KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Pada Nukilan Buku Jokowi Utusan Semesta: Sekali Lagi Semesta Membuktikan Tidak Pernah Ingkar janji bagian (9), kita telah melihat kepintaran Presiden Jokowi dalam membalikkan keadaan dari semula dianggap penakut dan pengecut, tiba-tiba membalikkan keadaan dengan secara berani bergabung
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
JENUH 17 Jul 2019 15:06 WIB

Sayapku Telah Patah 08 Jul 2019 10:34 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
PWI Jaya Gelar Orientasi Wartawan 17 Jul 2019 16:02 WIB


 

Nikmatnya Reksa Dana Syariah di Bulan Penuh Berkah

 
EKONOMI

Nikmatnya Reksa Dana Syariah di Bulan Penuh Berkah
Oleh : Setyo Sudirman | 16-Mei-2019, 15:45:36 WIB

KabarIndonesia - Investasi reksa dana makin diminati masyarakat Indonesia. Terlebih, jenis reksa dana pasar uang yang kini mudah dinikmati dan memberikan return (imbal hasil) menggiurkan dibandingkan bunga tabungan konvensional dan deposito.

Menariknya lagi, jenis reksa dana pasar uang ini ternyata ada yang syariah. Artinya, di bulan yang penuh berkah seperti Ramadhan saat ini, rasanya pas banget kalau berinvestasi pun di reksa dana pasar uang syariah.

Mungkin sebagian dari kita belum familiar dengan reksa dana pasar uang syariah. Reksa dana syariah adalah jenis reksa dana yang penempatan dana kelolaan investasinya dialokasikan ke efek syariah berupa saham syariah, sukuk, atau instrumen syariah lainnya baik di dalam maupun luar negeri.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga 9 Mei 2019, dana kelolaan reksa dana syariah tercatat meningkat 3 kali lipat mencapai Rp 35 triliun.

Karena akadnya adalah wakalah maka investor tidak melakukan pembelian unit, tetapi istilahnya menyertakan dana (subscription) untuk dikelola oleh penerbit reksa dana syariah.

Karena sifatnya juga terbuka, tentunya sewaktu-waktu investor bisa menarik dana yang dititipkan tersebut. Dengan begitu, investasi reksa dana syariah sudah sangat mudah.

Lalu apa perbedaan reksa dana konvensional dengan reksa dana konvensional?

1. Aspek Pengelolaan
Reksa Dana Syariah dikelola sesuai prinsip syariah, sementara Reksa Dana Konvensional dikelola tanpa memperhatikan prinsip syariah.
2. Isi Portofolio
Reksa Dana Syariah berisi Efek syariah, misalnya saham syariah atau sukuk, sementara Reksa Dana Konvensional berisi efek non syariah, misalnya saham dari emiten yang memproduksi alkohol, rokok dan bank konvensional
3. Dewan Pengawas SyariahReksa Dana Syariah memiliki Dewan Pengawas Syariah, sementara itu Reksa Dana Konvensional tidak memiliki Dewan Pengawas Syariah.
Masih bingung dengan pilihan investasi reksa dana syariah di bulan penuh berkah ini? Reksa dana syariah kini mudah dinikmati, semisal MNC Dana Syariah Barokah yang memiliki sejumlah keunggulan:

1. Investasi Terjangkau
   Hanya dengan Rp 100.000, jumlahnya sama dengan reksa dana konvensional MNC Dana Lancar
2. Likuiditas Terjamin
   Pencairan dana investasi dapat dilakukan sewaktu waktu (H+1)
3. Kemudahan Investasi
   Produk MNC Dana Syariah Barokah dapat dibeli di IPOTGO milik PT IndoPremier kapan pun dan dimanapun hanya melalui smartphone.
4. Sesuai dengan Prinsip Islami
   Pengelolaan dan investasi sesuai dengan prinsip syariah di pasar modal, yang diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
5. Legalitas Terjamin
   Produk MNC Dana Syariah Barokah merupakan salah satu produk reksa dana syariah yang dikelola oleh Manajer Investasi MNC Asset Management yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Di bulan penuh berkah ini, memulai investasi yang syariah tentu bisa mendatangkah berkah karena secara prinsip sesuai dengan nilai-nilai dalam Islam. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia