KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalWUPID INDONESIA 2017: Pemilihan Dua Tim Debat Bahasa Inggris untuk Mewakili Indonesia di WUPID Global oleh : Redaksi-kabarindonesia
18-Okt-2017, 01:37 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, 18 Oktober 2017 – Ruang kuliah 7-6 dan 7-7 Sampoerna University Jakarta seketika berubah hening dan suasana menegang sebab Muqriz Mustafa Kamal selaku Chair Adjudicator Final round akan mengumumkan
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 

Di Sungaigelam Jambi Jual Kayu Bakar Bisnis Menjanjikan

 
EKONOMI

Di Sungaigelam Jambi Jual Kayu Bakar Bisnis Menjanjikan
Oleh : Rizalependi | 07-Aug-2017, 15:04:16 WIB

KabarIndonesia - Jambi, Usaha menjual kayu bakar atau kayu api bisa menjadi bisnis menjanjikan. Dengan modal Rp.800 ribu saja bisa mendapat untung dua kali lipat. Jadi, tidaklah berlebihan jika saat ini banyak warga desa yang menggeluti bisnis ini.

Ardani (42) misalnya. Warga Desa Tangkit, Kecamatan Sungai gelam, Kabupaten Muarojambi, menjadikan pekarangan rumahnya untuk lapak kayu api. Batang kayu karet belum dipotong semakin menumpuk. Ada yang telah dibelah, dikumpulkan per patok. Ada juga yang masih berukuran panjang. Menurut Ardani, setelah dipotong, kayu dibelah.

Kemudian potongan berukuran setengah meter tersebut dipatok (disusun rapi dengan diganjal patok kayu kiri kanan) untuk dijual. Pembelinya mayoritas pemilik rumah makan, kadang warga yang menyambut gawe (sedekah/ kenduri atau mantenan). "Biasanya pembeli mengambil sendiri, dengan mobil", ujar Ardani.

Ardani menuturkan keuntungannya lumayan, namun tak detil disebutkan. Paling tidak saat ini dia telah mempekerjakan empat orang, untuk bagian membelah kayu. Pekerja ini dibayar migguan. "Hitunganya per patok, Rp.11.000 malahan dalam sehari, ada yang dapat sampai 11 patok", tutur Ardani.

Kalau bagian memotong, Ardani sendiri yang melakukan pakai gergaji mesin berukuran kecil. Sedangkan untuk membelah menggunakan kapak. "Jadi kayu api baru dapat dijual setelah melalui tahapan itu", kata lelaki yang mengaku baru setahun berjualan. Dikatakan Ardani, bahan baku didapat dari masyarakat petani.

Biasanya pohon karet ditebang untuk ditanami kembali dengan tanaman kelapa sawit. Ardani mengambil sendiri di kebun, diangkut dengan mobil truk. Nah, selisih dari harga beli dan biaya operasinal dengan harga jual inilah,menjadi keuntungan Ardani. Lumayan memang terhitung usaha kecil, namun saat ini Ardani telah punya kendaraan sendiri untuk mengangkut kayu api yang akan dipasarkan.

"Kalau tukang belah bekerja pakai tehnik, dalam sehari dia bisa dapat 11 patok, upahnya Rp.121.000", jelas Ardani. Dia menambah kan, untuk satu patok kayu api ukuran semeter persegi dijual Rp. 80 ribu. Terbayang jika empat pekerja dapat menghasil kan sekitar 11 patok perhari, lumayan juga pengasilan yang didapat.

Sementara itu, Supratman (38) salah satu pekerja di sana mengaku belum banyak tahu soal perolehan per hari, karena masih baru. Namun dia memperkirakan dalam satu bulan penghasilannya bisa mencapai Rp. 1 juta. "Itu tergantung pak, karena dihitung per patok", tukasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017oleh : Rohmah Sugiarti
12-Okt-2017, 06:52 WIB


 
  Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017 Hong Kong Cyclothon kembali di tahun ketiga, tepatnya pada hari Minggu, 8 Oktober kemarin. Diikuti sekitar 5.000 pesepeda dari seluruh pelosok dunia. Tujuh belas tim balap profesional akan berlaga di UCI Asia Tour Class 1.1 Road Race pertama di Hong
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Danau Toba Bukan Danau Tuba 14 Okt 2017 05:14 WIB


 

 

 

 
Kampanye Olah Raga 18 Okt 2017 10:35 WIB

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia