KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPresiden Jokowi: Awasi Penyaluran Bansos, Libatkan KPK, BPKP Dan Kejaksaan oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Mei-2020, 13:27 WIB


 
  KabarIndonesia Mengutip infoKABINET.id, dikabarkan bahwa terkait penyaluran bansos terkait pandemi covid-19 yang ditengarai salah sasaran dan diduga disalahgunakan, Presiden Jokowi secara tegas meminta untuk diawasi.

“Untuk sistem pencegahan, minta saja didampingi dari KPK, BPKP, atau dari Kejaksaan. Kita
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

Selamat Malam Kehidupan 25 Apr 2020 14:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Pemerintah Diminta Bersikap Adil Terhadap Rokok Electrik

 
EKONOMI

Pemerintah Diminta Bersikap Adil Terhadap Rokok Electrik
Oleh : Zohiri Kadir | 11-Okt-2019, 08:04:23 WIB

KabarIndonesia - Sampai saat ini pemakaian rokok electric masih simpang siur, apakah rokok electric ini sehat atau tidak. Kementerian Kesehatan belum secara tegas mengeluarkan aturan pemakaian rokok electric ini.
Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) dalam pertemuan dengan para media di kawasan Kemang, Jakarta Selatan (9/10/2019)  meminta pemerintah lebih adil dalam memperlakukan industri liquid rokok elektrik (Vape). 
"Kita berharap ada regulasi-regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah yang berpihak pada kita," ujar Ketua Assosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) Aryo Ardyanto tentang pemberitaan kematian akibat Vape. 
Aryo Ardyanto  mengatakan bahwa jumlah kematian akibat Vape tidaklah sebanyak yang diakibatkan rokok konvesional, dimana Vape ini adalah sebagai rokok alternatif rokok konvensional. Perbedaan perlakuan bisa dilihat dari beberapa hal. Dalam hal pembebanan cukai misalnya, cukai yang dibebankan kepada rokok elektrik saat ini mencapai 57%. 
Sementara itu, cukai yang dibebankan kepada rokok konvensional tidak sampai setengahnya. Senada, penasehat Asosiasi Vaporizer Indonesia, Dimasz Jeremia mengatakan penetapan besaran cukai rokok seharusnya ditentukan berdasarkan tingkat emisi yang dihasilkan oleh produk. Dalam hal ini, rokok elektrik cairan yang diklaim memiliki tingkat emisi lebih rendah dibandingkan rokok konvensional dinilai pantas dikenai besaran cukai yang lebih rendah pula.
Namun demikian, Dimasz menilai pemerintah cenderung belum mengakui manfaat serta keunggulan yang dimiliki oleh rokok elektrik dibanding rokok konvensional dari segi kesehatan. Padahal Dimasz menilai pasar industri rokok elektrik cairan memiliki potensi yang sangat besar untuk terus berkembang. 
Pada tahun 2013 Ia mencatat bahwa jumlah pengguna rokok elektrik cairan hanya mencapai ratusan pengguna saja. Namun demikian, angka tersebut meningkat drastis hingga sekitar tujuh jutaan pengguna per 2018. "Kalau itu (manfaat kesehatannya) sudah diakui, (pasarnya) meledak itu pasti" jelas Dimasz. 
Meski begitu, Dimasz mengakui bahwa porsi penguasaan pasar rokok elektrik cairan dalam pasar rokok keseluruhan memang terbilang masih kecil, yakni belum mencapai 1% dari total jumlah perokok. Pelaku industri rokok elektrik cairan mengapresiasi hadirnya aturan cukai terhadap produk rokok elektrik. "Karena adanya regulasi malah akhirnya positif, artinya marketnya bagus karena muncul kepercayaan," ujar produsen cairan rokok elektrik Emkay Brewer, Eko . 
Menurut pengakuan Eko, angka rata-rata penjualan cairan rokok elektrik Emkay Brewer sebelum diberlakukannya aturan cukai rokok elektrik berkisar di antara 70.000-120.000 botol. Angka ini kemudian meningkat menjadi 500.000 botol per bulan setelah adanya aturan cukai rokok elektrik. Hal yang serupa juga dialami oleh sebuah distributor rokok elektrik cairan bernama Jakarta Vapor Shop (JVS). 
Pemilik JVS, Budiyanto mengatakan angka penjualan rata-rata cairan rokok elektrik meningkat sebesar 200%menjadi 20.000 botol per bulan setelah adanya aturan cukai rokok elektrik aturan cukai rokok elektrik.Hanya saja, memang diakui bahwa pembebanan cukai yang ada saat ini membuat margin keuntungan yang diperoleh olah pelaku rokok cairan elektrik menjadi semakin berkurang.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
BACA ALKITAB ITU MENYEHATKAN 23 Mei 2020 12:40 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia