KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Kementerian Pertanian RI Luncurkan Buku Silabus Budidaya Kopi Berkelanjutan Gratis Untuk Masyarakat

 
EKONOMI

Kementerian Pertanian RI Luncurkan Buku Silabus Budidaya Kopi Berkelanjutan Gratis Untuk Masyarakat
Oleh : Wahyu Ari Wicaksono | 25-Mei-2016, 12:40:40 WIB

KabarIndonesia – Bekerja sama dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan SCOPI (Sustainable Coffee Paltform of Indonesia), IDH-The Sustainable Trade Initiative resmi mempublikasikan Buku Silabus Budidaya Kopi Berkelanjutan yang bisa diunduh secara cuma-cuma (gratis) oleh masyarakat petani, masyarakat umum dan kalangan-kalangan lainnya yang berminat.

Menurut Fitrian Ardiansyah, Indonesia Country Director IDH, Buku "Kurikulum Nasional dan Manual Pelatihan Kopi Robusta Berkelanjutan" tersebut, saat ini sudah tersedia di http://scopi.or.id/detail/86-Kurikulum-Nasional-dan-Manual-Pelatihan-Kopi-Robusta-Berkelanjutan.

Buku yang diterbitkan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia berkerja sama dengan SCP-IDH dan SCOPI ini ditulis oleh Tim penulis yang terdiri atas Bambang Haryanto, SP, M.Si. (Ketua), Amir Thohar, SP, Ir. Hasan Basri, Ir. Djoko Widodo, M.Agr, Ir. Murdani, Sugeng Mulyono, STP. MP.

Penerbitan buku ini adalah untuk menyikapi peluang peningkatan ekonomi ini, dimana para pemangku kepentingan kopi nasional dan stakeholders lain memandang bahwa peningkatan produksi Kopi Robusta harus menjadi prioritas.

Salah satu strateginya adalah dengan memberikan pelatihan kepada petani kopi secara intensif yang mengacu pada “Kurikulum Nasional dan Modul Pelatihan Budi Daya Berkelanjutan (Good Agriculture Practices-GAP) dan Pascapanen (Post-Harvest) Kopi Robusta”, yang disusun oleh Pusat Pelatihan Pertanian, Pusat Penyuluhan, Direktorat Tanaman Tahunan dan Penyegar Kementerian Pertanian RI bekerja sama dengan Sustainable Coffee Program (SCP-IDH) dan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI).

Kurikulum dan modul pelatihan nasional ini diharapkan menjadi acuan dalam memberikan pelatihan dan bimbingan teknis pada petani serta bisa memperkuat sistem pelatihan dan pendampingan serta penyuluhan terpadu antara Pemerintah, penyuluh swadaya (lembaga swadaya masyarakat, komunitas perkopian, gapoktan, dll.) dan pihak swasta (Industri Kopi, trader dan roaster).

Penyuluhan dan pendampingan yang dilakukan secara terpadu akan mewujudkan sinergitas keterampilan petani dalam budi daya Kopi Robusta dan pengelolaannya. Dengan demikian peningkatan produksi yang tercapai bisa merata di berbagai sentra produksi kopi dan kualitasnya sangat kompetitif di berbagai tingkatan pasar. (*)



Blog: http://www.pewarta.kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): 
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini..!!!.  Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//
      

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia