KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HukumRUU Omnibus Law Inskonstitusional Buruh Minta Stop Pembahasan Sidang Paripurna DPR RI oleh :
05-Okt-2020, 04:26 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berbagai serikat pekerja yang merupakan afiliasi global unions federations menyatakan kekecewaannya terhadap hasil pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja tingkat pertama pada Sabtu malam (3/10). Mayoritas fraksi di DPR RI dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan ke tingkat
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Gagal Dalam Investasi Ini Yang Harus Dilakukan

 
EKONOMI

Gagal Dalam Investasi Ini Yang Harus Dilakukan
Oleh : Setyo Sudirman | 18-Okt-2020, 13:09:41 WIB

KabarIndonesia - Investasi termasuk salah satu cara terbaik untuk mengamankan dan menjaga kestabilan kondisi keuangan di masa depan. Namun seperti halnya bisnis, ada risiko kerugian yang harus siap diterima atau kalau dalam investasi menjadi buntung.

Kegagalan dalam investasi bisa dialami siapa pun, terutama bagi mereka yang tidak mengenal strategi investasi yang baik. Namun, tatkala menderita kerugian atau kegagalan dalam investasi apakah kita lantas putus asa seumur hidup?

Tidak boleh demikian tentunya. Ingat pepatah, kegagalan adalah awal kesuksesan. Oleh sebab itu, seseorang yang memutuskan untuk terjun dalam dunia investasi maka wajib hukumnya siap menghadapi kemungkinan kegagalan yang menyertainya.

Lantas apa yang harus dilakukan saat benar-benar mengalami kegagalan dalam investasi? Simak tip berikut ini:

1. Tidak membuat keputusan yang terburu-buru

Kepanikan biasa dialami investor yang mengalami kegagalan dalam investasi. Menyadari bahwa banyak kepanikan justru menjerumuskan pada keputusan-keputusan yang salah, sebaiknya saat mengalami kegagalan dalam investasi berusaha lah untuk tetap tenang dan berpikir dengan jernih. Benar bahwa kegagalan besar ini bisa mengacaukan keuangan secara menyeluruh, tetapi jika semakin terburu-buru dalam mengambil keputusan justru banyak dampak buruknya.

Setelah tenang dan pikirannya jernih, saatnya mencari akar masalah yang menyebabkan kegagalan dalam investasi. Dengan tahu penyebab utamanya maka untuk selanjutnya menumbuhkan kesadaran untuk menerima kegagalan. Setelah tahu penyebab kegagalan maka akan mudah pula dalam mencari solusi yang tepat alias bukan berdasarkan emosi sesaat.

2. Bertanya pada yang dianggap ahli
Tak ada salahnya dalam menghadapi kondisi gagal dalam investasi berkonsultasi dengan pihak lain yang dianggap lebih mumpuni dalam investasi. Konsultasi ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran akan kesalahan-kesalahan yang tidak boleh terulang lagi di kemudian hari. Konsultasi membuka cakrawala pengetahuan untuk membuat keputusan yang tepat untuk setiap investasi yang dilakukannya.

3. Tak perlu menyesal berlarut-larut
Menyesali kegagalan dalam investasi itu manusiawi, tetapi hendaknya tidak berlama-lama atau lantas menjadi trauma dalam investasi. Sadari betul bahwa yang namanya kegagalan itu menjadi kemungkinan dari yang namanya investasi. Kegagalan menempa kemampuan seseorang untuk menjadi investor yang ulung. Kalau pun merasa tidak mampu berinvestasi pada instrumen yang membuat gagal, masih ada instrumen lain yang bisa dipilih.

Misalnya merasa gagal dalam investasi saham maka bisa memilih instrumen lain seperti reksa dana dengan risiko yang lebih rendah yang saat ini mudah dilakukan dalam satu aplikasi.  Contohnya, aplikasi IPOT yang sudah bisa untuk investasi saham sekaligus reksa dana dengan mudah dengan ponsel di genggaman tangan.

Tak boleh dilupakan juga bahwa keberhasilan dalam investasi itu memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Investasi butuh pengorbanan dan perjuangan, terutama supaya mau terus belajar dan tidak gampang putus asa. Bangkit setelah kegagalan akan memberikan manfaat lebih besar karena seseorang pada dasarnya bisa belajar dari kegagalannya.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
MENJAGA INTEGRITAS INTELEKTUAL. 19 Okt 2020 01:59 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia