih yang disusun selama lebih dari satu tahun ini menyoroti kondisi sains, teknologi, dan pendidikan tinggi di Indonesia, belajar dari pengalaman negara-negara yang berhasil mengembangkan sains dan teknologi sebagai faktor pendorong kemajuan ekonomi mereka.

Berbagai tantangan yang dihadapi Indonesia, termasuk di bidang perekonomian, pendidikan, kesehatan, dan kependudukan, turut dibahas. Sebagai penutup, disusunlah rekomendasi kebijakan agar Indonesia mampu keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah dan mampu mengembangkan sains, teknologi, serta pendidikan tinggi, untuk bertransformasi menjadi negara maju.
 
Sementara itu, buku Era Disrupsi: Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia yang disusun oleh Komisi Ilmu Sosial AIPImemberikan rekomendasi untuk menghadapi dampak perubahan ilmu pengetahuan pada pendidikan tinggi Indonesia.

Buku tersebut mengupas lebih dalam tantangan yang dihadapi untuk mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia, dengan menganalisa berbagai aspek kelembagaan dan komponen pendidikan tinggi, termasuk peran perguruan tinggi; disiplinaritas; pengajaran dan kurikulum; penelitian; serta kaitannya dengan mahasiswa, sumber daya manusia, serta keuangan dan pendanaan.

Berbagai tantangan dan rekomendasi yang disajikan di dalamnya juga didapatdarirangkaian seminar yang diselenggarakan AIPI bersama sejumlah perguruantinggi di Yogyakarta, Bandung, Malang, Ambon, Sorong, danKupang.
 
Buku Putih Sains, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Menuju Indonesia 2045 serta buku Era Disrupsi: Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia disusun atas dukungan dari Knowledge Sector Intiative (KSI), sebuah kerja sama antara Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia dan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia untuk mendorong pemanfaatan pengetahuan dalam penyusunan kebijakan. Informasi lebih lanjut mengenai KSI dapat diakses di www.ksi-indonesia.org. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kemeriahan Pembukaan HUT ke-60 Astra di Medanoleh : Rohmah Sugiarti
22-Sep-2017, 21:47 WIB


 
  Kemeriahan Pembukaan HUT ke-60 Astra di Medan Gubsu H.T. Erry Nuradi, didampingi Direktur PT Astra International Tbk Suparno Djasmin, Dan POM Kodam I Bukit Barisan Kol. CPM Sudarma Setyawan, Staf Ahli Pangdam I Bukit Barisan Kol. Zeni Muslim Jaya, Wakil Dirlantas Polda Sumut AKBP Marcelino Sampouw, CCFA
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia