KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKapolri Terbitkan Maklumat Cegah Klaster Baru Covid-19 Terutama di Pilkada 2020 oleh : Danny Melani Butarbutar
21-Sep-2020, 15:35 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Maklumat untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Maklumat Kapolri bernomor Mak/3/IX/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

"Jadi
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Tiga Pilar Sukses Investasi Saham Ala Elder

 
EKONOMI

Tiga Pilar Sukses Investasi Saham Ala Elder
Oleh : Setyo Sudirman | 26-Aug-2020, 07:15:54 WIB

KabarIndonesia - Dewasa ini ada anggapan dan keyakinan keliru para investor saham bahwa metode investasi adalah satu-satunya senjata ampuh untuk mendulang cuan terus menerus dalam investasi saham. Mereka ini biasanya mengagung-agungkan yang namanya metode investasi, entah analisis fundamental atau teknikal, yang dianggap menjadi "raja" mendapatkan cuan yang maksimal.

Banyak yang beranggapan bahwa metode investasi mulai dari analisis fundamental atau teknikal itu segala-galanya. Faktanya, analisis fundamental dan teknikal yang tajam tak menjamin orang terus-terusan mendapatkan cuan dalam saham.

Metode bukan satu-satunya yang paling berperan dalam menentukan keberhasilan seseorang dalam investasi saham. Logikanya, kalau metode menjadi segala-sagalanya, seharusnya orang-orang jenius jebolan Oxford, Harvard, Standford dan kampus-kampus ternama di dunia sudah menemukan formula sakti untuk menjadi kaya dari investasi.

Fakta di lapangan berkata lain. IQ tinggi tidak menjamin sukses seseorang dalam berinvestasi saham. Justru sebaliknya, mereka yang dikategorikan sebagai orang biasa juga banyak yang sukses dalam berinvestasi saham.

Pertanyaannya kini, kenapa bisa demikian? Dr. Alexander Elder dalam bukunya "Come Into My Trading Room" menguraikan 3 pilar untuk sukses Trading For a Living yang tidak melulu berpusat pada Metode.

Diuraikannya, selain Method masih ada 2 lainnya yakni Mind (dimensi psikologi) dan Money (dimensi manajemen duit).

Dalam paparannya terkait Mind dalam kerangka dimensi psikologi Elder mengurai pentingnya psikologi seorang investor saham akan potensi risiko sekaligus cuan dalam investasi sahamnya. Seorang investor saham harus siap dengan dua potensi ini alias tak melulu hanya siap untuk cuan, tetapi tidak siap untuk menerima potensi risiko kerugian.

Psikologi sangat penting. Bahkan, mayoritas investor pemula tidak bisa naik kelas menjadi investor saham intermediate (apalagi mahir) karena mereka tidak pernah memikirkan aspek psikologis main saham.

Psikologi dalam investasi juga menyiratkan pentingnya kemampuan mengendalikan emosi. Pengendalian emosi dalam investasi itu penting karena investasi saham itu nggak boleh asal-asalan mengikuti emosi karena terpengaruh ajakan pihak lain atau karena kondisi pasar saham yang sedang digoreng.

Selanjutnya terkait Money tentu saja terkait dengan manajemen duit itu sendiri. Baik juga dalam memanajemen duit, investor konsisten dengan tujuan keuangannya. Jika demikian maka duit akan benar-benar diperuntukkan sesuai tujuan investasi dan jangka waktu pencapaiannya. Money management yang kurang proporsional menyebabkan hasil akhir yang tidak maksimal.

Pun dalam investasi saham penting pula menggunakan uang dingin (idle money) sebagai bagian dari manajemen keuangan yang sehat agar investasi saham yang dilakukan tidak merecoki atau mengganggu kesehatan keuangan secara keseluruhan.

So, dalam pandangan Elder 3M: Method, Mind dan Money harus selaras dalam investasi saham yang saat ini sudah sangat mudah, semisal melalui aplikasi IPOT besutan Indo Premier, alias tidak ada yang lebih penting satu dari yang lainnya.

Elder mengibaratkan keselarasan ketiganya ini seperti kursi berkaki-tiga yang jika dicopot salah satunya maka akan mengacaukan posisinya. Method (metode trading), Mind (psikologi trading) dan Money (manajemen duit) adalah satu kesatuan yang wajib dimiliki investor saham jika ingin sukses dalam investasinya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia