KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalHumas Indonesia Butuh Dewan Kehumasan oleh : Rohmah Sugiarti
10-Des-2017, 23:29 WIB


 
 
KabarIndonesia – Profesi Hubungan Masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR) di Indonesia butuh sebuah lembaga independen yang bertugas membina pertumbuhan dan perkembangan kehumasan nasional. Kebutuhan ini semakin relevan dan mendesak dengan dibukanya keran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang membuka akses
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Di Sungaigelam Jambi Jual Kayu Bakar Bisnis Menjanjikan

 
EKONOMI

Di Sungaigelam Jambi Jual Kayu Bakar Bisnis Menjanjikan
Oleh : Rizalependi | 07-Aug-2017, 15:04:16 WIB

KabarIndonesia - Jambi, Usaha menjual kayu bakar atau kayu api bisa menjadi bisnis menjanjikan. Dengan modal Rp.800 ribu saja bisa mendapat untung dua kali lipat. Jadi, tidaklah berlebihan jika saat ini banyak warga desa yang menggeluti bisnis ini.

Ardani (42) misalnya. Warga Desa Tangkit, Kecamatan Sungai gelam, Kabupaten Muarojambi, menjadikan pekarangan rumahnya untuk lapak kayu api. Batang kayu karet belum dipotong semakin menumpuk. Ada yang telah dibelah, dikumpulkan per patok. Ada juga yang masih berukuran panjang. Menurut Ardani, setelah dipotong, kayu dibelah.

Kemudian potongan berukuran setengah meter tersebut dipatok (disusun rapi dengan diganjal patok kayu kiri kanan) untuk dijual. Pembelinya mayoritas pemilik rumah makan, kadang warga yang menyambut gawe (sedekah/ kenduri atau mantenan). "Biasanya pembeli mengambil sendiri, dengan mobil", ujar Ardani.

Ardani menuturkan keuntungannya lumayan, namun tak detil disebutkan. Paling tidak saat ini dia telah mempekerjakan empat orang, untuk bagian membelah kayu. Pekerja ini dibayar migguan. "Hitunganya per patok, Rp.11.000 malahan dalam sehari, ada yang dapat sampai 11 patok", tutur Ardani.

Kalau bagian memotong, Ardani sendiri yang melakukan pakai gergaji mesin berukuran kecil. Sedangkan untuk membelah menggunakan kapak. "Jadi kayu api baru dapat dijual setelah melalui tahapan itu", kata lelaki yang mengaku baru setahun berjualan. Dikatakan Ardani, bahan baku didapat dari masyarakat petani.

Biasanya pohon karet ditebang untuk ditanami kembali dengan tanaman kelapa sawit. Ardani mengambil sendiri di kebun, diangkut dengan mobil truk. Nah, selisih dari harga beli dan biaya operasinal dengan harga jual inilah,menjadi keuntungan Ardani. Lumayan memang terhitung usaha kecil, namun saat ini Ardani telah punya kendaraan sendiri untuk mengangkut kayu api yang akan dipasarkan.

"Kalau tukang belah bekerja pakai tehnik, dalam sehari dia bisa dapat 11 patok, upahnya Rp.121.000", jelas Ardani. Dia menambah kan, untuk satu patok kayu api ukuran semeter persegi dijual Rp. 80 ribu. Terbayang jika empat pekerja dapat menghasil kan sekitar 11 patok perhari, lumayan juga pengasilan yang didapat.

Sementara itu, Supratman (38) salah satu pekerja di sana mengaku belum banyak tahu soal perolehan per hari, karena masih baru. Namun dia memperkirakan dalam satu bulan penghasilannya bisa mencapai Rp. 1 juta. "Itu tergantung pak, karena dihitung per patok", tukasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017oleh : Rohmah Sugiarti
10-Des-2017, 23:02 WIB


 
  Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017 Kota Bandung sempat diguyur hujan deras sejak siang, rupanya animo kaum muda dan pecinta musik tidak ikut surut sesudah hujan. Sesuai jadwal, tepat pukul 16.00, panggung “JOOX Live Festival Hura Ceria”, yang diadakan pada Sabtu, 9 Desember 2017 di Lapangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Mengenang Hari Juang Kartika 13 Des 2017 11:39 WIB

 

 

 

 

 

 
Hasapi dan Sarune Batak 05 Des 2017 02:46 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia