KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahPemprov Jateng Keliru Tafsirkan UU Kebudayaan oleh : Gunoto Saparie
16-Jan-2018, 22:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dinilai keliru dalam menafsirkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-undang tersebut mengamanatkan pembentukan Lembaga Wali Amanat (LWA), namun pemprov justru memfasilitasi pendirian Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).  
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
Sekeping hati 06 Jan 2018 16:05 WIB

 

 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
EKONOMI

Rokok Elektrik Ciptakan Lapangan Kerja Baru
Oleh : Zohiri Kadir | 08-Des-2017, 16:31:36 WIB

KabarIndonesia - Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI)menyebutkan  saat ini sudah tercatat sedikitnya sudah ada 3.500 toko vape atau lebih dikenal dengan rokok elektrik yang ada di dalam negeri sebagai konsekuensi dari bisnis vape yang sedang tumbuh. 

Pada 2017, bisnis vape  terus berkembang. Di Jakarta sedikitnya diperkirakan ada 40.000 pengguna vape. Konsumsi cairan vape saat ini juga sudah menembus 40.000 botol per bulan. Kepala Humas APVI Romedal mengatakan dalam sebuah acara Event Vape di Jakarta, Minggu (3/12/2017) dari segi keuangan vape akan menjadi industri kreatif yang mensupport hasil perkebunan dari semua lini.

Terhitung estimasi jumlah pedagang vape di Indonesia mencapai 3.500 penjual. 3500 ini apabila kita asumsikan memiliki masing-masing 3 orang pekerja saja maka sudah membuat 10.000 lapangan pekerjaan baru. Selain itu penjualan liquid ini memicu potensi omset Indonesia mencapai 4-5 triliun pertahun, kata Rhomedal.  Rhomedal berharap dengan adanya kebijakan pengenaan cukai 57 persen pada cairan (liquid) vape mulai Juli 2018, akan memberikan pengakuan terhadap bisnis ini. 

Tentunya, lanjut Rhomedal, kebijakan tersebut akan lebih lengkap jika disertai oleh aturan turunan lainnya terkait bisnis ini seperti yang dilakukan oleh negara lain. "Misalnya, pengaturannya tidak hanya masalah cukai semata dan diikuti oleh penjelasan tentang penjualan, distribusi, ukuran, detail bahan, dan lainnya," jelasnya. 

Dengan adanya kebijakan yang jelas tersebut, kata Rhomedal, akan memberikan kepastian usaha dan meminimalisir terjadinya tindak penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. "Asosiasi sendiri terus melakukan kampanye, promosi dan sosialisasi agar pengusaha dan konsumen dalam bisnis ini, mengikuti regulasi dan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah," ungkapnya. 

Sebagai informasi, pemerintah telah menetapkan cukai bagi cairan (liquid) vape dengan besaran 57 persen mulai 1 Juli 2018. Ketentuan ini terdapat dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 146 Tahun 2017, cairan (liquid) vape dinilai sudah sesuai dengan objek cukai yang mengacu pada Undang-undang (UU) Nomor 39 Tahun 2007. Dari segi kesehatan , dari hasil penelitian di luar negeri, bahwa Vape 95% lebih aman/ sehat dibandingkan rokok bakar, ini pernyataan dari Public Health of England. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Belajar Menjadi Orang Kaya 16 Jan 2018 08:56 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 
 
 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia