KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
EKONOMI

Workshop Pembentukan Pembinaan dan Pengelolaan BUMDes di Kabupaten Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 13-Mar-2018, 16:35:26 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Bertempat di aula hotel Grand Dainang, Aek Rangat kelurahan Siogung-ogung pada hari Senin (12/03/2018), Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa (BPPAMD) kabupaten Samosir, Rawaty Simbolon SPd, membuka acara Workshop Pembentukan, Pembinaan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Bupati Samosir dalam bimbingan dan arahannya saat membuka workshop menegaskan agar masyarakat khususnya aparatur desa dapat benar-benar memanfaatkan serta mengelola BUMDes dengan baik. "Banyak potensi yang ada di desa masing-masing untuk dikelola dalam sebuah wadah BUMDes. Untuk itu saya harapkan masyarakat selayaknya berpartisipasi dalam mengelola BUMDes ini," tegasnya.

Pada kesempatan itu juga Bupati menghimbau agar para Narasumber dapat menjelaskan dengan baik arti dan makna serta pengelolaan BUMDES ini di desa masing-masing, sehingga masyarakat atau pengelola BUMDES dapat bekerja semaksimal mungkin untuk mengelolanya.

Pada sesi pemaparan, Yaris Nasution, nara sumber yang didatangkan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Sumatera Utara, mengatakan bahwa tujuan didirikannya BUMDes adalah agar masyarakat desa dapat mengelola potensi desa masing-masing yang layak untuk dijadikan sebagai pendapatan dan peningkatan ekonomi desa dan hasilnya untuk desa itu sendiri namun harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Misalnya ada berbagai jenis usaha yang layak dikelola dan lokasinya berada di wilayah desa itu sendiri, seperti pengelolaan hasil pertanian, pengelolaan tempat wisata, koperasi simpan pinjam, pengelolaan aset desa seperti hand traktor dan peralatan mesin lainnya sesuai kebutuhan masyarakat." jelas Nasution.

Ditambahkannya, Dinas PPAMD kabupaten Samosir diharapkan agar membantu masyarakat desa atau pengelola BUMDes dalam hal pengurusan izin usaha, baik SIUP, TDP, ataupun perizinan lainnya, sehingga dapat terjalin komunikasi yang baik antara pengelola BUMDes dengan Dinas terkait.

Monang Sianipar (Pendamping Desa) yang juga bertindak sebagai narasumber, memaparkan bahwa pembuatan BUMDES harus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku dan mengacu pada Peraturan Kementerian Desa Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Dalam Permendes tersebut disebutkan harus ada dokumen pembuatan BUMDes melalui Peraturan Desa seperti:
- Berita acara persetujuan Badan Permusyaratan Desa (BPD) dengan Kepala Desa.
- Berita acara musyawarah desa tentang sosialisasi BUMDes.
- Berita Acara musyawarah pembentukan BUMDes.
- Berita Acara musyawarah desa, penetapan proses pendirian BUMDes dan SK pelaksana.
- Surat Keputusan (SK) organisasi pengelola BUMDes
- Keputusan Kepala Desa tentang AD/ART
- Standar Operasional Prosedur (SOP) unit usaha, dan
- Minimal 1 unit usaha BUMDes.

Sementara itu, Kepala Subbidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Dinas PPAMD kabupaten Samosir menyimpulkan agar para pengelola BUMDes sebaiknya mengundang Dinas PPAMD dalam hal pembentukan dan pengelolaan BUMDES sehingga pengelolaannya dapat terlaksana dengan baik.

Dari ratusan desa di kabupaten Samosir, sebanyak 32 BUMDes sudah terbentuk, pengelolaan keuangannya harus terlaksana dengan baik, transparan dan akuntabel sehingga bisa terperinci laporan neraca keuangan BUMDes dengan jelas.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia