KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
EKONOMI

Peluncuran Beras Segar Kemasan 5 Kg Produksi Gapoktan di Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 10-Jun-2018, 09:55:39 WIB

KabarIndonesia - Samosir, "Saya menyampaikan rasa apresiasi yang mendalam atas keberhasilan Gapoktan Lestari dan Poktan Sioloi Poda membuat hasil pertanian beras dalam bentuk kemasan 5 kilogram dan layak untuk dijual kepada masyarakat di desa masing-masing." sebut Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga dalam sambutannya pada saat peluncuran beras medium kemasan 5 kg di desa Sibonor Ompuratus kecamatan Nainggolan, Jumat (8/6/2018).

"Ini merupakan yang pertama di kabupaten Samosir dan saya berharap penjualan beras ini menghasilkan keuntungan yang besar dalam penyalurannya ke masyarakat, sehingga dapat mengembalikan modal dasar sejak memulai penanaman bibit padi sampai panen hingga ke bentuk kemasan beras, dan perputaran ekonomi di Desa Sibonor Ompuratus meningkat." lanjut Juang Sinaga.

Diberitakan, Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga melakukan 'launching' beras medium dalam bentuk kemasan 5 kilogram hasil pertanian dari Gapoktan Lestari Tani Desa Sibonor Ompuratus kecamatan Nainggolan dan Poktan Sioloi Poda kecamatan Simanindo. Turut hadir mendampingi Wakil Bupati, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tombor Simbolon, SH, MM., Kepala Dinas Ketahanan Pangan Walson Sagala, Kepala Dinas Pertanian drh. Erkanus Simbolon, dan perwakilan OPD lainnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Walson Sagala sebagai leading sektor pangan di kabupaten Samosir melaporkan bahwa program ini merupakan pengembangan usaha pangan masyarakat (PUPM) yang diluncurkan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian tahun anggaran 2018.

Dilaporkannya, ada 2 (dua) kelompok tani yaitu gapoktan Lestari Tani Desa Sibonor Ompuratus kecamatan Nainggolan dan kelompok tani Sioloi Poda desa Pardomuan Lontung kecamatan Simanindo. Masing-masing kelompok tani diberikan modal Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) ditambah biaya operasional. Kompensasi gabah dengan target 34 ton beras yang diserahkan kepada pedagang Toko Tani Indonesia (TTI) dengan harga Rp. 8.500/kg. Hal ini sebagaimana dituangkan dalam petunjuk teknis pelaksanaan PUPM tahap penumbuhan tahun 2018 yang mengembangkan sistem distribusi dan stabilitas harga pangan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

"Tujuannya adalah untuk menyerap produksi gabah dengan harga yang menguntungkan petani, sekaligus menjaga stabilitas harga beras pada tingkat masyarakat dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp. 8.800/kg ." lapor Walson.

Diakhir acara, Wakil Bupati Samosir meminta agar petani memanfaatkan bantuan pemerintah dengan baik sampai berhasil. Jika sudah berhasil maka kedepan Pemerintah akan menambah nilai bantuan yang lebih besar dari sekarang ini. "Bahwa apapun yang diajukan dan diminta oleh masyarakat akan kita tampung. Buatlah permohonan ke Dinas terkait, baik itu bibit padi sawah, padi gogo, bawang, cabe, hand traktor dan lain sebagainya dan mudah-mudahan bisa diakomodir." harap Wakil Bupati.

"Saya tegaskan sekali lagi, manfaatkan dan laksanakanlah dengan baik segala bantuan pemerintah, bantuan bibit jangan dijual. Jika tidak dilaksanakan dengan baik maka jangan berharap bantuan datang lagi." tegas Juang Sinaga menutup arahannya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia