KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiJababeka Senior Living Luxury Retirement Home oleh : Kabarindonesia
08-Des-2019, 09:41 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jababeka Senior Living mempersembahkan Luxury Retirement Home, suatu konsep konsep layanan hunian bagi Senior (lansia) dengan standar hotel bintang empt tetapi perhatian dan kepeduian team Care sebagaiman layaknya tinggal di rumah sendiri yg penuh kasih sayang. Home Sweet
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Opera Afeksi 08 Des 2019 14:27 WIB

Perih Paling Parah 26 Nov 2019 19:35 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Komitmen Nusantara Infrastructure dalam Pembangunan Infrastruktur Terintegrasi untuk Konektivitas-Mobilitas Nasional

 
EKONOMI

Komitmen Nusantara Infrastructure dalam Pembangunan Infrastruktur Terintegrasi untuk Konektivitas-Mobilitas Nasional
Oleh : Supriyanto | 29-Nov-2019, 09:40:06 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, PT Nusantara Infrastructure Tbk (Perseroan) sebagai perusahaan swasta yang bergerak dalam pembangunan dan percepatan infrastruktur Indonesia terus melanjutkan misinya untuk berkontribusi dalam membangun konektivitas di berbagai daerah di Indonesia. 

Pada 25 November 2019, Manajemen Perseroan melaksanakan acara Paparan Publik (Public Expose) di Financial Club Graha CIMB Niaga, untuk memaparkan kinerja dan performa Perseroan selama tahun 2019.

Hingga September 2019, Perseroan mencatat pendapatan dan penjualan operasiona| (diluar pendapatan jasa konstruksi) sebesar Rp 468 miliar. Kontribusi terbesar dari pendapatan dan penjualan tersebut bersumber dari sektorjalan tol sebesar Rp 304 miliar atau setara dengan 65% total pendapatan. Sementara sektor energi dan pengelolaan air bersih masing-masing berkontribusi sebesar Rp 112 miliar (24%) dan Rp 52 miliar (11%).

Sementara itu, EBITDA Perseroan juga mengalami peningkatan dari sebelumnya Rp 222 miliar di Triwulan 2018 (tanpa memperhitungkan kontribusi dari sektor menara telekomunikasi untuk perbandingan yang wajar dengan Triwulan-II 2019) menjadi Rp 279 miliar di Triwulan-III 2019. Sampai dengan periode Triwulan-III 2019, Perseroan telah membukukan laba bersih sebesar Rp 181 miliar, lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2018 sebesar Rp 207 miliar. 

Laba bersih tahun 2018 lebih tinggi karena terdapat one-time other non-recurring income, yaitu keuntungan atas selisih hasil divestasi Perseroan di sektor menara telekomunikasi pada tahun 2018 dan juga terdapat peningkatan beban keuangan di sektor usaha lainnya. 

Sementara itu, total aset perseroan justru meningkat sebesar Rp 614 miliar atau serata dengan 14% seiring dengan progres pembangunan Jalan Tol Layang  A.P. Pettarani dan proyek Perseroan lainnya.

Ramdani Basri selaku Direktur Utama Perseroan mengungkapkan bahwa, "Selama tahun 2019, Perseroan terus berupaya untuk konsisten mempertahankan performa terbaiknya. Hal ini dilihat dari terpenuhinya berbagai target baik di level holding maupun anak usaha. Performa dan kinerja positif ini juga dapat tercapai karena penerapan eflsiensi operasional usaha Perseroan". Ramdani menambahkan, Perseroan semakin optimis menghadapi tahun 2020 dan siap mendukung Pemerintah untuk bersama-sama membangun infrastruktur nasional, terutama di sektor jalan tol, energi dan air.

Komitmen Perseroan ini tentunya sejalan dengan target pemerintah untuk Iebih melibatkan sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur pada periode 2020-2024. Berdasarkan data melalui data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), kebutuhan pendanaan pembangunan infrastruktur nasional selama lima tahun ke depan senilai Rp6.445 triliun dengan kontribusi dana yang bersumber dari swasta sebesar Rp2.707 triliun atau 42%. 

Saat ini, susunan pemegang saham Perseroan, antara lain: - PT Metro Pacific Tollways Indonesia : 74,24%-  PT Indonesia Infrastructure Finance : 10,00 %-  Publik: 15,76 %
lnovasi Bisnis Perseroan. Perseroan terus berkomitmen memberikan kontribusinya dalam mendukung pembangunan lnfrastruktur untuk menciptakan konektivitas di berbagai daerah Indonesia.

Hal ini terlihat dari pengembangan dan pengoperasian aset Perseroan diberbagai sektor usahanya. Pada sektor tol, perseroan saat ini fokus pada pembangunan Jalan Tol Layang A.P. Pettarani, Makassar dengan panjang 4.3km yang telah dimulai sejak akhir April 2018. Diharapkan pembangunan jalan tol layang ini akan menjadi ikon baru Kota Makassar yang dapat selesai pada tahun 2020 sebagai salah satu solusi dalam mengurai kepadatan lalu lintas di wilayah tersebut.

Di sektor tol, perseroan tengah mengusulkan pembangunan Jalan Tol ruas Cikunir-Ulujami sepanjang 28.86 km yang akan masuk dalam jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) III. Saat ini, Perseroan telah mendapat lzin Prinsip pra-studi kelayakan dan tengah menanti turunnya izin prakarsa. Sementara itu, Perseroan melalui unit bisnisnya PT Bintaro Serpong Damai (BSD) yang merupakan operator jalan tol ruas Pondok Aren Serpong juga akan mengusulkan pembangunan re-alignment Jalan Tegal Rotan-Boulevard, penanganan Banjir di Km,08+000 Jalan Tol Pondok Aren dan akses Jalan Tol Serpong Simpang Tekno melalui skema penambahan lingkup Jalan Tol Pondok Aren-Serpong.

Sebagai apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan di sektor tol, Perseroan melalui unit bisnisnya PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE), operator jalan tol di Makassar. JTSE berhasil meraih penghargaan "Gold Achievement" dalam kategori service pada kompetisi nasional The 8th Annual Indonesia Operational Excellence Conference & Award 2019 (OPEXCON) dengan tema "Opex 4.0: Process Excellence, People Transformation & Digital Innovation", yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia. Penghargaan ini diraih atas inovasinya dalam melakukan efisiensi pembiayaan operasional dengan menurunkan pemakaian kertas rol untuk transaksi di Jalan Tol Makassar dari 100% menjadi 12%.
 
Pada sektor energi terbarukan, Perseroan melalui unit bisnisnya, PT Inpola Meka Energi (IME) terus melanjutkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Desa Lau Gunung, Kecamatan Tanah Pinem, Sumatera Utara dengan total kapasitas 15 MW. Pembangkit ini menggunakan aliran sungai dan merupakan jenis pembangkit terbarukan yang bebas polusi. Progres pembangunan PLTMH yang memiliki Daerah Aliran Sungai (DAS) sebesar 519,34 km2 dengan panjang sungai utama 47,5km ini telah mencapai 64,5% hingga September 2019 dan ditargetkan selesai pada tahun 2020. 

Selain itu, di sektor energi Perseroan melalui Energi Infranusantara (EI) sejak tahun 2018 juga memegang kepemilikan saham PT Rezeki Perkasa Sejahtera Lestari (RPSL) yang merupakan perusahaan Independent Power Producer (IPP) biomassa pertama di Kalimantan Barat. Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) ini beroperasi di Siantan, di Mempawah, Kalimantan Barat dengan kapasitas 15 MW.

Melalui sektor pengelolaan air bersih, Perseroan secara aktif berpartisipasi dalam penyelenggaraan proyek-proyek yang diadakan oleh pemerintah/Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), baik dalam skema business-to-business maupun Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk melayani kebutuhan air beberapa daerah di Indonesia. Selama tahun 2019, Perseroan melalui unit bisnisnya PT Sarana Catur Tirta Kelola (SCTK) yang beroperasi di Kabupaten Serang, Banten telah mengalami kenaikan tarif sebesar 18% dengan peningkatan penjualan sebesar 36% di tahun 2019.

Unit bisnis Perseroan di sektor air lainnya, PT Tirta Kencana Cahaya Mandiri (TKCM) juga telah meningkatkan kapasitas sebesar 3% dan mengalami kenaikan tarif ke PDAM sebesar 3% di tahun 2019. Sementara itu, PT Dain Celicani Cemerlang (DCC), di tahun ini juga telah melakukan amandemen perjanjian terkait pendistribusian air bersih di wilayah Medan, Sumatera Utara.

Sekilas Mengenai PT Nusantara Infrastructure Tbk.

PT Nusantara lnfrastructure Tbk (dengan kode saham META) adalah salah satu Perusahaan investor dan operator infrastruktur swasta terintegrasi di Indonesia yang berdiri sejak 2006 dan fokus dalam pengembangan bisnis Perusahaan yakni, pemilik dan pengelola jalan tol (Jakarta, Tangerang Selatan dan Makassar), jasa pengelolaan air bersih, bisnis pembangkit energi terbarukan dan jasa pelabuhan.

Di sektor jalan tol, Perusahaan antara lain memegang konsesi ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi W1 ruas Kebon Jeruk - Penjaringan, tol BSD ruas Pondok Aren -  Serpong dan tol BMN, Makassar ruas Pelabuhan Soekarno Hatta - Pettarani, dan tol (PT Jalan Tol Seksi Empat - JTSE) ruas Tallo - Bandara Hasanuddin, Makassar. Perusahaan juga tengah fokus dalam pembangunan Jalan Tol Layang A P. Pettarani di Makassar.

Di sektor air bersih, Perusahaan memegang konsesi instalasi penyediaan air bersih di Cikokol, Tangerang dan di Medan. Sementara di sektor energi terbarukan, Perusahaan bergerak di bidang pengembangan, pembangunan, dan pengelolaan pembangkit tenaga listrik di Medan dan Pontianak. Untuk sektor jasa kepelabuhan, Perusahaan bergerak di bidang jasa pelabuhan, pergudangan, jasa bongkar di Pelabuhan Panjang, Lampung.

Saat ini Nusantara Infrastructure dalam pengelolaan bisnis jalan tol, pengelolaan air bersih, pelabuhan dan energi telah memberikan Iayanan kepada lebih dari 112 juta pengguna jalan tol, 1.725 lps (4,5 juta m3/bulan) air bersih dan 215 kapal dengan 1.402 ribu MT volume kargo dan 466 ribu pelanggan listrik di Wilayah UP3 Pontianak. Pencapaian-pencapaian ini pun melebihi dari apa yang telah diraih Perseroan di tahun sebelumnya. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemilu Spanyol Diulang 18 Nov 2019 12:05 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 
LILIN ADVENT-NATAL 08 Des 2019 16:13 WIB

Kesehatan Manusia Dalam Alkitab 05 Des 2019 11:08 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia