KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiPerpanjangan Masa Pendaftaran PMOH oleh : Redaksi-kabarindonesia
23-Feb-2018, 06:20 WIB


 
 
KabarIndonesia - Untuk memberikan kesempatan kepada mereka yang baru saja mengetahui mengenai pendaftaran PMOH Tahun Ajaran X, 2018, maka manajemen PMOH akan memperpanjang masa pendaftaran hingga 26 Februari 2018. Harapan manajemen PMOH agar mereka memiliki waktu cukup untuk melengkapi persyaratan pendaftaran.
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penghianat 22 Feb 2018 12:07 WIB

Dengarkan Kami 22 Feb 2018 12:05 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Pendapatan Transfer Penyumbang Terbesar Penerimaan APBD Pangkalpinang

 
EKONOMI

Pendapatan Transfer Penyumbang Terbesar Penerimaan APBD Pangkalpinang
Oleh : Rahma Nurhamidah | 23-Nov-2017, 15:34:11 WIB

Kabar Indonesia - Untuk mendukung pembangunan suatu daerah, dana dapat diperoleh dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pangkalpinang mencatat bahwa pada tahun 2016 realisasi penerimaan APBD mencapai 1.089 Miliar rupiah. Pendapatan terbesar bersumber dari transfer dengan kontribusi sebesar 83 persen. Bahkan kontribusinya 6 kali lipat lebih besar dibandingkan pendapatan asli daerah.
 
Pendapatan transfer memberikan sumbangsih terbesar dalam penerimaan ABPD Kota Pangkalpinang tahun 2016. Transfer pemerintah pusat atau dikenal dengan dana perimbangan merupakan penyumbang terbesar dalam besarnya kontribusi pendapatan transfer, dengan besar kontribusi sebesar 90,71 persen. Apabila dilihat dari komponen pendapatan yang bersumber dari dana perimbangan, transfer yang ditujukan untuk dana alokasi umum (DAU) memberikan kontribusi terbesar yaitu 60,78 persen. Transfer yang ditujukan pemerintah pusat untuk DAU 2 kali lipat lebih besar dibandingkan peruntukan dana alokasi khusus (DAK). 
Penerimaan daerah dari DAU dengan jumlah yang lebih besar dari PAD megindikasikan adanya fenomena ilusi fiscal di Pangkalpinang. Pemerintah daerah justru semakin menggantungkan diri pada DAU daripada mengupayakan peningkatan Penerimaan Asli Daerah (PAD). Pemerintah pusat ataupun masyarakat ‘tidak menyadari' bahwa mereka memberikan kontribusi (baik dana transfer, maupun pajak/retribusi daerah) yang lebih besar dari yang sebenarnya dibutuhkan oleh pemerintah daerah. Hal ini dapat diindikasikan oleh realisasi pengeluaran sejumlah 12 miliar lebih besar dibandingkan pendapatan.
Realisasi pengeluaran Kota Pangkalpinang mencapai 990 miliar pada tahun 2016. Apabila dilihat dari jenis pengeluarannya, pendapatan pemerintah mayoritas dikeluarkan untuk belanja operasi yaitu sebesar 652 miliar rupiah. Pengeluaran tersebut umumnya ditujukan untuk belanja barang yaitu sebesar 180 miliar rupiah.(*)   

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEKoleh : Rohmah Sugiarti
12-Feb-2018, 22:21 WIB


 
  Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEK Menteri Komunikasi & Informasi RI Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), Chief Executive Officer & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto bersama seusai konferensi pers
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Konsisten Pegang Teguh Netralitas 15 Feb 2018 23:19 WIB


 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Nasehat Mengelola Amarah 04 Feb 2018 11:15 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia