KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRudiantara: 4,6 Juta UMKM Sudah Online oleh : Sesmon Toberius Butarbutar
15-Nov-2017, 21:01 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan berdasarkan data terdapat 4,6 juta UMKM dari target delapan juta UKM hingga 2019 telah masuk akses online.

"Kami punya target mengonlinekan delapan juta UMKM hingga tahun 2019, namun sekarang baru
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

LPM Unimed Bekali Ekonomi Produktif Anak Jalanan untuk Menekan Tingkat Kemiskinan

 
EKONOMI

LPM Unimed Bekali Ekonomi Produktif Anak Jalanan untuk Menekan Tingkat Kemiskinan
Oleh : Irfandi | 10-Sep-2017, 06:19:19 WIB

KabarIndonesia - Universitas Medan (Unimed) sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Sumatera Utara tidak ingin menjadi menara gading dengan program-program yang hanya menyentuh pendidikan tingkat tinggi. Lewat Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unimed melakukan program pengentasan kemiskinan sebagai bentuk kepedulian sosial dan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama bagi keluarga anak jalanan dan miskin kota di kota Medan. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at (8/9)  bertempat di Sanggar Kreativitas Anak Binaan PKPA kecamatan Pinang Baris kota Medan. Dalam acara tersebut dihadirkan 50 orang anak jalanan dan miskin kota yang dibina oleh Tim LPM Unimed. Turut hadir dalam kegiatan tersebut ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta, ME didampingi koordinator pengembangan program pengabdian Yusnizar Heniwati, SST, M.Hum, Ph.D, staf Rita Purnamasari, M.Pd dan ketua program Dr. Dede Ruslan, M.Si.

 

Pada kesempatan tersebut Ketua LPM Unimed Kustoro Budiarta menyatakan bahwa melalui pembinaan dan pendampingan produksi bagi keluarga miskin yang dilakukan secara terus menerus diharapkan beban ekonomi yang selama ini menjadi permasalahan akan semakin berkurang secara perlahan tetapi pasti upaya untuk pengentasan kemiskinan akan terealisasi. "Hal Ini sesuai dengan visi misi Unimed untuk menjadi universitas yang unggul dalam bidang rekayasa industri dan pendidikan, lewat pengabdian masyarakat”, cetus doktor bidang pendidikan tersebut.

 

Hal senada juga disampaikan oleh ketua pelaksana Dr. Dede Ruslan, M.Si bahwa, peningkatan keterampilan ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong ekonomi produktif keluarga sehingga diharapkan hasil produksi anak-anak jalanan dapat dijual dan hasil penjualannya dapat digunakan untuk memperbaiki ekonomi keluarga.  

 

Lebih lanjut Dede Ruslan menjabarkan bahwa, “akar masalah kemiskinan adalah rendahnya kemampuan ekonomi keluarga, karenanya dalam kegiatan pengabdian ini juga dilakukan pendampingan produksi bagi orang tua terutama ibu-ibu dari anak jalanan yang sudah kita bina untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian keluarga”, cetus pakar ekonomi di kota Medan tersebut.


Pada kegiatan pengabdian tersebut, Tim LPM Unimed melakukan pembinaan melalui pendampingan ketrampilan membuat kerajinan produk dari bahan akrilik. Hasil kegiatan berbagai rupa produk seperti aneka gantungan kunci, kotak pensil, tempat tissu dan aneka bunga. Dengan ketrampilan yang dimiliki diharapkan anak-anak jalanan mampu berproduksi dan hasil produknya dapat dijual. Keuntungan hasil penjualan produk ketrampilan tersebut dapat digunakan untuk menambah uang jajan, membeli kebutuhan hidup dan peralatan sekolah, sehingga dapat mengurangi beban ekonomi keluarga. 
Selain pembinaan kepada anak jalanan para orang tua dari anak jalanan tersebut juga diberikan pendampingan tentang pembentukan karakter anak di keluarga, serta pelatihan produksi aneka kripik dan kue bawang. Tak ketinggalan pemberian keterampilan melakukan pengemasan produk. Tidak hanya pelatihan yang dilaksanakan akan tetapi kebutuhan produksi juga diberikan teknologi tepat guna antara lain: mesin perajang ubi dan pisang, impulse sealer untuk kemasan dan mikser pengaduk adonan. Diharapkan melalui pendampingan ini produk yang dihasilkan laku dijual dan dapat bersaing di pasaran.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Aksi Demo Sopir Angkot di Depan Kantor Walikotaoleh : Syaiful Anwar
08-Nov-2017, 05:18 WIB


 
  Aksi Demo Sopir Angkot di Depan Kantor Walikota Hari ini (8-11-2017) sopir angkot sekota Jambi menggelar aksi demo di depan kantor walikota Jambi. Dalam aksinya para sopir menuntut kepada bapak walikota Jambi, SY FASHA agar menghentikan aktifitas angkutan taxi online dan perbaikan terhadap terminal Rawasari dan terminal bayangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia