KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalDI ATAS LANGIT ADA LANGIT oleh : Tonny Djayalaksana
23-Aug-2019, 14:03 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pengacara 02 dalam Sidang Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) yaitu Bambang Widjojanto seperti menyimpan agenda tersendiri. Hal itu terlihat dari kejanggalan-kejanggalan yang saya ungkapkan sebelumnya.

Sidang pun berlanjut dengan acara mendengarkan saksi dan ahli dari
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Tantangan Industri Kelapa Sawit Indonesia

 
EKONOMI

Tantangan Industri Kelapa Sawit Indonesia
Oleh : Bang Rachmad | 24-Jul-2019, 14:37:38 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Daerah Aceh terkenal dengan kesuburan tanahnya. Banyak rakyat Aceh yang hidup dengan bertani. Salah satunya adalah dengan menanam kelapa sawit.

Patut disyukuri ternyata Indonesia dan negara tetangga Malaysia menyuplai 85 persen kebutuhan sawit dunia. Tahun 2018, produsi CPO Indonesia membubung tinggi di angka 45 juta ton, naik secara signifikan dibanding tahun 2017 pada angka 41,95 juta ton. Perubahan harga TBS cukup tinggi dari sebelumnya harga sawit per kg bisa menyentuh Rp. 1.500 pada awal semester tahun ini.

Menurunnya produksi dan tingginya nilai tukar rupiah terhadap dollar menekan importir asal Cina dan India untuk mengurangi pasokan CPO ke negara mereka. Sebagai dampaknya, harga kelapa sawit dari petani ke pengepul akan sangat murah yaitu hanya berkisar Rp. 1000 s/d Rp. 1.200. Harga ini bukan harga yang dipatok untuk penjualan TBS ke Pabrik.

Harga kelapa sawit per kg hari ini termasuk lebih baik dari semester pertama tahun ini. Harga sempat anjlok menyentuh angka Rp. 600 per kg yang menyebabkan banyak sekali petani lokal yang menjerit. Beberapa petani dengan tanggungan setoran bulanan seperti kredit di Bank banyak yang mengeluh.

Ketua Gapki Aceh, Sabri Basyah, sangat berharap bahwa Industri kelapa sawit juga dapat menjadi solusi masalah pengangguran. Industri kelapa sawit bisa menjadi sarana pengentasan kemiskinan di Aceh.
Perkebunan kelapa sawit di Indonesia tidak dikuasai oleh pengusaha besar semua. Namun juga dimiliki petani kecil, yang juga membutuhkan perhatian terhadap sektor perkebunan ini.

Harga Crude Palm Oil (CPO) global merangkak naik bulan kedua pada 2019 kembali bergerak positif. Hal ini ditunjukkan kenaikan rata-rata bulanan sebesar 5%, dari US$ 530,70 per metrik ton di Januari meningkat US$ 556,50 per metrik ton. Pada Februari harga CPO global beranjak mulai dari US$ 542,50-US$ 572,50 per metrik ton. Naiknya harga CPO global didorong berkurangnya stok minyak sawit di Indonesia dan Malaysia serta minyak nabati lain di beberapa negara produsen.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Pusat bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh menggelar Seminar Peningkatan Kompetensi Wartawan dan Humas Pemerintah tentang industri kelapa sawit Indonesia. Seminar yang bertemakan Pengembangan Industri Kelapa Sawit Menuju Kemandirian Energi, dibuka Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman. Dalam seminar terkait perkembangan industri kelapa sawit Indonesia, di Hotel The Pade, Aceh Besar, Rabu 17/07/2019.

Tofan Mahdi pengurus Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Pusat mengatakan bahwa isu negatif terhadap kelapa sawit di Indonesia dipengaruhi oleh persaingan minyak nabati dunia antara Eropa dengan Indonesia. Akibatnya merugikan komoditas sawit dalam negeri. Padahal dalam beberapa tahun terakhir, minyak nabati yang paling unggul di dunia adalah minyak kelapa sawit.

Isu negatif terhadap sawit itu tidak terlepas dari persaingan minyak nabati itu. Sejak 2007 minyak nabati dunia yang paling unggul adalah minyak sawit. Sumber sawit dunia itu adalah Indonesia dan Eropa (minyak nabati lainnya seperti minyak kedelai, minyak bunga matahari dan lainnya)

Saat ini di Aceh ada 400.000 Ha lahan sawit yang tersebar di 12 kabupaten. Ada 51 persen kebun rakyat, 49 persen lagi diurus 39 perusahaan yang tergabung dalam Gapki Aceh, ada 100.000 Ha yang diurus dari 400.000 Ha tersebut.

Industri kelapa sawit dapat menyerap banyak tenaga kerja sehingga dapat menekan angka pengangguran. Pada Bulan Juli 2019 di Aceh harga jual sawit perkilogramnya mencapai harga Rp 1.380. Data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), dari 14 juta hektare sawit di Indonesia, 41 persen di antaranya dimiliki rakyat. Sisanya 51 persen milik perusahaan besar swasta. Selanjutnya, 8 persen milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketua Gapki Aceh, Sabri Basyah sangat berharap bahwa industri kelapa sawit juga dapat menjadi solusi masalah pengangguran. Industri kelapa sawit bisa menjadi sarana pengentasan kemiskinan di Aceh.

Kerjasama kemitraan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) belum optimal karena banyak hutang dengan pedagang pengumpul, PKS belum menyebar merata, dipanen terlalu muda, serta berbagai perilaku negatif petani lainnya akibat kurangnya pemahaman kelapa sawit. Tidak semua pemain industri kelapa sawit yang bergabung dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), tetapi bila ada masalah baru curhat ke Gapki. Perkebunan kelapa sawit di Indonesia tidak dikuasai oleh pengusaha besar semua. Namun juga dimiliki petani kecil yang juga membutuhkan perhatian terhadap sektor perkebunan ini.

Pada saat ini adalah saat yang tepat untuk mempercepat program peremajaan kebun sawit/replanting untuk menjaga keseimbangan stock. 
Replanting akan mengurangi produksi untuk beberapa tahun ke depan, Indonesia akan memperbaiki produktivitas dan efisiensi dalam jangka panjang. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Apakah (Cukup) Anda Senang? 16 Aug 2019 11:04 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia