KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 

Menaker Ajak Perusahaan Bangun Ekosistem SDM yang Responsif Terhadap Perubahan

 
EKONOMI

Menaker Ajak Perusahaan Bangun Ekosistem SDM yang Responsif Terhadap Perubahan
Oleh : Rohmah S | 30-Mei-2018, 12:56:51 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menyerahkan penghargaan kepada 63 perusahaan dalam acara Indonesia Human Capital Award IV 2018. Pada kesempatan tersebut, Menaker mengajak perusahaan untuk meningkatkan investasi SDM dan membangun ekosistem yang responsif terhadap perubahan.


"Kita harus punya ekosistem yang responsif terhadap perubahan. Yang bisa bertahan bukanlah yang paling kuat dan hebat, tetapi yang paling responsif," kata Menaker Hanif saat memberikan sambutan pada acara

 Indonesia Human Capital Award IV 2018 pada Rabu (30/5).
Oleh karena itu, lanjut Menaker, pemerintah terus mengajak kalangan dunia industri untuk memberikan transformasi sumber daya manusia yang berbasis pengetahuan.


“Jadi human resources yang basisnya benar-benar ada inovasi dan pengetahuan karena ekonomi kita juga sudah bertransformasi dari ekonomi industri menjadi ekonomi yang berbasis pengetahuan,” ucap Menaker.


"Saya percaya eksistensi dan tingkat kompetensi perusahaan akan semakin baik jika investasi SDM nya baik," lanjutnya.


Dikatakan Hanif, investasi SDM justru yang harus diutamakan di tengah situasi perubahan ekosistem persaingan yang semakin ketat dan sekaligus juga tantangan perubahan teknologi informasi yang begitu cepat dan masif.

"Selama ini saya melihat isu SDM tidak dijadikan sebagai isu sentral, baru tahun sekarang dan akan datang kita melihat SDM sebagai isu yang menjadi prioritas," tutur Hanif.

Padahal, tambahnya, jika melihat negara maju seperti Jerman, isu SDM selalu menjadi isu sentral. “Pemerintah terus mendorong kalangan dunia usaha untuk sama-sama memastikan terjadi transformasi dari human resources menjadi human capital,’ katanya.

Hanif melanjutkan, saat ini Indonesia sedang bergerak kearah sana, oleh karenanya kegiatan semacam ini sangat bagus untuk meningkatkan iklim investasi SDM di Indonesia.
Seperti kita ketahui bersama, kata Hanif, investasi SDM di Indonesia oleh perusahaan masih sangat minimal.

"Pemerintah terus mendorong supaya perusahaan meningkatkan investasi SDM, khususnya yang berbasis pengetahuan," katanya.

Jadi, kata Hanif, jika transformasi dari human resources ke human capital dapat digenjot secara lebih cepat di dalam perusahaan, maka eksistensi perusahaan akan semakin baik.
“Saya juga percaya bahwa kemampuan perusahaan untuk berkompetisi menjadi lebih baik,” ucapnya.

Hal tersebut bukan berarti SDM di Indonesia kualitasnya kurang baik, namun jumlah dan persebarannya masih harus ditingkatkan.

"Sehingga jika investasi masuk ke daerah, tidak akan kesulitan menemukan SDM yang kompeten dalam jumlah sesuai yang dibutuhkan," tutur Hanif.

Untuk diketahui, acara Indonesia Human Capital Award IV 2018 dihadiri oleh 63 perusahaan yang akan menerima penghargaan. Sementara jumlah total perusahaan yang dinilai adalah 630 perusahaan di Indonesia. (*)


Sumber berita: Biro Humas Kemnaker

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia