KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Pelatihan Menulis Online Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPenguasaan Lahan Oleh Pejabat dan Konglomerat oleh : Kabarindonesia
19-Feb-2019, 17:33 WIB


 
 
KabarIndonesia - Capres 2014 dan 2019 Prabowo Subianto membenarkan, dia menguasai 220.000 hektar di Kalimantan Timur dan 120.000 hektar di Aceh. Dia membenarkan. Dia pun pantas kesal dan iri, seputar maraknya penguasaan lahan oleh korporasi dan larinya uang ke asing.
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sesal 21 Feb 2019 18:13 WIB

Aku Butuh Sedikit Ruangmu 21 Feb 2019 18:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Sosialisasi Teknologi Tepat Guna di Dunia Perbankan

 
EKONOMI

Sosialisasi Teknologi Tepat Guna di Dunia Perbankan
Oleh : Bintang Purnomo | 27-Jun-2018, 05:42:10 WIB

KabarIndonesia - Cash Recycle Machine atau disingkat CRM adalah penyempurnaan dari CDM (Cash Deposit Machine) atau akrab disapa mesin setor tunai. Dalam perkembangan teknologi di dunia perbankan, CRM adalah penggabungan dari ATM dan CDM, dan CRM bisa digunakan untuk tarik dan setor tunai dan juga transaksi non tunai seperti transfer dan melakukan pembayaran online yang akan memudahkan nasabah untuk bertransaksi dalam satu mesin.

Sebagian masyarakat luas mungkin sudah familiar dengan mesin tersebut apalagi kaum milenial yang memang terbiasa dengan melakukan transaksi online dalam kehidupan sehari-hari. Terlepas dari paham atau tidaknya nasabah dalam pengoperasian CRM, mesin ini sangat memudahkan nasabah. Namun tentunya perbankan harus mempunyai cara untuk sosialisasi pengoperasian mesin tersebut agar teknologi bisa diserap oleh masyarakat luas khususnya nasabah bank itu sendiri.

Bagi yang sudah terbiasa melakukan transaksi di ATM dan CDM mungkin tidaklah sulit beradaptasi dengan CRM, perlu digaris bawahi bahwa nasabah bank tidak semuanya akrab dengan teknologi. Dengan adanya CRM di titik-titik keramaian seperti pasar, mall dan pusat keramaian lainnya sangat membantu nasabah dalam bertransaksi diluar jam operasional Bank, apalagi disaat Bank libur panjang menjelang hari raya Iedul Fitri. Bayangkan dalam situasi libur panjang dan harus mengirim uang namun saldo di rekening tidak mencukupi tentunya CRM mempunyai peranan penting dalam transaksi perbankan.Yang paling sering kita jumpai di pusat keramaian adalah CRM Bank BCA seperti yang terlihat di foto terdapat 7 CRM di mall Botani Bogor Jawa Barat.

Selain penggunaan tarik dan setor tunai di CRM masih banyak fitur-fitur transaksi non tunai seperti transfer, pembayaran, pembelian pulsa seluler maupun token listrik yang masih banyak ditemui nasabah belum paham dalam penggunaan fitur-fitur tersebut. Ada baiknya pihak perbankan lebih gencar bersosialisasi pengoperasian semua menu CRM kepada nasabah agar pelayanan perbankan berbasis teknologi bisa tepat sasaran dan menjadi teknologi tepat guna.

Berikut tips penggunaan CRM yang aman :Perhatikan petunjuk penggunaan yang ada di layar CRM dalam bentuk audio visual.Jangan malu bertanya kepada petugas yang ada disekitar tentang cara penggunaan jika belum terbiasa atau baru pertama kali menggunakan.Pastikan setelah transaksi jangan ada yang tertinggal di mesin seperti uang, kartu ATM dan barang-barang yang biasanya kita taruh di atas mesin pada saat transaksi.Usahakan tidak melebihi 30 lembar dalam sekali transaksi setor tunai untuk meminimalisir uang tersangkut atau gagal transaksi.Jika terjadi kendala seperti uang tersangkut atau pun kartu tertelan segera hubungi call center resmi yang tertera di layar.
Semoga dengan semakin berkembangnya teknologi perbankan dapat memudahkan kita dalam bertransaksi.(*)    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Marc Marques Juara Dunia MotoGP 09 Feb 2019 02:01 WIB


 

 
 

 

 

 

 
Agama Penyadaran 21 Feb 2019 18:15 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia