KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Menghitung Hari Idul Adha Sudah Siap Berkurban?

 
EKONOMI

Menghitung Hari Idul Adha Sudah Siap Berkurban?
Oleh : Setyo Sudirman | 26-Jul-2020, 11:54:22 WIB

KabarIndonesia - Kebutuhan akan hewan kurban jelang Idul Adha yang sudah di depan mata, terus meningkat. Pun pada masa pandemi Covid-19, hewan kurban mulai dari kambing, domba, sapi hingga kerbau banyak diminati.

Tak mengherankan, saat ini penjual hewan kurban mulai menjamur di pinggir-pinggir jalan hingga sudut-sudut gang. Tak hanya offline, penjual hewan kurban juga marak secara online. Dengan demikian, pembelian hewan kurban pun makin mudah.

Namun demikian pedagang menghadapi soal, masalahnya kondisi ekonomi saat ini bisa jadi membuat animo membeli hewan kurban menurun. Kondisi keuangan memang perlu diperhitungkan matang-matang karena wabah Covid-19, tak seorang pun yang tahu kapan akan berakhir.

Wabah Covid-19 membuat perekonomian benar-benar lesu, keuangan terganggu. Oleh sebab itu, keuangan perlu diatur sedemikian rupa. Pun bagi kamu yang ingin berkurban pada Idul Adha 2020 ini ada baiknya berdasarkan pertimbangan yang matang.

Berikut ini 3 tip yang layak dipertimbangkan dalam mengelola duit biar tetap bisa berkurban pada Idul Adha 2020 yang tinggal menghitung hari:

1. Cek Harga Hewan Kurban
Jenis hewan kurban ada sapi, kerbau dan kambing. Alangkah baiknya, langkah pertama yang wajib dilakukan yakni mengecek harga hewan kurban yang diinginkan. Perlu di sadari bahwa yang namanya hewan kurban itu dari tahun ke tahun selalu naik. Harga seekor kambing biasa di harga Rp3,5 juta dan harga sapi atau kerbau bisa mulai Rp.15 juta. Duit segitu bagi segelintir orang mungkin kecil, tetapi bagi kebanyakan orang cukup besar. Apalagi, kondisi pandemi saat ini telah melambatkan perekonomian.

2. Temukan Skema Berkurban

Berkurban saat Idul Adha memang harus realistis dengan keuangan yang dimiliki, terlebih untuk saat ini. Semisal tidak mampu berkurban secara perorangan, bisa juga ramai-ramai patungan. Apa pun bentuk atau skema patungannya, prinsip utamanya adalah keuangan yang dikeluarkan tidak mengacaukan kondisi keuangan secara tragis. Kalau pun dengan skema arisan keluarga, tetangga atau kompleks, perlu diperhatikan kesepakatan mengenai cara pembayaran, jumlah peserta, jangka waktu, dan jumlah arisannya. Dengan perencanaan yang matang maka berkurban bisa dilaksanakan.

3. Menabung Reksa Dana Syariah
Kalau pada tahun ini benar-benar lagi bokek, jangan dipaksakan untuk berkurban. Bagaimana pun, yang namanya berkurban itu bisa disiasati dengan persiapan jauh hari yang dilakukan secara konsisten, salah satunya dengan menabung reksa dana syariah yang memang sesuai dengan prinsip-prinsip dalam Islam. Menabung reksa dana syariah saat ini sudah sangat mudah dan terjangkau semisal melalui supermarket reksa dana online bernama IPOTFUND besutan PT Indo Premier Sekuritas. Beragam pilihan reksa dana syariah bisa dipilih dengan dana yang terjangkau sejak kini  untuk membeli hewan kurban di tahun-tahun mendatang. Kuncinya, persiapkan komitmen dan niat yang kuat untuk menjalakannya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 
Kemendiknas Luncurkan #Teman KIP 05 Aug 2020 10:35 WIB


 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia